Traveloka Si Juru Damai Keluarga, #Jadibisa satu pilihan hotelnya

Meski memiliki hobby yang sama yaitu traveling. Tidak menjamin kami suami istri selalu berlibur dengan persiapan yang manis. Biasanya persiapan justru selalu di awali dengan perdebatan. Meski pada akhirnya traveling selalu manis dan bahagia.

Lebaran Idul adha kami tahun ini memang sangat berbeda. Kami yang baru 2 bulan tinggal di Samarinda, tidak memiliki saudara disini. Alhasil setelah solat ied dan sowan tetangga, kami jadi merasa mati gaya.

"Cepat berkemas, kita jalan aja" ucapku sambil mengganti baju koko anak-anak jadi baju jalan-jalan. Anak perempuanku kalo denger mau jalan, tanpa di komando sudah bisa nyiapin diri sendiri.
"Mau kemana kita? Balikpapan atau Bontang? Dari kemarin bingung aja kan. Hotelnya nginap dimana" sahut suamiku.
Gelagatnya sih uda mau ngajak debat lagi seperti kemarin. Masih membahas pantai Lamaru di Balikpapan atau ke Pulau beras basah di Bontang. Yang sama-sama berjarak 3 jam. Daripada debat lagi aku yang memutuskan.
"Kita ke Balikpapan aja, jalannya bagus, hotel kita booking di jalan" jawabku.

Seperti biasa, kami selalu berdebat perkara hotel. Suami maunya jalan ala koper, hotel mahal, ada kolam renangnya. Sedangkan aku lebih suka jalan ala ransel, hemat yang penting bobo enak. Uang untuk hotel mahal mendingan buat beli oleh-oleh atau kulineran ya kan.

Sambil mobil berjalan aku ngubek-ngubek Traveloka, beberapa hotel yang ku sodorin di tolak. Kebayang donk hotel di Balikpapan kan buanyak, secara itu kota besar. Alhamdulillahnya, ketika memilih hotel ada filter harga, hingga pengelompokkan jenis hotel menjadi kelompok Mewah, Budget, pemenang penghargaan dan best picks. Memudahkan banget aku memilih yang sesuai kebutuhan.

Sebagai pemegang aplikasi (suami kan lagi nyetir) aku merasa berkuasa penuh memilih hotel. Meski beberapa kali di tolak suami dan kami masih debat. Padahal kami uda hampir setengah perjalanan. Yang terakhir bagiku uda pas banget. Hotel bintang 3, ada kolam renang, lokasi dekat pantai Kemala, harga 200an. Tinggal klik klik selesai. Tanpa nego dengan suami lagi. Kali ini aku pemenang mutlak penentu hotel. Yeay!

Ya semudah itu aku memesan hotel, karena dataku sudah ada disana sebagai member. Pilihan pembayaran traveloka ini memudahkan banget memilih. Baik melalui atm, kartu kredit, cimb clicks, ataupun indomaret terdekat. Karena kebetulan di jalan ngeliat atm langsung saya pilih metode pembayaran lewat atm saja. Biar cepet selesai.

"Tuh depan ada Atm, mampir gih pah, bayar"
"Eh kok sudah pesan? Hotel apa jadinya? Berapa harganya?....." dan masih banyak yang di tanya suamiku.
"Dah pokoknya ntar liat aja. Ni kode pemesanannya" sambil menyodorkan hpku biasanya begini kalau aku sudah capek nego-nego dengan suami.

Keluar Atm tampak melengos muka suamiku. Pastilah dia meragukan hotel dengan harga 200-ribuan yang aku pesan. Sebenarnya suami tidak selalu memaksa wajib tidur di hotel berbintang, sesekali dia tetep mau hotel budget, dengan catatan tidak bersama anak. Jika membawa anak-anak, dia maunya anak-anak happy, jadi mereka gak rewel. Kalo mereka anteng, kitanya juga liburan happy semua.


Aku sangat memahami naluri seorang bapak yang susah payah mencari nafkah, untuk apalagi kalo bukan untuk bahagiakan anak. Bagi suamiku, hotel nyaman dan ada kolam renang adalah salah satu caranya memanjakan anak-anaknya. Karena dia tau, dua anak kami yang masih batita dan seorang SD sangat maniak dengan kolam renang.

Dan menurut aku, traveloka juga manjain aku banget dengan memudahkan aku memilih-milih, mana hotel dengan fasilitas yang di mau suamiku, sesuai sama budgetku dan memudahkan transaksinya.
Lihat sendiri, suamiku sama sekali tidak menyuruhkan berganti aplikasi booking hotel lainnya meski kami bolak balik debat memilih hotel. Karena memang Traveloka seolah menjadi pilihan langganan bagi kami. Bukan berarti kami tidak pernah melirik penyedia kamar lainnya, sebagai konsumen hemat kami pasti pernah membandingkan harga. Tapi ujung-ujungnya ya balik ke Traveloka juga untuk best dealnya.

"Nih slip bayarnya" kata suamiku sambil nyerahin hpku dengan wajah masih kaya orang cemas. 
"Buat apaan slip transfer?" sahutku bingung.
"Ya buat konfirmasi pembayaran lah" kata suamiku lagi.
"Yaelah buat apa, emang kaya belanja online zaman dulu yang tiap habis bayar lalu foto struk dikirim ke penjual.

Di Traveloka sih begitu proses pembayaran selesai udah langsung masuk di sistimnya dan udah langsung di proses. Kan ada kode pembelian dan nomer uniknya tadi pas bayar" kataku menjelaskan. Dan benar saja, ketika buka email, sudah masuk email konfirmasi pembayaran padahal aku gak konfirmasi apa-apa lagi setelah dari atm. Benar-benar cepat dan mudah.

Suami manggut-manggut sambil melaju menjelang 30 menit tiba di kota Balikpapan. Dari depan hotel yang aku pilih terlihat satu ruas jalan dengan hotel berbintang lainnya. Namun sepertinya suamiku belom yakin. Dia langsung menuju parkir lantai dasar untuk parkir mobil sementara aku ngurus check-in.

Untuk check-in aku cuma butuh 5-10 menit doank juga, tinggal bilang sama resepsionis, sudah booking di traveloka atas namaku. Nunjukin KTP, udah deh langsung deh petugas nganter kami ke kamar. Aku ga pernah ngeluarin uang untuk biaya tambahan kalo booking di Traveloka karena semua harga di Traveloka sudah harga final.

Begitu masuk ke area dalam hotel, sudah langsung terlihat birunya air kolam renang dan resto hotel yang menghadap langsung ke kolam renang. Anak-anak terlihat antusias ingin segera ke kamar dan berganti baju renang. Sementara suamiku terlihat sumringah dan setuju dengan hotel pilihanku. Alhamdulillah, didamaikan traveloka lagi, pikirku.

"Tuh kan pah, harga dua ratus ribuan juga ada kolam renangnya, bersih banget lagi. Mana deket pantai pula. Milih hotel mah kalo di traveloka mau jenis gimana juga tersedia, meskipun hotel ini harga aslinya mahal, tapi kalau lewat Traveloka selalu ada tawaran diskon melalui merchant-merchant bank atau juga diskon karena memesan di hari/tanggal tertentu. Jangan kawatir karena diskonnya banyak, jadi hotel mahal pun bisa jadi murah" selorohku sambil ngeloyor jalan duluan. Entah kenapa aku kalo belom ngomel panjang rasanya kurang lega. Suami cuma senyum-senyum.

Okelah kali ini kami sudah selesai berdebat. Setidaknya urusan hotel. Nanti sih debatnya beda lagi, soal makan dimana, pulang jam berapa dan beli oleh-oleh apa. Ya selalu ada saja yang di perdebatkan tiap jalan-jalan. Emang gak capek debat melulu? Engga tuh. Karena tiap kami debat artinya kami jalan-jalan, have fun.. Kalau kami tidak berdebat artinya kami adem ayem aja di rumah.

Debat besar sebelumnya pernah kami lakukan ketika kami di Bali. Debat kali ini murni karena suami ngerjain aku, dan lagi-lagi traveloka juga juru damainya. Ketika kala itu suami memesan hotel berbintang Di Sunset Road untuk liburan selama 5 hari di Bali. Aku mendebat karena untuk 5 hari tidak perlulah hotel berbintang agar budget bisa dihemat. Suamipun ngerjain aku dengan balas mendebat bahwa dia sudah terlanjur memesan. Padahal ketika disana, baru ku tau bahwa untuk stay lebih dari 3 hari maka ada bonus free stay untuk 1 hari. Itu terjadi di sekitar tahun 2015 lalu. Ujung-ujungnya ya hemat juga kan ya kalo dapat free 1 night stay.

Sejak itulah kami jadi percaya, bagaimanapun kami berdebat, apapun yang kami perdebatkan Tentang hotel akan mendapatkan solusi terbaiknya di Traveloka. Karena itu juga di hp kami suami istri selalu terpasang aplikasi ini.

Dari semua yang aku ceritakan di atas bisa di simpulkan ya kenapa kami jadi customer setia traveloka

1. Kemudahan pemesanan
Bahkan ketika sambil di perjalanan, bahkan ketika sudah di depan hotelnya pun jika kamar tersedia kalian bisa langsung memesannya di traveloka. Kenapa gitu? Karena aku pernah ketika di depan resepsionis harga yang di tawarkan lebih mahal daripada yang di tawarkan ke traveloka, apalagi di tambah diskon, akhirnya aku memesan di traveloka juga meski saat itu aku sudah berada di hotel yang mau aku tiduri. Gokil, tapi ini nyata. Tinggal pilih kamar, review pesanan, bayar, Udah deh tinggal bilang ke resepsionis.

Source : traveloka

2. Harga Final
Di Traveloka aku gak harus sedia uang ketika sudah booking hotel karena pihak hotel tidak pernah memintaku membayar lebih selain dari yang tertera di aplikasi. Harga sudah termasuk pajak. Aku bahkan pernah check-in dalam keadaan dompet kosong. Oh iya, harga yang tertera bisa dapat diskon lagi loh jika dipesan melalui aplikasi mobile atau jika kita sebagai member. Jadi penting banget memasang aplikasinya dan jadi member gaes. Selisihnya lumayan banget.

Makin hemat jadi member


3. Pilihan menginap lengkap
Dari hostel, guest house, hotel melati hingga berbintang 5 tersedia di daftar hotel traveloka. Dari hotel ala backpacker yang tanpa sarapan hingga hotel mewah dengan sarapan pagi all you can eat ada disana. Dari hotel dengan kamar mandi sederhana hingga yang memiliki fasilitas bath tub dan kolam renang dan sauna, ada loh di Traveloka. Tinggal pilih sesuai menu yaitu kategori Mewah - budget - pemenang penghargaan - best picks. Fitur pemilihan hotel juga di lengkapi dengan peta lokasi, fasilitas umum terdekat, deskripsi hotel dan review dari para customer sebelumnya. Saya paling suka tuh baca review para customer. Karena biasanya mereka menceritakan hal menarik yang tidak ada dalam deskripsi dan fasilitas hotel.

Lengkap dengan 4 titik strategis
Di sekitar hotel

4. Stay Guarantee
Jaminan menginap yang sama. Apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, traveloka menyediakan fitur ini untuk pengaduan segera. Sehingga jika kamar yang anda pesan terisi orang lain atau apapun yang menyebabkan kita batal nginap di hotel yang sudah kita pesan maka traveloka langsung menggantinya dengan kamar lain dengan harga dan fasilitas yang sama dalam waktu cepat atau pilihan lain yaitu berupa refund dimana prosesnya juga sangat cepat.

Fitur Stay Guarantee, the best

Sejujurnya, aku sangat penasaran dan sangat ingin mencoba fitur Stay Guarantee ini. Namun sayang, sekian kalinya aku memesan di Traveloka sama sekali tidak pernah bermasalah. Hehehe.. (apa-apaan ini) Fitur ini memang sangat melegakan banyak customer apalagi bagi customer yang masih baru menggunakan jasa booking hotel Traveloka. Semacam menjadi jaminan oke, bahwa kita pasti menginap, kita pasti tidur nyenyak di hotel yang sesuai harapan.

Tapi percayalah, aku pribadi tidak pernah merasakan fitur ini karena layanan Traveloka untuk hotel Selalu berjalan baik. Uniknya lagi, fitur ini hanya tersedia di Traveloka loh. Ajib memang, dengan pelayanan prima saja, traveloka masih sediakan fitur guarantee

5. Kenyamanan
Faktor ini, mungkin terkesan lebay. Tidak termasuk dalam fitur fasilitas. Tapi ini adalah pengakuanku sebagai konsumen yang sekian tahun memakai jasanya. Traveloka bagi keluarga kecilku, semacam tempat kami mengadu ketika butuh traveling #jadibisa pergi dengan dana pas-pasan. Tempat kami mengadu kalo kami pengen banget bobo di hotel mewah tapi budget minim, #jadibisa kesampaian bobo di hotel mewah. Traveloka mengerti lebaynya emak irit seperti aku #Jadibisa sering-sering menjalankan hobby jalan-jalan dan staycation.

Dan bukan itu saja, rasa nyaman itu terkait dengan faktor kepercayaan dan kebiasaan. Kalau orang bilang sih 'Cinta karena terbiasa'. Sulit diceritakan bagaimana feelingnya. Penyedia jasa hotel sekarang sudah banyak, harga variatif, tapi entah bagaimana aku dan suami ngerasa nyamannya adalah dengan booking di traveloka. Seolah-olah, "yeah.. Kita booking di Traveloka dan traveling kami akan baik-baik saja" dan ketika kami coba-coba pesan di penyedia jasa hotel lain seolah jadinya seperti "ah ini bukan traveloka, kamu yakin semua akan baik-baik saja?" oke agak lebay, bukan? Tapi memang begitu keadaannya.

Aku berharap kalau pihak traveloka membaca tulisanku yang penuh dengan curhatan ini. Mereka tau, bahwa aku dan suami sangat berterimakasih atas kehadiran mereka di dunia online. Sekian banyak moment romantis kami tercipta dari orderan kami di traveloka. Sekian kali kami akur berhenti berdebat ketika menemukan hotel terbaik dari traveloka.

Bahkan, untuk wedding anniversary kami ke-8 pada awal desember nanti sekitar semingguan lagi, aku dan suami sudah selesai berdebat dan akhirnya menemukan kamar hotel terbaik untuk kami staycation dan mengajak anak-anak, juga melalui aplikasi Traveloka. Terimakasih traveloka untuk beberapa tahun terakhir menjadi juru damai kami.


Jadi gaes.. bagaimana pun kalian berdebat dalam memilih hotel, akan lebih baik ke traveloka dulu, pasti tidur nyaman kemudian. 

53 comments :

  1. memang traveloka mantap ya, aku juga pakai traveloka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Saya selalu puas dengan layanan traveloka

      Delete
  2. Hihihiii... Begitu ya rasanya debat sama suami untuk menentukan tetek bengek perihal perjalanan. Aku sih belum ngerasain, lalu pengen ngerasain ����

    Btw aku juga mengandalkan traveloka kalo kemana-mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Kalo uda sepaham sih ga perlu debat kali yaaa

      Delete
  3. Traveloka andalan ku banget, kaya besok mau balik ke Medan aku milih beli pake traveloka asyik bangett. Simple dan smua ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk para traveler memang traveloka lengkap banget ya mba

      Delete
  4. Aku belum pernah sih pesan hotel lewat traveloka. Biasanya tiket pesawat aja. Semoga nanti ada rezeki jalan-jalan yang bisa sekalian nginap di hotel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Staycation dalam kota juga enak mba pake traveloka, mayan ngisi liburan

      Delete
  5. aku belum pernah pesan lewat traveloka. tapi menurut yang pernah pakai emang mudah dan nggak pake ribet sih ya.

    eh iya itu traveloka ada program membernya juga ya? waah.. asik dong bisa lebih murah dapetnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, kalo member bisa dapat poin-poin juga untuk di kumpulin

      Delete
  6. kalo me time buat aku mah cukup makan plus jalan - jalan haha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe yang penting gak boring di rumah yak

      Delete
  7. Kami termasuk customer setia traveloka Mbak Ruli.. Apalagi sekarang udah ada poin bertumpuk, makin senang staycation

    ReplyDelete
  8. Duh, ini dari hati banget curhatnya, semoga jadi sering dapet promo traveloka ya sebagai pelanggan setia. Tapi emang sih, kata temen aku yg pada suka jalan2, pada sukanua traveloka, murah dan praktis hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah kenapa yah kalo nukis susah nge-rem curhatnya wkwkwkwk

      Delete
  9. whoaa murah bgt 200an ribu dpt hotel yg asik..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya loh,pilihan kaya gitu ternyata banyak di traveloka..di manjain banget

      Delete
  10. Beneran mba ya harga hotelnya sesuai dengan buffet, suami sering ke luar Kota juga diperlukan berkat traveloka good luck ya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya puas sama harga dan pelayanannya.. Hehehe
      Aamiin..makasih uda mampir

      Delete
  11. Suka banget pake Traveloka, apalagi skrg udah ada sistem points segala hehe!

    ReplyDelete
  12. Sampai hari ini aku belum tertarik utk download traveloka, karena aku nya belum butuh aplikasinya, dan juga karena masih jarangnya aku utk berpergian keluar kota.

    Mungkin ceritanya lain lagi, ketika jelang libur panjang awal tahun. Bisa nih memilih hotel yg kosong di libur panjang ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh loh donlot buat keperluan lain misalnya buat tiket wahana rekreasi dan paket internet.. Donlot aja aplikasinya

      Delete
  13. Jika orang awam yang ingin piknik sangat lah cocok untuk menggunakan Traveloka, ya. Karena semuanya sudah lengkap disana. Jadi mau coba jalan-jalan pake Traveloka, deh, hehe. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Traveloka cocok buat semua kalangan. Baik untuk yang sekedar bisnis, atopun traveler kelas kakap. Hehehe

      Delete
  14. Wah 200 ribuan ada kolam rennagnya pengeeenn :D
    Enak ya kalau pakai traveloka bisa sepaket lengkap.
    Biasanya sih saya cukup pesan via websitenya :D
    Wah selamat counting down menuju wedding anniversary ya mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Best deal banget deh waktu itu dapat hotel kece dengan harga memikat.makasih mbaaa.. ❤

      Delete
  15. Hahahaha. Sama mbak aku juga sering debat sama suami. Suami orangnya enggak perhitungan soal harga, sementara aku perhitungaaaaan banget. 😅😂😂

    Menguntungkan ya ada Traveloka, enggak ngotot-ngototan lagi sama suami.

    Btw, selamat menghitung mundur wedding anniversary, Mbak. Moga semakin berkah. 😙

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Iya nih. Padahal makin banyak pilihan hotel traveloka makin panjang debatnya. Tp tetep aja juru damainya tetep di traveloka itu tadi juga.

      Delete
  16. Hahaha.. pendamai keluarga ya traveloka. memang traveloka enaknya sih harga udah final jd gampang membanding2kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mas, mau debat sampe kaya gimana juga ketemu jalan damainya ya di traveloka juga

      Delete
  17. Banyak banget penawaran dan promosi dari Traveloka, selain itu juga bisa tahu review dari pengguna lain. Memamg asyik pakai Traveloka fiturnya lengkap dan harga bersahabat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, fitur lengkapnya itu bikin kita betah bertahan lama pake aplikasinya

      Delete
  18. Ada traveloka, liburan jadi lebih mudah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serasa punya travel planner dalam genggaman

      Delete
  19. Eny emang jarang pake aplikasi tapi ternyata jauh enak banget ya mba. Bisa milih2. Biasanya kan langsung check in dmna tempat terdekat tujuan aja hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo lewat aplikasi traveloka pasti lebih praktis memang

      Delete
  20. Kalau saya sama suami untuk bepergian kemanapun, mau ngineo dimanapun, justru saya yg jadi kendali mbak. Suami mah terserah saya saja. Katanya pilihanku pasti terbaik lah. Jadi gak perlu ada debat2an.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti keinginan suaminya memang uda sejalan mba selalu cocok.hihihi

      Delete
  21. Traveloka udah paling ajib banget sih itu buat booking apapun dksana serta kita bisa milih dari harga yg murah sampe yg mahal lgi

    ReplyDelete
  22. Wah.. bisa jadi juru damai ya Traveloka. Keren ih. Makasih ya Mbak sharingnya, bermanfaat buat aku yg masih jarang jalan2 dan nginep di hotel. Hihihi.

    ReplyDelete
  23. Traveloka byk yg testimoni mudah ya mbak, tp krn suamiku kerja sbgi programmer di anak perusahaan IT sebuah tour travel besar jg di Indo, jadi kami malah ga pernah pakai aplikasi sejenis traveloka gini. Kalau beli tiket atau pesen hotel selalu lewat kantor.. Ada diskon karyawan soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi masih bisa pake traveloka buat beli paket internet atau wahana wisata loh

      Delete
  24. Nah ini liburan asyik..no ribet, sampai tempat wisata ga mesti nyari hotel dulu..udah ribet bawa barang banyak..

    Kalo udah pesan tiket pesawat plus penginapan..jadi gampir datang langsung nginap..ga perlu cari2 lagi..ngabisin waktu

    ReplyDelete
  25. Sanpai sekrang suka traveloka dan selalu beli tiket di hari senin dan selasa karena biasanya lebih murah hehehe

    ReplyDelete
  26. Emang Traveloka mah keren dan bikin nyaman banget. Pas kemarin liburan ke Bangka bareng temen" asyik banget. Kita pesan Hotel pas udah di kota tujuan, tinggal bayar via atm dan gak ada cas apapun dari pihak hotel.

    ReplyDelete
  27. Keren betul ya si traveloka ini. Bener2 pas judulnya jadi juru damai. Kalau ak bepergian pasti deh pak suami jadi komandonya. Mungkin lain kali harus belajar juga nih sama traveloka supaya ga rempong saat travelling.. :)

    ReplyDelete
  28. Mba ruli, traveloka ini benar" keren ya, tahun lalu aku pernah rencana buat liburan dan cek harga pesawat dan benar saja, Bener" mudah, jadi bisa pilih" sesuai dana yang ada hihihi. Mengenai kolam renang, aya suka sih tapi ga bisa renang dan parno liat air kolam 😂😂

    ReplyDelete
  29. Enak sekarang bisa hunting hotel lewat genggaman. Bisa langsung book pula. Ada diskon pula. Nggak lengkap kalau jalan-jalan tanpa traveloka. Apalagi buat yang bawa anak-anak. Traveloka bisa beri kepastian dan kemudahan hingga tau tempat inap yg dituju ramah anak atau nggak.

    ReplyDelete
  30. dilema rumah tangga ya mba, ibu-ibu kudu kencengin budget supaya habis liburan nggak nyesel. emang traveloka the best banget deh kalo soal harga dan kemudahan bookingnya. saya udah entah berapa kali nggak sengaja honeymoon gara-gara dapet hotel oke dengan harga terjun bebas. hihihi.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

ruliretno.com | BLOG DESIGN BY Labinastudio