Cara Reschedule Tiket dan Kebijakan Refund pesawat citilink

Saya mau sharing pengalaman saya reschedule tiket penerbangan saya menggunakan citilink beberapa minggu lalu. 

Source: Citilink
Begitulah manusia hanya bisa berencana, tapi Allah juga yang menentukan. Sematang apapun persiapan perjalanan, ada kalanya jadwal perjalanan tidak sesuai rencana.

Bulan lalu saya ke Surabaya untuk suatu urusan yang menurut perkiraan satu hari selesai. Jadi saya pesan tiket terakhir keberangkatan malam hari untuk kembali ke rumah. Tapi ternyata mendadak waktunya molor, tertunda hingga harus pulang besoknya. Yang bikin panik bukan soal gak bawa baju, tapi soal harga tiket yang mahal. Sayang banget kan hangus.

Awalnya sih baper, mewek, duh Rp. 600.000 hilang begitu saja, mana belom di bayar lagi ke tempat temen yang jual tiket karena buru-buru. Lalu sambil mewek gitu googling cara reschedule pesawat, mikirnya ya gapapalah hangus tapi jangan semuanya. Kali bisa tuker uang barang 50% gapapa.

Terus nelpon temen tuh. Dia cuma bilang suruh telpon citilink. Duh padahal beli tiketnya sama dia, kenapa ga bantuin reschedule sih. Tapi yah.. Mungkin karena aku belom bayar jadi di suruh telpon sendiri. Hahaha.. Makanya bayar woi bayar.. 😂😂

Intinya sih kalo di citilink kalo waktu keberangkatan belom 4 jam bisa di reschedule, hanya membayar selisih harga tiket awal dengan tiket baru + admin 50rb. Aku belom tau cara reshcedule pesawat lain. Beberapa maskapai yang bisa reschedule antara lain Garuda Indonesia, lion air, trigana air, sriwijaya.

Nah. Berdasarkan pengalaman yang saya lakukan kemarin, Step-stepnya sebagai berikut:

1. Pilih jadwal penerbangan baru
Sebelum telpon ke call center, cek dulu kapan jadwal keberangkatan kita, ada gak tiketnya, cocok gak jamnya dan harganya.

Buat ngecek ini tinggal buka aplikasi-aplikasi/website yang jual tiket tuh atau mungkin langsung ke web Citilinknya, nah dari situ kita akan tau berapa selisih harga tiket yang akan kita bayar kalo tiket baru lebih mahal. Tapi jika tiket baru lebih murah, bisa jadi malah dapat cashback ya hihihi.

Alhamdulillah banget pas saya kemarin karena bukan peak season, harganya sama dengan hari sebelumnya. Jadi saya cuma perlu menyiapkan 50rb saja untuk admin.

2. Telepon Call center
pilih menu berbicara dengan CS.

0804 1 080808

Sampaikan tujuan anda, biasanya cuma perlu di tanya kode booking tiket awal saja , nama penumpang dan mau di rubah ke kapan. Mereka akan menawarkan jadwal baru sesuai rencana kita. Itulah gunanya ngecek dulu tiket di aplikasi online agar proses cepat, lalu Setujui jadwal baru.

Jika kalian pergi rombongan, ga akan masalah kok kalau yang mau reschedule hanya salah satu dari tim. Meski tiket awalnya gabung, nanti yang reschedule akan dapat tiket sendiri untuk di rubah.

3. Pilih menu pembayaran
Cs akan menanyakan mau bayar pakai apa? Harus pasti, karena tiap cara bayar, beda pula step pembayarannya. Beda atm beda pula kode untuk transfernya.

Waktu itu saya memilih pembayaran ke indomaret. Tapi saya iseng meminta cara pembayaran via mandiri, buat jaga-jaga kalo gak bisa ke indomaret.
Ternyata benar, indomaretnya jauh, jadi harus ke atm mandiri deh. Mayan juga banyak dimana-mana.

4. Konfirmasi transfer
Lagi-lagi telepon ke CS. Ya agak ribet sih bolak balik telepon karena mereka gak punya aplikasi yang khusus begini. Setelah bilang uda transfer, mereka akan cek dan kalau uda beres tutup aja telponnya. Karena tiket baru akan di kirim via email. 

5. Cek Email
Jangan kawatir kalo email terlambat masuk, karena kode booking kita ga berubah kok. Jadi dengan kode booking yang lama tetep bisa cekin. Cuma mungkin sama petugas pintu masuk akan di tanya kenapa jam keberangkatannya kelewat. Agak ribet jadi mending pantengin email. Wakakakak.. Atau ngeprint ulang tiket di kantor citilink yang di bandara yak.

=========

Jujur alhamdulillah seneng karena harga tiket yang relatif stabil saya hanya perlu bayar admin 50rb. Kebayang Kan kalo hangus atau hanya refund 40% 😅😅

Nah saya akan sampaikan beberapa notes sebelum menghubungi cs: 

# Untuk saya yang pakai operator telkomsel, awal nelpon minta reschedule saya menghabiskan pulsa telepon sekitar 13rb. Untuk telpon kedua kurang lebih sama 10rb. Jadi sebelum telepon pastikan pulsa kalian sudah terisi daripada telpon putus di tengah pembicaraan. Karena kalo telpon lagi yang angkat belom tentu CS yang tadi juga, dan kalian terpaksa menceritakan maksud dan tujuan dari awal lagi. Makin boros kan. Nah kalo tarif operator lain saya kurang tau yak. Yang pasti sediakan pulsa.

# Pastikan jadwal baru yang kita pilih bener-bener sesuai dengan rencana kepulangan kita. Karena reschedule cuma bisa di lakukan 1x setelah itu jika mau reschedule lagi tiket akan hangus dan harus beli tiket baru.

# Siapkan kertas dan pulpen sebelum telpon CS karena mereka akan bacakan step-step untuk transfer. Seperti yang saya bilang beda bank beda step. Sebaiknya kalian pilih 2 cara transfer agar bila cara pertama ada halangan. Kalian tidak perlu telpon lagi minta cara transfer atm lain. Kemarin saya minta cara transfer untuk mandiri dan indomaret.

# Transfer harus di lakukan segera. Saya lupa kemarin di kasih waktu 3 jam sepertinya, pokoknya pendek lah. Jadi pastikan memilih cara transfer yang paling mudah untuk di lakukan.

Oh iya, di web citilink sih ada juga aplikasi chat untuk ngobrol sama CS, cuma prosesnya jadi agak lama. Balas-balasan dulu. Entah sayanya males berlama-lama karena reschedule itu harus sebelum memasuki 24 jam sebelum keberangkatan. Karena saat itu dah mepet, saya memilih ringkas via telepon.

Untuk yang membeli tiket di traveloka, setau saya di aplikasi traveloka sudah tersedia fitur easy reschedule. Cuma setau saya minimal 72jam sebelumnya. Karena saya kemarin gak beli di traveloka dan ini juga uda kurang dari 48 jam ya beda cerita. You may try it first, siapa tau lebih mudah ya kan.

Nah untuk kebijakan refund di Citilink

  • Refund di atas 72 jam : 75% tarif dasar
  • Refund di 48-72 jam.   : 50% tarif dasar
  • Refund di 24-48 jam.   : 40% tarif dasar
  • Refund di 12-24 jam.   : 30% tarif dasar
  • Refund di 4  - 12jam.   : 20% tarif dasar
  • Refund < 4 jam.            : 10% tarif dasar
Nah melihat jadwal refund itu, berati ya gak hangus-hangus amat juga kan kalo memamg akhirnya batal berangkat. Tinggal kontak CSnya aja tuh cepat-cepat kalo memang uda yakin bakal batal pergi.

Hmmm.. Apalagi ya.. Kayanya itu aja kok step by step nya udah saya ceritakan selengkapnya beserta hal-hal printilannya, hehehe. Have a nice flight ya.. ❤❤❤

26 comments :

  1. Wajib di save nih. :D Kan reschedule kadang mendadak dan nggak direncanakan. :D

    ReplyDelete
  2. Memang kalau lewat telepon lebih efisien, Mbak. Asal nggak sibuk teleponnya. :'D

    ReplyDelete
  3. saya pernah juga nih dengan maskapai burung besar di Indonesia, hanya bayar selisihnya saja dan reschedule bisa lewat chat online di web resminya. hehe anaknya hemat pulsa :p
    thank you info nyaaa

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah. brarti citilink pelayanannya bagus klo masih bisa reschedule tiket.. emang gk pernah sih kaya gitu tpi infonya bisa dipake buat kapan2 dan jelas udah gak bingung lagi hho

    ReplyDelete
  5. Baru tau tiket pesawat bisa di reschedule walo bkn di traveloka. Maklum emaknya agak kuper jarang jalan. Haha. Naik pesawat sendirian aja belum pernah nih. Btw, nice info mb ruli. Noted banget nih.

    ReplyDelete
  6. Untung ya harga tiketnya nggak jauh beda. Kadang ada yang cuma beda sehari harga tiketnya selisihnya jauh banget

    ReplyDelete
  7. Salah satu pesawat andalanku adalah Citilink. Tapi aku belum pernah rechedule sih mba. Makasih tipsnya ya mba. Buat berjaga jaga :)

    ReplyDelete
  8. Wah, berguna banget nih infonya, Mba Ruli. Aku kalo mudik ke kampung mertua seringnya pakai Citilink juga. Kukira mereka ini ga bisa reschedule. Ternyata bisa ih *senang 😍

    ReplyDelete
  9. Terima kasih Informasinya..
    Kalau Lion beda kayanya yah Mbak hehehe

    ReplyDelete
  10. Untung bs reschedule ya. Aku jg paati bingung kalau batal pakai pesawat di hari yg di tentukan. Maklum blm pengalaman, hahaha

    Baca ini jd bs siap2 biar gak panik

    ReplyDelete
  11. wah, makasih banyak infonya penting banget, soalnya sering kali nyesek nih kalau gagal berangkat dan tiket hangus, akalu ad refund begini khan lebih tenang ya

    ReplyDelete
  12. wah, boleh disimpan ini pengalaman , barangkali nanti butuh ya, apalagi caranya juga mudah banget

    ReplyDelete
  13. Inii nih ngebantu banget postingannya berdasarkan pengalaman yang bikin dagdigdug, ternyata caranya cukup mudah asal sabar waktu dan detail, kudu teliti juga :D senang jg cm tambah 50rb hihi

    ReplyDelete
  14. alhamdulillah banget bisa direschedule ya mbak ruli. kalau masih rezeki memang enggak akan kemana

    ReplyDelete
  15. Saya fansnya Citilink jadi sangat terbantu membaca artikel ini. Sangat informatif. Thx mba.

    ReplyDelete
  16. Duh, alhamdulillah ya, Mbak bisa di jadwal ulang. Dan untungnya lagi, harganya masih sama, ya..walaupun harus bayar biaya admin 50 rb. Daripada hangus ya...
    Pengalamannya bisa saya jadikan pelajaran, Mbak. Terima kasih ya..

    ReplyDelete
  17. Sampai sekarang saya belum pernah refund tiket sih. Banyak informasi berguna yang saya dapetin. emang selama ini yang bikin males biasanya ngurusin administrasi ama nungguin proses refund nya sih. mending ganti tanggal yaaak

    ReplyDelete
  18. Asyik ya..bisa di reschedule .bayarnya gak terlalu mahal..cuma 50 ribu.., lumayan dibanding dipotong 50 % atau malah hangus..

    ReplyDelete
  19. daku belum pernah sih mbak batal berangkat. etapi ini perlu disave nih, jaga-jaga manatau suatu saat ngalamin yang beginian. 600 ribu sayang banget kalau angus ya :D

    ReplyDelete
  20. Wah.. Oke banget ya citylink. Berguna banget kali aja kapan-kapan dibutuhkan. Thanks mbaa

    ReplyDelete
  21. Ia bener kudu di save nih. Belum pernah mengalami sih dan semoga saja tidak. Terimakasih sudah berbagi... Terus pas reschedulkkj gak diribetin gitukan mbak?

    ReplyDelete
  22. Betul sblm 4 jam masih bisa reschedule, aku udah pernah coba ini di batik air. Sama galau juga.. Wakakakak ga pengen pulang pulang kalau udah mudik

    ReplyDelete
  23. ok mbak, noted

    memang info-info yang seperti ini perlu sekali kita ketahui, jadi kan enka kalau nanti suatu saat kita terpaksa membatalkan perjalanan

    ReplyDelete
  24. aduh ini mah infonya bermanfaat banget mba Ruliii.. ternyata gak begitu ribet ya proses reschedule tiket di citilink.. Aku jadi senyum-senyum sendiri ngebayangin mba Ruli browsing sambil nangis2 hihi *dikeplak

    ReplyDelete
  25. Informatif banget...
    Aku alhamdulillah belum pernah ketinggalan pesawat atau sejenisnya siih...tapi ini bisa jadi informasi buat aku kalau ketinggalan jangan panik duluan.

    Bisa jadi maskapainya baik hati seperti Citilink ini.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

ruliretno.com | BLOG DESIGN BY Labinastudio