Aplikasi So Good CERDIK, Cerita Digital Interaktif sahabat Ibu, Favoritnya Anak-anak

Saya dan Adik saya melewatkan masa kecil di sebuah desa kecil di Kalimantan selatan. Saat tahun 90-an saat itu, saya melihat sendiri bagaimana usaha ibu saya untuk menjadi pandai dalam banyak hal bagi kami, anak-anaknya.


Ibu saya rajin sekali membaca koran dan majalah meski belinya harus jauh ke kota, demi memenuhi hasrat beliau akan ilmu yang tentunya untuk beliau salurkan menjadi energi kecerdasan bagi kami.

Sebagai seorang ibu, Saya berusaha menjadi apapun yang di butuhkan anak-anak sekalipun saya bukan ahli di bidangnya seperti yang dilakukan Ibu. Saya pun belajar banyak hal, demi menjadi seseorang yang sesuai kebutuhan anak-anak. Terutama menjadi ibu yang pandai dalam berbagai keperluan anak.

Dari menjadi guru, juru masak, tukang ojek, dokter, tukang reparasi mainan, tukang pijet, termasuk juga menjadi juru dongeng. Profesi terakhir itu, menurut saya yang paling menantang. Karena sedikit banyak, mendongeng itu perlu bakat, oh ya setidaknya perlu bahan. Pun siap menjawab kalo anak bertanya berbagai hal tentang dongeng itu. Sedangkan saya, kalo di rasa-rasa gak punya semuanya, ga bakat mendongeng dan bahan suka nyari di google.

Alhasil, saya yang memang tidak bakat, dan tidak suka dongeng lebih sering membacakan buku ketimbang mendongeng. Bisa di tebak, lama-lama anak bosan mendengar cerita yang itu-itu saja. Solusinya, emak harus kreatif mencari cerita baru atau beli buku baru. Hiks..

Banyak sih yang menyarankan saya ngasih gadget ke anak saya untuk meringankan tugas. Tapi saya takut juga kalo salah pilih aplikasi. Bukannya menghibur anak dengan sesuatu yang positif malah sebaliknya, membuat anak kecanduan untuk main game. Anak saya masih kecil-kecil dan hanya boleh main gadget hari minggu selama maksimal 2 jam. Saya masih berpikir ulang kalau soal gadget sih.

Sampai akhirnya, ketika belanja naget So good buat stok cemilan di rumah. Saya ketemu dengan so good yang berhadiah dongeng untuk aplikasi cerdik. Penasaran, apalagi putri saya Qorira, yang namanya hal-hal baru di dunia digital dan perdongengan dia demen banget. Langsung deh masuk trolley So good dino dan alphabet.


Cerdik ini adalah singkatan dari Cerita Digital Interaktif. Yang di dalamnya berisi dongeng dan resep. Tiap dongeng terdiri atas dua bagian part 1 dan 2. Dan setiap part bisa di buka dengan melakukan scan frame dimana frame-nya akan kita dapatkan dalam bungkus naget so good bertanda khusus seperti foto di atas. Resepnya pun akan bisa di buka setelah kita berhasil membuka cerita dengan frame.

Aplikasi Cerdik
Sahabat para Ibu
What a surprise, setelah mengikuti petunjuk permainannya mainan ini seru banget. Dongeng berpadu dengan teknologi. Serasa liat kartun di Tv tapi lebih menakjubkan lagi karena animasi di dongeng Cerdik So good ini bisa di puter-puter di tonton dari berbagai sisi. Tinggal sentuh layar hp.

Contohnya ketika kami menonton Lala dan Sing-sing,salah satu dongeng di dalam Cerdik. Ketika Lala dan Sing-sing mengobrol, Kami bisa putar-putar layar sehingga posisi mereka ngobrol bisa terlihat dari atas, samping kiri atau kanan atau bisa terlihat dari depan mereka duduk, sangat interaktif. Tampak di layar seperti buku dongeng tapi beranimasi 3D ya.

Lala dan Sing-sing dari sudut depan

Jika Kalian tertarik memiliki So good cerdik ini, berikut saya tulis cara pakai aplikasinya :

  1. Download aplikasi So good Cerdik melalui aplikasi Play store. Atau bisa juga melalui link ini http://bit.ly/2vUKgHz
    Silakan download Aplikasi
  2. Buka Aplikasi Cerdik dan pilih cerita sesuai frame yang kita punya, part 1 atau part 2 harus cocok ya sesuai frame. 
  3. Klik 'Mulai cerita' Lalu scan frame
    Menu dalam aplikasi Cerdik
  4. Dengarkan dongeng dan bolak balik cerita seperti kita membalik buku yaitu dengan menyibak layar hp ke arah kanan/kiri.

Hari gini, menjadi ibu rumah tangga tidak lagi seberat dulu. Sudah banyak alat rumah tangga elektronik yang sangat memudahkan tugas rumah. Anak bertanya ini itu, bisa sesekali cari jawaban di google. Termasuk mendongeng ini. Cerdik sangat membantu para Ibu yang tidak pandai mendongeng dan memberi cerita inspiratif.

Selain kegiatan seru mendengarkan cerita, Cerdik juga memberikan dampak positif lainnya. Yaitu kebersamaan anak-anak di rumah dengan saya sebagai orang tua dan saudara-saudaranya.

Kebersamaan saya dan ketiga anak saya
Gara-gara aplikasi Cerdik

Cerita dari foto ini :

  1. Awalnya hanya Qorira yang tertarik, karena memang dia yang antusias ketika membeli nagetnya. Qowiy hanya melirik dan Qodhi asik dengan nagetnya.
  2. Kedua, Qowiy sudah mulai exited dan kita nonton dongeng bareng bertiga. Qodhi masih asik sama naget dan bergaya difoto.
  3. Qodhi akhirnya penasaran dan ikutan nimbrung nonton juga karena sudah banyak juga makan nagetnya.
  4. Akhirnya saya dan anak-anak nonton bareng bersama macam-macam frame cerita yang kami punya. Bahkan Qodhi penasaran mau ikut juga scan frame setiap ganti cerita. Seru dan menyenangkan sekali. ❤❤❤

Dengan Cerdik ini juga, penggunaan gadget jadi lebih terkontrol dan digunakan untuk membuka aplikasi yang positif. Tentunya ini masih menjadi tanggung jawab saya juga sebagai ibu menjadi pengontrol kegiatan anak. Jangan sampai memberikan anak gadget berlebihan.

Untuk anak perempuanku satu-satunya, Qorira. Nilai plus dari aplikasi ini tentu saja, karena ada bagian resepnya. Naluri wanitanya membuatnya sudah ingin belajar masak ini itu tapi dengan level sederhana, karena memang sejak dia TK saya sudah sering mengajaknya ke dapur ikut masak atau bikin kue sederhana. Jadilah, sambil menyimak dongeng, ia sibuk membaca resep untuk dia coba-coba. Qorira sudah mulai bisa meraba-raba resep mana yang level kemudahannya sanggup Ia tangani, hehehe.

Menariknya lagi, ketika mencoba-coba resep pun dan melihat-lihat bahan, sang Adik akan ikut membantu di dapur, meskipun pada akhirnya adik-adiknya lebih membuat semua jadi berantakan daripada membantu. Baik dongeng ataupun resep, keduanya sukses membangun kebersamaan diantara anak-anak. Akhir pekan rasanya bisa lebih hemat ya kalau ada kegiatan seru di rumah. Waktu yang dihabiskan jadi lebih berkualitas.

Eh, mulai kepo ya sama cerita Saya tentang Cerdik? Kalau belum coba sih pasti penasaran seperti apa dongeng digital yang pakai scan. Tinggal cari produk So Good bertanda khusus sticker Cerdik di kemasannya, baik di Bakso, Nugget, Stick, Seafood, Shaped nugget, Whole Muscle ataupun varian Sausage ukuran 400 gram. Lalu Kalian bisa mengumpulkan seri cerita Lala dan Sing-Sing, Umbo Larage, Chika dan Chiko.

Salah satu adegan cerita dalam dongeng
Chika dan chiko. 3D tampak atas

Untuk Resep disana Kita bisa coba So good pie, macaroni cups, alphabet onigiri, dll. Setiap frame yang kita dapat akan mendapatkan 2 resep di dalamnya. Semua resepnya mudah kok dibuat dan menggunakan bahan utama berupa produk so good. Jadi ngebantu banget juga buat saya menambah ide bikin cemilan di rumah. Qorira malah sudah merencanakan untuk menjadi bekal sekolahnya juga.

Jadi saya yang awalnya berpikir, So Good Cerdik hanya akan membantu saya untuk mendongeng cerita ke anak-anak justru mendapat manfaat plus-plus lainnya seperti yang saya ceritakan diatas. Rasanya jadi ibu rumah tangga zaman now menyenangkan sekali ya. Karena perempuan dengan skill biasa-biasa saja seperti saya bisa menjadi serba bisa dengan banyaknya teknologi yang membantu kegiatan sehari-hari. 

28 comments :

  1. Wow Animasinya keren dan edukatif...

    ReplyDelete
  2. sayang anakku masih bayi jadi belum bisa deh nyobain so good cerdik ini. padahal keren euy aplikasinya

    ReplyDelete
  3. Serunyaaa... Udah dapat makanan enak, dapat mainan seru lagi ya mbak :D

    ReplyDelete
  4. Aaaaah baru inget, punyaku ketinggalan di jakarta hiks. Seru ya mba main beginian. Mainan anak jaman now, jaman emak kecil belum ada kwkwkkww

    ReplyDelete
  5. Mendongeeeng. Yup dulu suka asal aja saat mendongeng untuk anak sulungku. Yang penting ada satu hikmah yg dpt disimpulkan dan menjadi pelajaran. Jd inget saat pertama bikin dongeng buat anakku, sekarang mah lebih terbantu dengan adanya cerdik ini yaa. Mau beli ach, semoga di minimarket dekat rumahku ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyaallah so good mudah di dapat dimana aja. Gampang dicari mba

      Delete
  6. Wih keren, masih cilik sudah tertarik dengan resep, putrinya Mbak.

    ReplyDelete
  7. Wah 3D, keren! Wajib dicoba nih biar ponakan seneng...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. Bagus buat bonding juga tante dan ponakan

      Delete
  8. Terpesona sm 3D nya so good cerdik. Jd pgn nunjukin ini ke bocah. Anak2 mbk ruli aja tertarik gt. Yakin deh bocah aku jg bakal tertarik. 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya. Bikin oenasaran mau beli terus juga

      Delete
  9. Wah, membantu banget nih buat tumbuh kembang anak dengan kegiatan yg positif.. Apalagi anaknya ud mulai tertarik masak2, lebih dini lebih bagus bila bnyk hal yg sdh di mulai jauh hari di banding di kemudian hari hehe

    Jadi ibu kayanya ud brubah ga sperti dlu lagi, bner kta mba ruli bs google dikit2 hahaha

    Jadi pengen beli so good juga, tapi brhubung blm pny anak enaknya buat cemilan aja wkwwk

    ReplyDelete
  10. Wah.. Kita samaan mba ruli dapet ceritanya.Hihi
    Emang keren so good ya, ceritanya edukatif sekali..

    ReplyDelete
  11. So Good ini memang kreatif ya, selain unik rasa nya juga memang enak, dari kecil selalu suka makan So Good 😘

    ReplyDelete
  12. Waaah, aplikasinya bagus ya. Jadi kepengen nyoba juga deh entar. Aku juga nggak bisa mendongeng sama sekali. Kalo ada aplikasi gitu kan membantu banget ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Untuk yg ga bs mendongeng terbantu banget

      Delete
  13. Edukatif sekali aplikasi digital milik So Good buat anak2. Yakin ini mah udah kenyang bikin pintar pula.

    ReplyDelete
  14. aplikasinya lucu banget nih buat anak anak sangatlah pas banget. Jadi, bisa bercerita hanya dengan satu aplikasi dan satu genggaman hape aja serta include resep masakannya lagi. Ajib banget mba

    ReplyDelete
  15. Aku jadi penasaran sm so hood cerdik, nanti mau beli ah buat mainan ponakan, pasti pd suka deh. Soalnya apapun uang aku bawakan mereka selalu excited, terutama kayak buku2 dongeng gitu. Wah ini ada dongeng digital pasti langsung dserbu deh.

    ReplyDelete
  16. Asik banget nih ada aplikasi So Good Cerdik. Anak2 pasti suka :) Abis kelas UAS boleh nih dicoba buat santai. Bisa juga buat di perjalanan traveling baca2 dongeng. Ada reep masakannya juga kan. Mantap :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

ruliretno.com | BLOG DESIGN BY Labinastudio