SLEEK BABY DIAPER CREAM, Efektif Mengobati dan Mencegah Ruam Popok

Assalamu'alaikum,

Punya anak usia bayi dan batita, biasanya memang banyak kawatirnya. Salah satunya persoalan kulit bayi yang sangat sensitif.
Alhamdulillah saya termasuk yang beruntung karena tidak pernah mengalami persoalan kulit bayi yang sampe parah yang sampe harus konsul dokter atau bingung. Tapi, bukan berarti juga itu semua saya dapatkan tanpa usaha. Tentu juga saya seperti ibu lainnya yang sangat protected terhadap perawatan kulit bayi saya.


Semua ibu pastinya tau ya, kalau setiap bayi sangat sensitif terhadap apapun yang menyentuhnya. Dikit-dikit ruam gara-gara ini itu dan itu bisa terjadi hingga usia anak 3 tahun. Dan...yeah..saya punya dua batita di rumah.hehehe.. si abang baru aja memasuki usia 3 tahun bulan lalu dan si bungsu sekarang 17 bulan. Keduanya mempunyai kulit yang masih sangat sensitif. Baby Qodhi yang sekarang masih menggunakan diapers sepanjang hari 24 jam dan lagi aktif-aktifnya bergerak dan berjalan tentu saya berikan pencegahan intensif dari ruam popok. Saya ga mau donk segala aktifitasnya terganggu gara-gara nahan sakit akibat ruam.

bobo nyenyak sepanjang malam tanpa kawatir ruam popok

Sejak anak pertama lahir, tahun 2010 saya mempercayakan produk perawatan bayi saya pada sleek. Baik itu laundry detergent, pembersih botol dan tempat makan. Dan produk favorit satu lagi yaitu Sleek Baby Diaper Cream. Apa iya saya langsung ujug-ujug gak pernah ngalami ruam? Ya pernah buibu, tapi seperti yang saya sebutkan, ga pernah sampai parah. Dan plis..sebaiknya jangan tunggu sampai parah, ya kan.

Biasanya, cara paling ampuh mencegah ruam agar tidak sampai parah yaitu tanggap akan gejalanya dan tau pencegahannya. Kesalahan persepsi yang sering terjadi pada buibu adalah, biasanya para ibu baru memberikan diaper cream ketika sudah terjadi ruam. Padahal sedianya, diaper cream itu diciptakan para ahli untuk menjawab kekhawatiran ibu-ibu akan terjadinya ruam jadi sifatnya adalah mencegah alias perisai sebelum terjadinya ruam.

Asal mula / Penyebab Ruam Popok

  1. Gesekan antara kulit bayi yang alergi dengan diapers/popok atau dengan tissue basah   
  2. Kontak yang terlalu lama dengan feses dan urine baik saat menggunakan diapers sekali pakai atau jenis popok lainnya yang tidak bisa di tolerir kulit bayi
  3. Bakteri yang terdapat di lingkungan 

Nah, kalau sudah terkena yang 3 penyebab diatas, biasanya ada beberapa fase dimana kulit bayi kita tergolong ruam ringan atau parah, liat deh gambar di bawah ini:


jenis ruam dari yang ringan hingga yang parah

Baiknya sih kalo masih tahap awal sudah langsung dikenali dan diatasi, atau lebih baik lagi sesuai fungsi awal diaper cream yaitu sebagai perisai. Gunakan sebelum terjadi ruam. Kenapa penting banget sih? Iyalah, karena ruam ini bisa berujung infeksi loh, sedih kan.. jadi mendingan Sekarang, kita kenali yuk gejala awal ruam popok.
  • Bayi terlihat tidak nyaman dengan popok yang dipakainya, entah itu rewel atau garuk-garuk atau expresi minta di copot.
  • Kulit di area popok terlihat merah, bengkak, dan meradang. Yaitu di area bokong, paha, dan alat kelamin

Okey, sudah tau nih ketika bayi atau batita lagi ruam popok, terus harus gimana donk? Apa oles diaper cream aja langsung beres? Eit, tunggu dulu, ada paketannya bu. Biasanya kalo sudah terlanjur parah, dokter akan menganjurkan untuk sementara tidak menggunakan diaper dulu dan tentunya memberi resep untuk mengobati sekaligus mencegah bertambah banyak. Ya..agak ribet sih menurut saya, karena itu saya prefer mencegah daripada mengobati. Jelas lebih hemat waktu, hemat tenaga dan hemat uang.

Jadi kalau masih ruam ringan atau bahkan belum ada ruam, begini cara pencegahannya:
  • Ganti popok tiap 2-3 jam sekali. Memang sih ada popok-popok masa kini yang tidak menggembung meski sudah banyak pipis. Itu memang memudahkan baby beraktifitas, tapi tetap saja harus sering ganti karena ruam kan di sebabkan kulit berkontak terlalu lama dengan urine atau feses. Biasanya sih yang sering missed pada malam hari, emak mau istirahat, lalu popok gak ganti sampai pagi. Hiks...kasian kulitnya bu...
  • Bersihkan dan keringkan area yang tertutup popok dengan sempurna. Bila waktunya ganti diaper atau setelah mandi, dihandukin sampai kering dulu. Atau kadang saya sih saya angin-anginkan sebentar supaya kulitnya bernafas sebelumnya di tutup lagi. Bagus juga kalo memilih diaper yang berpori.
  • Oleskan sleek baby diaper Cream tiap ganti popok. inilah perisai kita untuk mencegah terjadinya ruam, atau kalau sudah terlanjur bisa mengurangi ruamnya bertambah.
  • Pasang popok dengan pas. Belilah popok yang nyaman buat baby kita ya bu, pas ukurannya, bagus juga di kulitnya seperti berpori, berbahan lembut, menyerap cepat, dan kriteria lain yang ibu-ibu pasti uda taulah mana yang bikin anaknya nyaman, ya kan.
Pertanyaan selanjutnya, kenapa diaper creamnya harus sleek. Ya karena saya pemakai setia sleek? Gak gitu juga sih, saya jadi pemakai setia kan karena memang bermutu dan bagus. Kalo di itung-itung udah 7 tahun ini ya saya jadi pemakainya. Kalo gak bagus gak akan selama ini pakenya sampe 3 anak. Hehehe..ini sih curcol namanya. Oke saya kasih alasan logis aja ya, yang sesuai ilmiahnya.


Kenapa harus SLEEK BABY DIAPER CREAM?

  1. Ekstrak daun olive, untuk melindungi kulit dari bakteri yang menyebabkan iritasi.
  2. Chamomile dan Ekstrak Bunga Matahari: Natural anti- irrirant yang efektif untuk mengurangi kemerahan
  3. Ekstrakt Alpukat, Shea Butter dan Argan Oil: Natural moisturizer  yang menjaga kulit bayi tetap lembut
  4. formula paling aman bahkan untuk bayi yang baru lahir; dengan pH 5.5.
  5. Sleek Baby Diaper Cream juga telah melalui dermatologically tested yang terbukti mencegah dan menyembuhkan ruam popok.
  6. Clinically tested, 100% terbukti melindungi dan membunuh bakteri seperti Staphylococcus Aureus, Pseudomonas Aeruginosa, Escherichia Coli, Candida Albicans.
  7. Teksturnya lembut dan wangi dan creamy seperti lotion bayi, pasti akan disukai oleh para baby dan toddler. 
  8. Kemasannya praktis dibawa kemana-mana. Jadi kalo jalan-jalan, babynya lelah dan berkeringat ataupun tidur nyenyak, perlindungan kulitnya tetap terjaga.

tekstur lembut seperti baby lotion

Jadi bukan tanpa alasan ya saya setia pake sleek. Yang bikin saya seneng juga karena Sleek selalu menggunakan bahan-bahan dari tumbuhan. Jadi bahannya alami, kita tinggal pakai udah praktis. Belinya juga gampang, biasanya di minimarket deket rumah atau ke apotik uda ada semua jual produk sleek. Buibu tinggal masukin sleek di keranjang belanja, atau biasanya di e-commerce juga tersedia lengkap. Mari bikin baby kita happy dengan kulit yang sehat dan lembut ya.














77 comments :

  1. wah mantap ada creamnya ya, dulu jaman anak kecil sih, merek diaper hanay sdkt dan blm ada cream spt ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya mba. Jaman anak saya yang pertama juga belom ada nih. Terbantu banget skrg

      Delete
  2. Bahan2 sleek baby diaper alami ya mak jd yakin aman deh. Abakku juga pake ini

    ReplyDelete
  3. Ini pasti seru nungguin Qodhi tidur supaya mau difoto bareng diaper cream, hihihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bwahaha..iya nungguin dia pose tidur yang unyu

      Delete
  4. Yeeeay akhirnya Sleek Baby punya juga diaper cream.. salah satu brand yang aware banget dengan kesehatan dan keberishan dari baby..

    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya merk ini terkenal bgt ya akan kualitasnya

      Delete
  5. Suka deh dengan wangi Sleek Baby Diaper Cream ini. Kayak body lotion. Bikin lembut kulit lembut juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malah pengen kujadikan body lotion sebenarnya.boleh gak sih.hahaha

      Delete
  6. Wah.. Ini cocok kayaknya buat anak saya. Ekstraknya lengkap banget.
    Cuma saya belum bisa menemukan produk ini di swalayan dekat rumah. Semoga bisa segera disupply.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semoga bs cpt masuk ke daerah2 ya pak

      Delete
  7. Gara2 ruam, anak gak bisa pakai diaper? Repooottt hahaha. Untung skrg ada Sleek Diaper Cream utk mencegah ruam popok ya. Pakai diaper sepanjang hari tetap tenang n babynya nyaman ❤

    ReplyDelete
  8. walau bentuknya lotion enak ga lengket ya mak

    ReplyDelete
  9. Anakku ini anakku banget, hiks. Makasih rekomendasi nya mba..

    ReplyDelete
  10. Yang alami memang lebih baik ya mbak :)

    ReplyDelete
  11. Wow.. Bisa eny share sama keluarga hhe yang lagi punya dede bayi ^^

    ReplyDelete
  12. Anak aku dulu luar biasa parah alergi pospak.. Sampe ga berani lg deh emaknya makein pospak.. Hemat sih tp ya ribet.. Hihihi.. Kalo tau sleek dr dulu mungkin ga bakal gitu y mb ceritanya.. Hehe

    ReplyDelete
  13. Ini anakku bangettt.. Thanks infonya mba.. Membantu banget kalo nnti punya bayi lg.. He

    ReplyDelete
  14. Waaah pakai bahan alami ya. Boleh dicoba nih. Kebetulan Fidel ada tanda-tanda mau ruam.

    Makasih infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pas banget nih mba nyoba mumpung belom ruam

      Delete
  15. Boleh di coba nih buat ponakan aya hihihi

    ReplyDelete
  16. ruam popok emang mengerikan. pas anakku kena umurnya 4 bulan aku sampai mau nangis liatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, ga teg Banget,pasti perih banget rasanya di kulit

      Delete
  17. Saya juga sudah lama pakai Sleek.
    Pas di kulit Salfa yang sensitif dan aktif.
    Meski sudah 3 tahun.

    ReplyDelete
  18. Saya jg suka pakai sleek ini, bahan2nya alami dan wanginya itu lho harum2 gmn gtu. Anakku suka cium2 baunya dr botol hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yg alami memang baunya pasti enak ya mba

      Delete
  19. Annasay juga maenin ini sleek, apalagi pas diolesin, wangi banget

    ReplyDelete
  20. Penting banget buat baby ya, mba. Biar kulitnya selalu sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba kalo dah ruam soalnya nyiksa banget ke baby nya

      Delete
  21. Aku pingin punya baby lagi nih mbak ruli terus mau pakein sleek baby kalau diaper rash n

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha.. Yuk ah buruan pny dede lagi yuk

      Delete
  22. makasih infonya mba ruli, bekel buat aku nanti nih kalo udah ada anak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bener banget ini.. Semoga di segerakan isi jgn lupa beli ini ya mba

      Delete
  23. Jadi inget waktu si bungsu kecilan, pake ini juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak ya mba kulitnya sehat dan juga wangi

      Delete
  24. Pas Rara bayi juga aku pakein sleek loh mbak Ruli, secara anakku itu pake diaper 24 jam...hihi *emaknya ga mau susah nyuci popok :p

    ReplyDelete
  25. Jadi pengen beli sleek juga..
    haiyyah la wong ga punya baby niy Mak

    dulu mah cukup sama baby oil aja taunya.

    ReplyDelete
  26. Jd inget masa krucils msh baby mba

    ReplyDelete
  27. Ruam popok ini masalah bangeet deh, zbl. Kemarin si Kei sempat iritasi kulit karena karetnya itu loh, aku pakein sleek ini alhamdulilah cocok.

    ReplyDelete
  28. aku jg pake ini emangs bgs tp lucunya wanginya kok sama kyk sabun cucinya ya, hihi.

    ReplyDelete
  29. Ooh bentuknya motion toh. saya kurang paham ttg persoalan bayi. Tp sbg calon suami yg baik saya jd mengerti melalui blog ini.

    ReplyDelete
  30. dulu waktu di kampung sering liat anak bayi menderita ruam. ortunya cuma ngasi bedak tabur sih, padahal kasian juga ya kan. eh sekarang udah ada sleek baby diaper cream, bener-bener menjawab kebutuhan para buibu yang punya anak bayi nih.

    ReplyDelete
  31. wah mantap ya sleek, selama ini cuma tau tentang cuci alat makan aja. Ini bisa banget dipakai akau aku dah punya baby. Makasihh ya mba

    ReplyDelete
  32. Pas banget si Baby Salsabila ruam, nanti nyari sleek diaper cream deh ke toko.
    Makasih infonya Mba.. 😘

    ReplyDelete
  33. Mbaaa.. aku galau nih Gaza ruam parah. Kulitnya lebih sensitif dari abangnya. Ini ampuh ya, mau nyoba. Cream sebelumnya gak mempan hiks

    ReplyDelete
  34. Dulu di rumah juga pake produk sleek tapi untuk mencuci botol minuman anak kakak saya yg masih bayi.. memang sih busa sleek dengan busa pencuci botol bayi merk lainnya agak berbeda.. punya sleek wangi tidak terlalu menyengat dan busanya Alus banget

    ReplyDelete
  35. Sedih kalo lihat baby sampai kena ruam diaper ya :(

    ReplyDelete
  36. Iyaa mbaak. Mending repot dikit daripada nanti ujungnua kena ruam ya. Untungnya pake sleek mudah. Tinggal olea sekali aja.

    ReplyDelete
  37. Varian produk Sleek sudah banyak ya, dulu ingatnya Sleef itu hanya ada produk pelembut pakaian. Sleek Baby Diaper Cream bisa saya coba berikan pada kepokanan, pernah beberapa kejadian ada sedikit ruam.

    ReplyDelete
  38. Duh laaaaah babynya kalo tidue kok jentit gitu siiih, kan pengen ditabok aja rasanya. Gemes banget sih 😁😁😁


    Btw, kalo ngolesin diaper creamnya itu, jangan buru2 makein popok ya kak. Biar agak kering gitu yaa
    Eh bener kan 😂

    ReplyDelete
  39. Kalau buatku cocok juga nggak ini mbak? Aku sering banget ruam pembalut huhuuuuuu 😭😭😭

    ReplyDelete
  40. Saya dulu pake ini tuk bagi saya
    Mmg bagus
    Selain mmg harus dirawat dan diperhatikan saat hendak memasang dan mencopot diapers
    Alhamdulillah ga ada ruam yang mengganggu

    ReplyDelete
  41. Bahannya alami semua ya jd betul aman buat bayi apalagi yg sensitif. Ponakanku udah gak pakai popok, tp dulu sering ada merah2 di daerah yg dipakaiin popok. Next time kalau ada bayi lagi bs pakai Sleek

    ReplyDelete
  42. Wah, tulisannya bermanfaat sekali. Langsung sy share ke keluarga yg punya bayi. Soalnya kemarin dia mengeluhkan ttg ruam popok ini. Rekomendasi produknya bagus juga meski Sleek Baby Diaper Cream di tempat sy kurang familiar digunakan.

    ReplyDelete
  43. Duh zaman anak2 bayi, kalau sudah kena ruam popok memang bikin sedih. Kasian mereka.

    Dulu saya gak kenal sleek cream, taunya baby oil saja mbak. Sembuhnya lumayan lama.

    ReplyDelete
  44. Wah menarik nih merk SLEEK ini. Aku mau coba ah. Selama ini buat debay pakenya Sweety dan Fitti Day Pants. Kalau ada promo mau ah coba siapa tau cocok.

    ReplyDelete
  45. Mencegah lebih baik daripada mengobati jadi sebelum ruam datang atau ruamnya bertambah parah ada baiknya sedia sleek baby diaper cream. karena ada beberapa baby yg sensitif kan.
    berhubung aku belum punya baby.. jadi akan aku rekomendasikan untuk dipakai keponakan aku yg masih bayi dan sering pakai popok. bisa jadi rekomendasi aku juga kalau udah punya baby hihi. kasihan kalau liat baby terkena ruam gitu. 😢

    ReplyDelete
  46. kk saya memakai sleek untuk pencuci botol dan memang bags sih produk sleek. dan sering bgt tuh bayi ga nyaman dgn popok yg dipakai mungkin pake cream ini bayi jadi nyaman ya mba

    ReplyDelete
  47. baru tau ruam ada berbagai jenisnya. Oh yah anaku udah ga ruam lagi, masalahnya kayaknya diapers yang kekecilan. Gak pernah pake sleek juga sih. Sekrang 8 bulan bb nya 9 kg lebih udah pake yang L aja hehe

    ReplyDelete
  48. Alhamdulillah semua anak2 saya tidak ada yang punya riwayat ruam..dan pemakian diaper memang tidak saya utamakan..paling sesekali kalau hendak bepergian saja. Dan itu menghemat pengeluaran... Hihihihi

    ReplyDelete
  49. Eh, keponakan saya juga pakai sleek baby diaper cream. Alhamdulillah dia bebas ruam. Kulitnya lembut, halus dan wangiii....jadi ingin nyiumin terus. 😍

    ReplyDelete
  50. Alhamdulillah anakku enggak pernah ruam sih selama ini. Tiap beberapa jam ganti. Minimal sehari 4kali ganti. Kuncinya tetap kering si popok itu

    ReplyDelete
  51. Ah, hilang kekhawatiran deh punya sleek baby diaper cream mah. Bayi sehat ceria...

    ReplyDelete
  52. Untung ada sleek baby, babaiii ruam popok! Baiknya dipakai sebelum terjadi ruam dan rutin setelah ganti popok...antisipasi gitu

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

ruliretno.com | BLOG DESIGN BY Labinastudio