BeautiQ, keberagaman Batik berbagai daerah di Indonesia dalam satu jendela

Assalamu'alaikum,
lama gak ngebahas soal fashion, kali ini saya mau ngulas batik boleh ya. Batik adalah salah satu barang yang saya selalu kepo bagaimana asal usul di balik motif khasnya.

Sebagai warga negara Indonesia yang sudah punya hak paten untuk batik dan punya ratusan bahkan ribuan motif batik, bangga donk ya kalo setiap kali harus pakai batik. biasanya di kantor atau sekolah pun ada satu hari khusus berpakaian batik. selama ini memang batik cenderung untuk acara formal dan semi formal. Orang pun seringkali menjualnya dalam model pakaian formal seperti kemeja safari, baju koko, kemeja kerja dan berbagai design batik dibuat untuk kebutuhan formal.

Sedangkan untuk saya yang banyak bekerja di rumah dengan gadget, menggunakan batik biasanya dalam bentuk daster, hehehe.. gak bisa dipungkiri, daster batik itu adem banget sodara-sodara. Mana cocok saya pakai batik formal sementara tujuan saya bukan lokasi-lokasi formal.

nah, kalau untuk keluar rumah saya suka menggunakannya untuk dandanan casual. karena itulah saya biasanya suka membeli kain sendiri, lalu menjahitnya menjadi model casual sesuai kebutuhan dan model sesuka hati saya.
contohnya seperti yang saya pakai di foto ini.

Ootd batik casual


batik yang saya pakai untuk rok ini adalah jenis batik Garutan dan fyi ya, saya sangat menyukai cerita di balik motif batik yang saya pakai ini. batik Garutan biasanya melambangkan filosofi hidup masyarakat Garut. dimana motif yang saya pakai ini bergambar roda. Dalam Bahasa Sunda disebut gilinding. roda dalam motif ini bukan roda biasa,  melainkan Roda Delman yang menjadi transportasi penting bagi masayarakat disana. keren ya...hanya dari inspirasi roda delman akhirnya bisa jadi motif batik yang khas.

Batik garutan 

eh kok saya bisa tau sih macem-macem varian batik ini. Jadi gini, waktu jalan-jalan ke IG. saya dipetemukan dengan akun IG @beautiq.sea dimana akun tsb kalo saya bilang sih bagaikan jendela Etalase representasi batik dari berbagai daerah di Indonesia. jika kalian berencana memilih batik dan bosan dengan motif yang itu-itu saja di toko batik langganan, coba liat-liat dijendelanya beautiq, dimana setiap produk disana dijual dalam bentuk kain.

Awal batiknya sampai ke rumah saya pikir, saya akan menjadikannya sebuah hijab. eh ternyata sampai di rumah, saya lihat kainnya cukup panjang dan lebar, hingga akhirnya saya jadikan rok. itupun kainnya masih berlebih, bisa loh buat jadi Gamis untuk ukuran badan mungil seperti saya. hehehe..

biasanya beautiq menjual tiap variannya gak banyak, jadi setiap model ga selalu tersedia banyak, jangan kawatir akan menjadi pasaran dimana-mana kan ya. warna pun demikian, dulu yang saya kira warna batik gak banyak pilihan dan itu-itu aja, tapi di beautiq ada warna-warna yang lucu dan unik menurut saya. ada pink, pastel, hitam bahkan putih tulang. jangan kawatir akan mati gaya.

Menurut saya banyaknya variasi warna akan memudahkan kita menyesuaikan dengan baju yang kita kenakan. bahkan untuk dibuat tabrak warna pun lucu seperti yang saya kenakan itu.

harga batik di beautiq di banderol cukup terjangkau. seperti yang saya kenakan jadi rok ini, perhelai kainnya yang sepanjang 2 meter ini di banderol dengan harga Rp.120.000 saja. kainnya lebar banget gini. bahannya kain katun yang adem dan sudah tersedia petunjuk pencuciannya. nih kain batik punya saya menurut petunjuk pencuciannya ga perlu dicuci pake sabun/deterjen. kaya gini nih emak seneng, ga boros sabun, hahaha..

kembali ke batik, menggunakan batik untuk acara casual santai yang tidak resmi memang susah-susah gampang. kadang ga semua motif bagus di mix sama kaos santai atau dandanan casual lain. Tapi untuk motif di beautiq rata-rata mengambil tema motif yang sesuai dengan karakter usia menengah, juga cocok untuk dibuat motif pakaian laki-laki. kalian sudah pernah liat ownernya? belum? sama, saya juga.. hahaha jadi ngapain nanya.

Tapi saya rasa motif-motif yang tersedia di jendela IG-nya beautiq sangat mencerminkan selera ownernya yang masih muda. Etapi, bukan berarti koleksi batik di Beautiq gak cocok sama usia tua ya, melainkan motifnya cocok untuk segala usia termasuk yang muda untuk tampilan casual. Motif-motif di beautiq mudah di mix and match dengan bebagai pasangan dan aksesoris

dengan kehadiran beautiq di beberapa negara dan pasar Indonesia ini, membuat kita sebagai pecinta batik jadi di permudah, dengan tersedianya batik dari berbagai daerah menjadi 1 tempat belanja.. Ada batik jogja, pekalongan, garut, lombok, pokoknya lengkap khas berbagai daerah.

kemarin-kemarin kalau mau belanja batik online, kudu menjelajah beberapa toko online. bahkan ganti-ganti toko sesuai dengan batik motif daerah mana yang cocok sama yang kita cari. Sekarang tinggal meluncur aja ke IGnya beautiq.sea

Yang mau langsung japrian untuk order batik di Beautiq, bisa ke cp di bawah ini ya

Line official account: @beautiq (pakai @)
WA: +62 823 7684 1773

15 comments :

  1. Cieee yg udah bisa OOTD dan pake batik pula. Cieeee hihi

    www.rima-angel.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pake ootd sih sering, tapi entah sukses atau failed,hahaha

      Delete
    2. Huahahaha tergantung dari segi mana orang memandang yee kan. Wkwkwkwk

      Delete
  2. hidup daster batiiiiikkk.. aku juga koleksi batiknya kebanyakan daster :)))

    ReplyDelete
  3. batik emang keren. Gk pernah ketinggalan pda zamannya menjadi khas indo hhi.
    Pengen nyoba juga hunt konsep batik yg angkat tema kearifan lokal hhe

    ReplyDelete
  4. Dr dulu smpw skrg sering g pede make batik. Mungkin krn dulu it modelnya rada kuno ya.. Eh, ak liat di @beautiq bagus2 jg y.. Hmm.. Recomended jg nih mb ruli.. 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Batik sih dr dulu gitu2 aja yak motifnya tergantung kita mensiasati model bajunya ya mba

      Delete
  5. Diantara koleksi baju dirumah, daster batik emang paling banyak :D
    Beda sama almarhumah nenek, isi lemarinya dulu penuh batik lembaran (?) buat dijadikan rok lilit. Coba dulu sempat pantengin bener2 ya, ternyata semua motif ada historinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang daster yang bermotif batik itu pada adem2..

      Delete
  6. Batik sekarang makin bagus dan berkembang ya mba, aya liat Instagram nya ada banyak motif dana warna yang beragam. Apalagi sekarang batik juga ada dengan warna pastel, makin cinta hihihi 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget,gada alasan lagi gak suka batik ya kan..

      Delete
  7. Sama kaya saya banget klo dirumah suka dasteran dan hampir semua daster batik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adem ya mba, motifnya juga longlasting..hehehe model bajunya aja yg ganti2

      Delete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

ruliretno.com | BLOG DESIGN BY Labinastudio