10 Kuliner Enak Seputar Samarinda Kota ala Ojek Online

Assalamualaikum,
Beli makanan dengan delivery ojek online seolah jadi gaya hidup bahkan kebutuhan penting saat ini. Setidaknya bagi saya yang ibu rumah tangga ini. Saat darurat terkait perut, solusi pertama pasti order ojek online.

Kalo buka aplikasi ojek online buat pesan makanan, kita akan kebingungan di sodorin buanyak banget makanan, banyak yang sama jenisnya tapi gak tau mana yang enak. Kadang gambling terus dapet yang gak enak. Nah, daripada gambling, yang lagi di Samarinda boleh baca sharing saya



Ini juga hasil coba berbagai macam depot, sering gagal, sering juga takjub dapat yang maknyus. Tapi berhubung ini ala ojek online, pastinya saya tidak mereview lokasi makannya ya. Hanya dari segi rasa dan harga.

1. Bakso Pradah dan Bakso Malang
Siapa yang gak suka bakso? Makanan rakyat banget. Dari beberapa kali order bakso atau nyoba yang deket rumah, pilihan favorit keluarga jatuh di bakso Pradah dan Bakso Malang, untuk lokasinya searching aja di google map ada.

(ga punya foto karena tiap beli langsung habis dimakan seketika)

Tapi yang paling favorit di Pradah, ya karena rasanya enak dan harga standar Rp.16.000/porsi. kalau di bakso Malang, enak juga tapi harganya donk. Mayan lah.. Hahaha..

2. Java Cafe
Ini favorit banget juga, karena hampir semua menu yang kami pesan belum ada yang failed. Sop buntutnya enak, gak kerasa micin kaya umumnya, dagingnya banyak dan empuk. Pas lah buat anak-anak. Harga standar Rp.35.000
Saya juga suka ayam merconnya, sama iga bakar pedesnya juara mpe bikin saya ingusan, hahaha.. Dan cuma Rp.20.000-35.000.

Ayam mercon java cafe, favorit!

Favorit satu lagi, adalah varian esnya banyak. Tempo hari saya pesan sup buah Rp.13.000 isinya donk takjub saya. Buah-buahan mahal. Hehehe ada anggur, kiwi, Apel, dan rasanya enak. Pokoknya kalo punya banyak mau, disana banyak pilihan dan semua enak. Alamatnya di jalan M.yamin.

3. Sambal Gami Mama Alif
Mau menu khas kaltim sambal gami? Yang paling jos dan laku banget di Mama Alif ini. Lokasinya di jalan rambai itu enak juga buat nongkrong. Disana banyak menu lain, uda kaya foodcourt mini. Untuk favorit saya Gami telur, cuma Rp. 15.000 puedesss mantap dan pas porsinya kenyang. Kalo yang seafood kaya gami cumi atau gami udang, mayan mahal euy dan isinya dikit, ga puas lah menurut saya kecuali belinya 2 porsi. Hahaha..

Gami ceker pete mama alif


4. Bubur Ayam Bandung Alvi
Lokasinya masih sama di tempat sambal gami tadi tapi bukanya cuma pagi doank. Di jalan Rambai ya. Harganya standar, tapi penjualnya royal banget ga pelit, apa aja di tambah-tambah gratis kalo kita request. Mau tambah sayur, tambah kuah, tambah krupuk, di kasih aja di tambahin.

5. Bubble drink 2 daun
Kalo mau nyari bubble drink yang enak kaya share tea gitu, yang seputaran kota ini bisa coba di 2 daun. Lokasinya di mall lembuswana. Paling favorit pastinya taro dengan topping bubble atau toping boba leci, selalu itu yang duluan habis. Selain 2 daun banyak juga minuman bubble lain, tapi yang enak tetep disitu hehehe.. Untuk cup reguler Rp.18.000 yang large 20.000

Untuk minuman, lengkap dari varian tea, milk, sampai yogurt ada. Cuma kalo dateng agak sore atau malam biasanya dah ga lengkap pada habis.

6. Nasi Padang Upik Juanda.
Di samarinda wilayah kota ada beberapa Nasi Padang upik. Dan saya Sudah coba-coba pindah, yang paling favorit dari semua cabang upik yaitu yang di Upik jalan Juanda. Satenya enak, varian lain juga lengkap. Kalo saya bungkus biasanya, nasinya banyak, sambalnya banyak, irisannya mayan gede, rasa rempahnya endeuss pokoknya kenyang mantap.



Harga pun standar, 20-25rb perporsi. Kalau untuk yang makannya gak banyak, itu sebungkus bisa berdua. Tinggal beli nasi 1 dengan 2 lauk. Hihihi. Bungkusan juga rapi ala warung padang, sampai di rumah bikin semangat ngabisin.

--- Nasi goreng/mie goreng?
Skip..karena beberapa nasi goreng yang katanya favorit pun rata-rata masih memakai bumbu saos raja rasa atau angciu dimana saya meragukan kehalalannya. Setiap pesen sama abang ojek, saya bilang kalau ada bumbu yang itu, saya minta punya saya gak usah pake Dan hasilnya rasanya jadi ga enak (setidaknya menurut saya) meski uda gonta ganti tempat nasgornya. Jadi sampai sekarang saya belom ada rekomendasi ya. 

7. Coto Makasar Kadri oening
Menurut saya sekeluarga rasanya enak, meskipun belom seenak Coto yang asli beli di makassar. Tapi Anak saya makannya sampai nambah-nambah tuh. Cuma sayangnya dalam seporsi itu isinya nyaris jerohan semua. Jadi hati-hati banget kolesterol naik ya. Harganya standar Rp.25.000/porsi

8. warung makan mbah no
Menu lokal jawa yaitu nasi campur, nasi pecel. Favorit saya ayam rica-ricanya, pedes mantap. Harganya pun sangat terjangkau Rp. 10-20.000 ada juga sayur sop dan sayur bening. Masakan rumah lah, dan cocok sama lidah jawa saya. Warung ini ada di jalan sawo. 

9. Kedai Sabindo
Ini depot ala Asia gitu. jadi menu-menunya mirip sama indonesia tapi kaya rempah. Ada tomyum, teh tarik, roti canai, kwe tiau dll. Favorit anak saya disini adalah roti tisu keju, yang mirip kaya crepes. Sedangkan menu lainnya ada tom yum, capcay dan jenis-jenisan mie dan nasi goreng.

Roti tisu keju ala kedai sabindo


Di atas tadi saya sebutin kalo nasgor belum ada yang recomended jika tanpa saos raja rasa atau angciu, sedangkan di Sabindo ini kata penjualnya semua bahan halal, tapi yang enak hanya varian tertentu saja. Jadi agak gambling sih milih menu nya. Cobain aja mihun tom yum nya, enak kok.

Porsinya gede, jadi seporsi bisa buat 2 orang sebenarnya. Alamat di jalan letjend suprapto dekat rumah saya. Hehe..

10. Holland Bakery
Kalau tiba-tiba ada tamu padahal dirumah ga ada sajian, saya langsung order ojek online ke holland bakery. Kenapa holland padahal bakery lain banyak. Ya karena holland dah tau pasti rasanya enak, dan sekarang uda Halal MUI. Jadi kalau ongkos ojeknya sama aja mending makan yang halal. Toh harga rotinya juga segitu-gitu aja.

Pas mendadak ada tamu, tinggal order

Favorit saya untuk cemilan anak dan suguhan tamu yang chiffon cake seloyang 50.000-60.000 loyangnya cukup gede jadi lumayan sampe 2-3hari cemilan di rumah. Atau roti mini yang 1 box isi 30 pcs. Enaknya lagi di holland ada kue basah juga, kaya arem-arem, lemper,onde, jadi kalo ada tamu orang tua gitu mending kue basah. Tapi aku sendiri juga suka arem-arem sih, hahaha..kue basahnya Rp.6000/pcs. 

Ealah ujung-ujungnya ke holland bakery juga. Memang holland tidak khas kaltim, tapi sesuai judul ya. Saat kita mau makan apa, saya rekomendasi yang enak. Kebetulan yang enak dan halal disitu. Ada juga bakery lain yang halal, cuma belom ketemu yang enak rotinya.

========
Kalau ada yang mau menambahkan menunya monggo di tambahkan..tapi perlu di beri catatan ya. Bahwa semua makanan yang enak, belum tentu enak ketika di bawa pulang ke rumah.

Karena selama di kemas, belum tentu sama dengan yang di sajikan disana. Bisa jadi malah ada perubahan 'rasa' karena disajikam berbeda. Saya biasanya suka gitu. Ada makanan-makanan tertentu yang gak bisa atau ga enak kalo delivery. Contohnya? Es krim. Hahaha ya iyalah meleleh. Berikutnya, jenis-jenis mie kuah, sampe rumah biasanya benyek, beda dengan bakso yang kuahnya di pisah dan bisa di tuang di rumah. Tapi ini bagi saya loh ya (selera sih) saya juga ga suka beli float delivery, atau jenisan kaya nasi pecel atau apapun yang berkuah-kuah siram, biasanya kalo di kemas bungkusan cita rasanya jadi berkurang.

Nah untuk 10 makanan yang saya tulis di atas, alhamdulillah sudah melalui uji bungkus (apaan sih uji bungkus, hahaha) yang artinya tetep enak dan menarik dimakan meski sudah di bungkusin.

Jadi ini dulu rekomendasi kuliner enak seputar Samarinda kota ala ojek online. Dari cemilan, main dish sampai dessert uda ada kesebut. Semoga bermanfaat untuk yang sedang berada di Samarinda baik untuk dinas sebentar ataupun menetap. See ya..

16 comments :

  1. Enaknya kuliner Samarinda ini! Nyemeeenn!

    ReplyDelete
  2. Wah banyak juga rekomendasinya yaa. Aku kalau bakso paling malas beli bungkus. Rasanya pasti berubah soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya penampakanny Bed Soalnya. Hehe.. Tapi kalo bakso disini sdh teruji bungkusnya wkwkwk

      Delete
  3. Tolong itu kenapa Gamis cekernya kayak manggil saya buat makan.hihi..

    ReplyDelete
  4. Cieee yg di Samarinda, sekaranf kulinernya samarinda dah bukan bjm lagi. Hihi

    Itu ceker jadi pengen pesan, untung di bjm ada ceker setan yg enak juga. Hihi

    www.rima-angel.com

    ReplyDelete
  5. Dulu pernah diceritain temen katanya disamarinda it mahal2 kulinernya.. Hmm.. Baca ini kyknya ga semua yg enak it mahal ya disana.. Jd pengen jalan2 kesana deh.. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kurang lebih aja sama banjar mba

      Delete
  6. Wuahhh..di Samarinda juga ada Coto Makassar yaa. Saya pernah cobanya Coto Makassar yang di Balikpapan. Lucu euy, seporsi itu udah termasuk ketupat dan es teh sepuasnya. Hahahhaha

    ReplyDelete
  7. justru sambalnya yang bikin tertarik, eh sama kedai sabinda kayaknya tempat yang asyik buat nongkrong

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

ruliretno.com | BLOG DESIGN BY Labinastudio