Hangatnya Cinta Ibu, Hangatnya Transpulmin

Tidak ada yang lebih mengkhawatirkan bagi seorang ibu selain melihat anaknya sakit. Sakit apapun itu, meski hanya demam sekalipun, meski hanya luka gores kecil pun. Hanya Para ibu yang mengerti gejolak perasaan ini. Sepakat? 

Hati ibu itu rapuh, bila sudah menyangkut anak. Lebay, sensitif, paranoid, dan sebutan apapun, kenyataannya demikian.

Seperti ketika kemarin anak saya masuk RS karena Diare, di iringi dengan memuntahkan apapun yang masuk ke mulutnya, dan BABnya cair seperti BAK. Demam naik turun dan berujung dehidrasi. Sedih banget pas liat anak lapar, dengan bersemangat ia makan lalu dimuntahkan tidak sampai 5 menit, begitu saja berulang. Bahkan diberi obat antimuntah pun dimuntahkan. Akhirnya opname.

Khawatirnya rasanya luar biasa, paniknya uda lebih panik daripada saat saya melahirkannya dulu. Melihatnya lemas, takut kehabisan cairan dan terlambat. Dia dilarikan ke RS pukul 04.00 dinihari.

Di ruang rawat inap ini, saya berlepas diri pada dokter yang lebih tau apa yang terbaik untuk anak saya, berlepas diri kepada Allah yang Maha Menyembuhkan. S peluk dan kubelai, masih saja dia merintih perutnya mulas dan minta infusnya di lepas. Karena ini pertama kalinya tubuhnya ditusuk jarum, apalagi tadi juga diambil darahnya cukup banyak untuk cek lab. Pasti jarum ini sangat nyeri dirasanya. Sedihnya, karena kejadian ini terjadi tepat di hari ulang tahunnya yang ketiga.

Menyadari pelukan saya ternyata belum cukup membuatnya lebih tenang, saya keluarkan transpulmin family balsam dari dalam dompet. Kemasannya yang sangat imut memudahkan saya terus membawanya di dalam dompet kemana saja. 

Perlahan, sambil mengusap transpulmin di dadanya, di perutnya yang katanya juga mules, di punggung juga. Saya usap sambil saya peluk dan terus mengatakan semua akan baik-baik saja dan saya sangat menyayanginya, saya bilang akan terus disini di sampingnya, lalu perlahan-lahan tangisnya berkurang. Mas Qowiy akhirnya tertidur dan obat yang di masukkan di infusnya bisa bekerja baik. Meski masih beberapa kali bangun karena diare, Mas Qowiy tidur cukup nyenyak hingga pagi.

Mas Qowiy bisa tidur pulas dan rileks

Transpulmin yang sejak dulu dikenal untuk melegakan pernafasan, berguna sekali dikeluargaku karena saya memakainya bukan hanya saat flu tapi untuk berbagai suasana. Karena isinya yang komplit, yaitu:

  • Chamomile : sebagai anti inflamasi dan memberi efek relaksasi
  • Eucalyptol : meringankan gangguan pernafasan dan menghangatkan badan
  • Menthol : meringankan gejala pilek atau gangguan pernafasan lainnya. 
  • Camphor. : menghangatkan badan
  • Sage oil : memberikan efek aromatheraphy dan menenangkan. 

Selain untuk kondisi batuk pilek dan perut kembung, seringkali juga saya gunakan untuk efek menenangkan. Tak heran, qowiy pun tidak pernah menolak kapan Saya berikan transpulmin.

Sehangat pelukan saya sebagai Mamanya, saya juga memberikan transpulmin untuk baby Qodhi bungsu yang masih berusia 16 bulan. Musim pancaroba begini, daya tahan tubuhnya mulai lemah, bersin dan agak rewel. Karena takut bisa tertular diare kakaknya maka aku jaga kondisinya agar selalu fit. Jadi saya juga menggunakan Transpulmin untuk Qodhi, namun yang kugunakan adalah Transpulmin BB balsam yang memang khusus untuk anak di bawah usia 2 tahun.

Bedanya apa? Yaitu tidak mengandung Champor dan Menthol karena tidak sesuai dengan kulit bayi yang masih sensitif. Jadi mencegah bayi influenza dan bisa tidur nyenyak tanpa khawatir kulitnya iritasi dengan balsam ini. 

Alhamdulillah dengan situasi kamar rawat rumah sakit yang tenang dan kondisi tidurnya yang dibuat senyaman mungkin, penyembuhan Mas Qowiy jadi lebih cepat. Cukup semalam saja, dehidrasinya hilang dan Mas Qowiy sudah boleh pulang. bahagianya anak boleh lepas infus itu rasanya gimana ya, seneng banget lah ya meski belum sembuh total. semua ibu pasti gak akan tega liat anaknya di infus. kami pun segera pulang dengan antusias. 

dan, sampai di rumah. yap, Ibu tetaplah Ibu dengan seabrek tugas telah siap menanti. tak apa, rasanya tidak ada tugas yang lebih berat ketimbang melihat anak sakit, iya kan.

Tapi sebelum bertempur dengan seabrek kerjaan tadi, saya memilih melipir dulu ke dapur. menyiapkan semangkuk air panas, dan ya.. Transpulmin balsam saya keluarkan lagi, saya aduk-aduk bersama air panas tadi untuk saya hirup uapnya. ah...rasanya lega, tenang, rileks banget. Rasanya nyaman untuk tubuh saya yang agak drop dan khawatir mudah terserang flu.

Me Time yang bikin rileks 

Saya lakukan berulang-ulang sambil nyeruput secangkir teh hangat dan selembar roti tawar sisa di RS. oke, saya siap laksakan tugas negara saya sebagai Ibu tangguh pemberi kehangatan seluruh keluarga.



66 comments :

  1. balsemnya bentuknya kayak salep yak. aku belum pernah coba nih balsem transpulmin

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah mas Qowiy sudah baikan ya. Transpulmin memang bisa diandalkan mbak

    ReplyDelete
  3. Daku pake balsam ini sejak anak pertama. Sangat membantu sekali si mungil ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah bener mba, kesayangan banget ini. Anak-anak sampe hapal

      Delete
  4. Sehat sehat terus ya Nak.
    Transpulminnya mantap juga kerjanya ya?

    ReplyDelete
  5. Jadi inget waktu krucils msh pada baby...
    Familiar bgt sm transpulmin

    ReplyDelete
  6. Jadi pengen nyobain transpulmin juga nih mba, pasti si bungsu suka nih anget2nya..

    ReplyDelete
  7. aku jg nyetock ini mba dirumah 😁 hangatnya sampe ke anak 👍

    ReplyDelete
  8. Hangat dan aman, ya. Semoga segera sehat lagi, ya. :)

    ReplyDelete
  9. Alhamdulilah udah sembuh ya kakak Qowiy,sehat terus yaa. Pengen cari ini buat stok bikin penghangat badan dan ruangan kala dlu melanda

    ReplyDelete
  10. Huuuu aku gak tegaaaa 😭😭
    Inget Ibu yang perhatian banget pasnaku lagi demam. Padahal demam biasa
    Kalo Ibu yang sakit,duh apalah aku atuh, banyak dosaaaa, perhatianku gak sebanding

    Salut bener sama ibu2 semuanyaaaaa
    Rasa khawatir dan perhatiannya itu gak tau bagaimana cara membalasnya

    Semoga si adek lekas diberi kesehatan selalu yaaa

    Ooh ternyata bisa dihirup juga yaaa... Kayaknya yang ini recommended deh
    Beli aaaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasa khawatir ibu bikin kita melakukan segala cara ya mba agar anak nyaman

      Delete
  11. Balsamnya imut banget. Sepertinya aku akan beralih ke Transpulmin juga nih. Enak bawanya buat traveling.
    Semoga anaknya Mbak Ruli segera diberi kesehatan ya. aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Uda sembuh alhamdulillah.. Yuk nyetok buat dibawa kemana2

      Delete
  12. emang paling sedih kalau liat anak sakit ya mbak. lah aku liat ponakan sakit aja ikutan was-was, apalagi ibunya.

    itu kemasan Transpulminnya imut banget ya, praktis dibawa kemana-mana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungil banget mba kemasannya. Jd di masukin dompet pun bisa

      Delete
  13. Jadi transpulmin ini baik untuk anak kecil ya mba? Kayanya boleh juga nih buat ponakan yg pernafasannya kurang lancar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pake kalo lagi berasa ga sehat atau buat moodbooster jg

      Delete
  14. Betul gak tega. Karena anak balita biasanya kurang mampu mengungkapkan apa yg dirasanya melalui kata2 sehingga menangis adalah cara utama mereka. Sedih ya.
    Well, balsem transpulmin bisa menjadi alternatif di rumah selain minyak angin, minyak kayu putih, dsb nya ya yg telah lbh dulu eksis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, apalagi transpulmin komposisinya lebih lengkap dan lebih efektif utk keluhan anak

      Delete
  15. Kirain transpulmin tuh salep apa gitu. Ternyata balsem ya. Kayaknya harus stock nih buat persiapan baby. Di Banjarmasin agak susah cari balsem baby. Harus beli online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kayanya ada di apotik2 biasa mba. Dan mungil, jd kita bs siap kpn aja di dompet

      Delete
  16. Pelukan ibu itu memang tak ada dua nya deh. Hihi
    Btw, produk ini masih agak susah di cari di kota aku mbak Ruli :(

    www.rima-angel.com

    ReplyDelete
  17. Duh terharu bacanya, jadi inget ibuk T.T bisa multifungsi dan praktis juga ya ni transpulmin, semoga keluarga Mba Retno selalu sehat yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Terimakasih. Doa yg sama juga buatmu yaa

      Delete
  18. Nanti mau coba nyari ah,sedia dirumah takut kalau2 anak flu dan batuk lagi.walaupun naudzubillah tp tdk ada salahnya sedia payung sebelum hujan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mending nyetok, drpd keburu sakit yg ada bawaannya panik aja. Hehehe

      Delete
  19. Semoga cepat sembuh dan tak terulang lg y sakitnya..kayaknya transpulmin ini bagus ya.. Aku mau coba ah kapan2 beli.. :)

    ReplyDelete
  20. Anak2ku sejak kecil aku olesin transpulmin kalau lagi kena flu, lumayan menyamankan hidung juga, tapi gak panas yg gmn2 gtu :D

    ReplyDelete
  21. Belum pernah coba ni mbak yg namanya transpulmin. Bagus distok d rumah ya sepertinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Musim penghujan byk org flu, sepertinya pas buat simpen transpulmin

      Delete
  22. Produk baru yah Mbak, transpulmin ini? Sepertinya aku mau nyoba deh, apalagi bisa dihirup gitu, aroma nya pasti menenangkan yah?

    Kalau anak sakit, pasti sedih banget. Keponakan aku sakit aja, aku merasa bisa ngerasain sakitnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak baru juga kok mba, ini sdh banyak fans beratnya langganan pake ini :)

      Delete
  23. Setiap ibu, pasti baper kalau liat anaknya sakit. Pengennya meluuuk terus, untuk menenangkan anak dan meyakinkan buah hati jika kita selalu ada di sampingnya.

    Transpulmin berjasa untuk meredakan flu ya...harus punya stoknya di rumah,nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan cuma flu kalo di rmh saya buat kembung juga, rewel2 lain jg spy tidur nyenyak

      Delete
  24. Ngeliat anak sakit itu rasanya sedih ya. Campur aduk. Kadang ingin seorang ibu itu berfikir, lebih baik dia yang sakit daripada anaknya. Untung ada transpulmin ya.
    Oh ya ini produk baru ya, aq baru tahu.nanti aku rekomendasikan ke keluargaku kalau anaknya sakit.

    ReplyDelete
  25. Super mom banget sih mbak huhu aku siap nggak yaaa jadi ibu. BTW ini bisa untuk dewasakah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, sy juga pake buat di hirup uapnya biasanya

      Delete
  26. wah menarik banget mbak informasinya, aku pernah lihat ini kirain kayak salep otot gitu, ternyata bukan wkaakakakak katro banget deh aku.

    ternyata untuk flu dan jg bisa ufungsi yang lain ya.. mau lah kapan kapan ke apotik beli jg, mau coba satu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja yg family balsam mba. Jgn sampe kebeli yg baby balsam. Wkwkwk

      Delete
  27. Oh jdi beda ya transpulmin buat anak dbawah 2thn sm diatas 2 thn, karna kulitnya masih sensitif ya kalo batita. Semoga selalu sehat mba putra-putranya, untuk menjaga dya than tubuh anak2 berarti memang hrus sedia transpulmin drumah.

    ReplyDelete
  28. Sayang nya produk ini agak susah di cari di sini mba 😭, eh tapi lucu ya bentuk nya kaya salep gitu hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kaya salep kecil mungil. Mgkn bs beli online ya

      Delete
  29. Oiya saya pernah make transpulmin ini waktu si kecil sekali kalinya. Lumayan sih.. Tapi emang agak mahal ya.

    ReplyDelete
  30. Iyaa.. Banyak yang make transpulmin yaa..
    Aku malah belum pernah make, mba.

    Kayanya mesti sedia di rumah yaa.. Biar gak dikit-dikit sakit, minum obat..
    Fyuuh~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku memang sebisa mgkn menggunakan yg lain selain obat. Kecuali dah semua ga mempan baru deh minum obat

      Delete
  31. Mas Qowiy nya lucu banget sih. Gemay deh. Semoga sehat selalu anak ganteng. Salepnya mantep ya, bisa buat relaksasi. Penting banget nih kalo lagi pusing.

    ReplyDelete
  32. Ya Allah Qowiy, sehat terus ya Nak. Salepnya ini enak buat relaksasi ya. Coba ah nanti buat Alma.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Terimakasih ya.. Doa yg sama buat alma

      Delete
  33. Duh, nggak tega kalau lihat anak kecil sakit :( Semoga senantiasa diberi kesehatan ya, Mbak.

    Transpulmin sepertinya cocok nih buat aku yang nggak doyan obat telan. Lumayan kalau bisa menangkal masuk angin. Makasih infonya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mba buat masuk angin karena sy Jug pake. Hehe

      Delete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

ruliretno.com | BLOG DESIGN BY Labinastudio