Tips Mudik Nyaman Naik Pesawat

June 16, 2017
Assalamu'alaikum
Ada yang sudah siap mudik? Pasti berburu tiketnya udah jauh-jauh hari ya. Saya yang tinggal di kalimantan ini, pastinya kalau mau ke ibukota kudu apa-apa juga naik pesawat. Mau menyapa donk yang mudiknya naik pesawat juga. Mana suaranya..

Yak... Kadang naik pesawat tu meski kadang bikin jetlag, kadang mahal, kadang boring dengan delay, tapi harus di akui bahwa naik pesawat bikin kita hemat banyak sekali waktu, hemat banyak tenaga, dan hemat uang kalau ketemu tiket promo, hahaha.. Beberapa kolega saya malah sering menemukan bahwa harga naik pesawat lebih murah daripada naik kereta untuk rute-rute tertentu. Ah beruntungnya.. 

Segala ketidaknyamanan kalian saat naik pesawat itu bisa di hilangin loh gaes. Kalau kalian tau tips nyaman-nya naik pesawat. Ya... Saya menemukan tips-tips ini juga berbekal pengalaman yang kemana-mana kudu naik pesawat. Pada akhirnya sekarang saya bisa enjoy kemana pun rutenya.

Lagipula, sejak saya ikutan di komunitas #SobatAviasi saya terhubung dengan medsos Dirjen Perhubungan Udara. Disitu banyak dapat info seputar perjalan udara yang bisa saya rangkum di tulisan ini. #SobatAviasi adalah sebuah komunitas yang dibuat oleh Dirjen Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan. 

Oke berikut saya sharing ya pengalaman saya di tambah info-info akurat dari Dirjen Perhubungan Udara ya. 

Persiapan sebelum berangkat

1. Kode Booking Tiket
Berbentuk print out / menunjukkan HP persiapkan sejak dari rumah. Karena ini akan di periksa sejak awal masuk ruang cek in

2. Cek In Online
Cek in online berguna kalau kita tergesa-gesa menuju airport setidaknya nama kita sudah terdaftar. Apalagi kalau ga ada bagasi, bisa lebih cepat masuk ruang tunggu. Cek in online bisa di lakukan maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

3. ID card/Paspor
Semua penerbangan pasti meminta ID card. Atau bila penerbangan antar negara pasti meminta paspor. Maka siapkan KTP/SIM yang masih berlaku dan taroh di tempat yang gampang di ambil. 


4. Buku / Playlist Favorit
Kita pasti datang lebih awal ke bandara. Rasa boring bisa datang kapan saja. Jadi pastikan barang-barang yang bisa menghibur anda untuk selalu di bawa ya.


5. Power Bank
Di bandara memang ada corner untuk charger. Tapi tidak semua bisa kita pakai, siapa tau lagi di pake orang. Untuk kenyamanan, tentu lebih baik bawa sendiri dan penuhi daya-nya. Pastikan gadget kita selalu full energi selama perjalanan hingga tiba di tujuan. 


6. Sunglasses
Bawalah kacamata item, biru, atau apapun warnanya untuk kenyamanan. Nutupin silaunya matahari atau Setidaknya kalo kalian tidur bisa buat nutupin muka. Kalau kalian sedih bakal berpisah dengan seseorang di bandara gak keliatan kalo mata sembab. Dan pastinya, mudik harus keliatan keren dan stylist. Kalau gak biasa pake kacamata hitam, ya sudahlah taroh aja di atas kepala yang penting trendy, hahaha.. 

Nah persiapan sebelum keberangkatan oke, sekarang waktunya ngebahas apa saja yang tidak boleh kalian lakukan. Jika yang ini kalian langgar sudah pasti penerbangan kalian tidak nyaman.

Dok pribadi
Semua aturan di bandara pastinya ada UU-nya. Jadi patuhilah demi kenyamanan kalian juga. Jika kalian main-main, bisa kebablasan jadi masalah pidana loh ntar.

Untuk poin pertama cukup jelas ya, segala hal yang membahayakan keselamatan orang lain bakal jadi masalah besar karena keselamatan dan keamanan memang harus ketat di Bandara.

Jangan bercanda tentang bom. Itu juga bisa membuat heboh satu bandara bahkan menggangu jadwal penerbangan. Ruginya kalian juga.

Source @DJPU151
Ketiga, jangan menerima barang titipan dari orang asing. Apapun alasannya, daripada kalian yang tidak nyaman mending kalian fokus menjaga barang kalian saja. Jangan ambil resiko!

Jangan memakai perhiasan berlebihan. Agar tidak mengundang kejahatan untuk kalian sendiri. Mending perhiasannya bawa seperlunya saja atau simpan di koper. Kadang perhiasan berbahan logam-logam juga menyulitkan kita di pintu pemeriksaan loh. Coba simak tips di bawah ini.

Source : @DJPU151
Persiapan keberangkatan Oke, sekarang saya share :

tips kenyamanan dan keselamatan selama Penerbangan.

Dok. Pribadi

1. Berdoa itu pasti dimana pun berada, biasanya kantong kursi depan anda ada flyer berisi doa-doa sesuai agama yang ada di Indonesia tinggal di baca. Insyaallah hati tenang kalo sudah berdoa.

2. Semua pernerbangan pasti meminta dimatikan hp. Karena signal hp dapat mengganggu penerbangan dan membahayakan keselamatan. Plis, jangan bandel daripada nyawa taruhannya.

3. Cermati petunjuk keselamatan yang di terangkan oleh pramugari pesawat. Jangan gagal fokus melihat kecantikan para pramugari loh ya, penting banget tuh belajar tata cara keselamatan dan tau pasti dimana pintu darurat.

4. Ke toilet, pastikan anda beranjak dari kursi anda di waktu yang telah di ijinkan melepas sabuk pengaman. Jangan pas lepas landas atau pas mau mendarat. Itu bisa membahayakan kita sendiri. Ingat ya..

5. Jangan Cemas, semua akan baik-baik saja. Yakinlah bahwa Tuhan selalu melindungi kita dimana pun kita berada. Simak tips anti cemas dari saya dibawah ini nanti.

6. Nikmati Fasilitas pesawat, adalah cara membuat penerbangan makin nyaman. Kalau pesawat anda memiliki layar tv di kursi depan, silakan di nikmati. Nonton film, dengerin musik, bahkan murrotal al-quran pun ada. Kalo ada makanan, ya makanlah. Bahkan kalau mau belanja pun bisa. Nikmatilah penerbangan.

7. Jangan Minta turun di tengah jalan. Ya iyalah, ini pesawat, bukan angkot. Ga mungkin kalo kita ga nyaman trus bilang "kiri, pak pilot!" hehehe..  Ada yang pernah kaya gitu? Plis.. Dibikin nyaman aja ya.

Tahun ini arus mudik diperkirakan oleh Dirjen Perhubungan Udara akan sebanyak 5.4 juta penumpang. Jadi, buatlah penerbangan mudik kita senyaman mungkin gaes. Jangan kawatir mengenai keamanan pesawat yang kita tumpangi. Direktorat Bandar Udara sudah memiliki objek monitoring lengkap untuk mudik 2017.
Source : @DJPU151
Jika kalian masih juga merasa cemas dengan info dan tips di atas. Nah kali ini saya info tips anti cemas juga ya.

Dok. Pribadi

Tips Anti Cemas

Berdoa memang tips paling ampuh mengatasi kecemasan. Di tunjang dengan tubuh sehat dan fit. Pasang mindset happy, berangkat happy, pulang juga happy. Bertemu keluarga besar dan lebaran happy. Itu ampuh juga mengurangi kecemasan.

Ngobrol dengan penumpang lain juga bikin rileks, ya kali yang single bisa dapat kenalan baru. Yang sudah punya pasangan bisa nambah relasi baru. Jadi lebih fun perjalanan.

Keluarin juga hiburan favorit baik itu buku/mp3 yang sudah kita siapkan dari rumah tadi. Kepake banget itu selama perjalanan jauh. Dan tips anti cemas terakhir adalah tidur, gak kerasa tau-tau dah nyampe aja. Legaaaa gitu.

Nah #SobatAviasi, dari semua tips yang saya share, tunggu apalagi. Yuk pilih jalur mudik naik pesawat. InsyaAllah selamat, aman dan Nyaman saat Terbang Kembali dengan transportasi udara.

Belom dapat tiket? Jangan kawatir, tahun ini penerbangan domestik banyak menambah extra flight. Ni daftar maskapainya

Sumber DJPU151
Buat yang masih punya waktu sebelum mudik, mau buat Vlog tentang penerbangan yang nyaman. Nih Dirjen Perhubungan Udara lagi bikin lomba vlog dengan hadiah kece banget. Info lengkapnya klik di Selamanya.id

Mau liat Vlog saya? Nonton aja di bawah ini. Kali bisa nambah ide Vlog kalian.





14 comments:

  1. Bermanfaat banget nih tips anti cemasnya, mba. Tapi mudik dengan pesawat memang bisa jadi pilihan agar tak terjebak macet. Terima kasih sudah berbagi mba :)

    ReplyDelete
  2. Harus tetep narsis sebelum brgkt ya mbak ya :D

    ReplyDelete
  3. (((Jangan minta turun tengah jalan))) atuhlah, ahhahaha.

    tambahan teh, kalau misalnya memilih maskapai yang menyediakan layanan tambahan untuk musik dan nonton, sebaiknya menggunakan earphone sendiri. Bawaan atau yang ditawarkan sama maskapai biasanya ga bagus.

    ReplyDelete
  4. Saya ngerasain Mudik hanya pada saat kuliah Mba, itu pun mudiknya pake kapal laut. Seandainya dulu udah ada pesawat mungkin sy akan mudik pake pesawat

    ReplyDelete
  5. Tips nya berguna banget mbaaak, terutama yg jangan minta turun di tengah jalan, wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Lengkap banget Mbak tipsnya..
    Btw aku belum pernah pake sunglases, maklum udah biasa bersilau-silau ria saat cuci piring :D
    *mbokmbokndeso

    ReplyDelete
  7. Tips anti cemasnya, cocok banget...memang lebih baik banyak berdoa, terus tidur aja deh..biar tau-tau udah nyampe :)

    ReplyDelete
  8. Makasih tips-tipsnya, mb.noted banget ini

    ReplyDelete
  9. Kalau bisa terbang, aku mau da bilang bang kiri bang, aku mau turun di tengah jalan hehehe

    ReplyDelete
  10. Pertama kali terbang pake pesawat emang bawaan cemas. Alhamdulillah sekarang udah enggak hehe

    ReplyDelete
  11. Wah ke kalimantan lumayan jauh yaah, kalo aku plng sbl kalo ada yg main hp di pesawat

    ReplyDelete
  12. Serem amat minta turun tengah jalan. Hahahah. Kalau takut, doa aja yaa

    ReplyDelete
  13. Anakku waktu kecil masa bilang gini pas kamu udah mau naik pesawat, "Mah, kalau pesawatnya jatuh gimana?" Wkwkwkwkk langsung stress. Btw kalau bawa peniti seperlunya aja. Aku bawa 1 pak, penitinya diambil semua sama petugas bandara ngurah rai heheee

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

Powered by Blogger.