Tips memilih Nutrisi Kehamilan yang menyenangkan bagi Bunda

Menjadi orang tua adalah karir yang paling diimpikan bagi semua pasangan suami istri di dunia. Dan karir tersebut di mulai saat Bunda di nyatakan positif hamil. Hanya saja, karir ini sangat menuntut kesempurnaan di tengah ketidak sempurnaan kita sebagai manusia. Kesalahan saat kehamilan akan menjadi fatal bagi janin dan masa depan anak kelak. Tidak ada sekolah untuk menjadi oang tua terbaik, tapi kita bisa kok mengusahakan yang terbaik untuk buah hati kita.

Bunda sedang hamil? Selamat ya bunda atas anugerah besar yang bunda dapatkan. Nah berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih nutrisi terbaik selama kehamilan Bunda, beserta beragam alasan ilmiah yang menyertainya. Tentunya memilih nutrisi tidak hanya memikirkan manfaatnya melainkan juga menyenangkan bagi Bunda sendiri yang menjalani kehamilan. Tapi sebelumnya coba kita ulik dulu, nutrisi itu apasih sebelumnya.

“Nutrisi atau gizi adalah substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan” (WIKIPEDIA)




Apakah Nutrisi kehamilan hanya berupa makanan? tidak selalu loh Bunda. Jadi pada intinya kebutuhan Nutrisi yang tepat untuk Ibu hamil itu adalah segala sesuatu yag membuat Ibu Hamil sehat dan janin tumbuh sempurna. Bila di kategorikan ada 2 hal :
  •  Nutrisi Fisik
  •  Nutrisi jiwa

# NUTRISI FISIK #

Sudah jelas ya bahwa nutrisi fisik ini salah satu hal utama yang membuat ibu dan janin sehat. Ya, makanan adalah salah satunya. Selain Makanan, tentu saja ada suplemen kehamilan seperti multivitamin dan susu ibu hamil. 

Untuk suplemen pelengkap, tentu saja biasanya hanya tenaga medis yang bisa memberikan resep seperti bidan atau dokter kandungan. Sedangkan untuk makanan dan susu hamil, kita bisa memilihnya sendiri dan tentu saja Bunda bisa memilih yang menyenangkan untuk Bunda.

Untuk memilih makanan dan Susu Hamil terbaik perhatikan hal-hal berikut ya,
1 . Bergizi
ini adalah hal yang utama. Bunda tidak mungkin mengabaikan hal ini karena saat ini bunda selain memikirkan kesehatan sendiri juga menanggung kesehatan calon anak Bunda yang harus terlahir sehat dan sempurna. 

Gizi atau nutrisi adalah satu-satunya cara janin bunda mendapatkan asupan terbaik untuk awal kehidupannya. Nutrisi yang terbaik menjamin organ tubuh janin sehat sempurna, bunda sehat hingga melahirkan tanpa kehilangan nutrisi untuk tubuh Bunda sendiri.

Jika itu makanan, maka pastikan Makanan Bunda mengandung 3 zat penting ini.

1. Asam Folat. Bagi Bunda Asam folat adalah untuk mencegah Bunda terkena anemia, ibu hamil juga rentan terkena pre-eklamsia dan asam folat bisa membantu menghindari gejala tsb. Gejala inilah yang banyak membuat ibu hamil mengalami kematian setelah melahirkan. Sedangkan untuk janin, manfaat asam folat berfungsi besar untuk pembentukan sumsum tulang belakang juga tabung otak janin. Manfaat lainnya, asam folat mengurangi resiko bayi lahir dengan tidak sempurna (cacat) baik tulang belakang maupun bagian otaknya. Selain itu juga mencegah janin mengalami bibir sumbing dan down syindrome.
2. Multivitamin. Yaitu vitamin A, B komplek, C dan D. Semuanya berfungsi untuk penyerapan semua gizi yang masuk termasuk penyerapan zat besi, kalsium, pembentukan sistem jantung dan tulang.
3. Kalsium, Bunda membutuhkan kalsium yang sangat besar saat hamil. Tentu saja bagi janin, kalsium berguna untuk pembentukan tulangnya. Sedangkan bagi ibu hamil, kalsium diperlukan untuk membuat tubuh ibu kuat menyandang beratnya janin didalam kandungan hingga waktunya dilahirkan. Jika kekurangan kalsium, maka janin akan mengambil banyak kalsium dalam tubuh ibu hamil sehingga di kemudian hari Bunda menjadi mudah mengalami osteoporosis. Karena itu biasanya dokter kandungan memberikan suplemen kalsium juga untuk Ibu hamil.

Tapi sayangnya tidak semua ibu hamil mengalami trimester pertama dengan mulus. Banyak wanita mengalami hyper emesis bahkan kadang sampai membahayakan kondisi janin karena sangat kekurangan nutrisi. Banyak juga yang akhirnya kehilangan berat badan di masa awal kehamilan.

Atau, Bunda di hadapkan pada kondisi ngidam dan perubahan hormonal yang mempengaruhi selera makan. Disinilah susu hamil sangat di perlukan. Pastikan bunda memilih Susu Hamil yang terbaik untuk Bunda. Fungsi susu hamil dalam hal gizi adalah Membantu memenuhi sumber nutrisi yang tidak tercukupi hanya melalui makanan.


2 . Enak
Tidak di pungkiri perubahan hormonal saat hamil, membuat selera makan bunda berubah. Apalagi jika mengalami masa kehamilan yang berat dengan adanya emesis. Maka sudah seharusnya ketika memilih makanan, selain bergizi pastikan rasanya juga enak. Agar bunda bisa makan lahap dan banyak.

Jika bunda tidak banyak menemukan makanan yang menaikkan selera makan bunda, maka pastikan Bunda memilih susu yang enak. Sehingga jika mood makan harus naik turun, atau jika makanan harus bolak balik di muntahkan maka masih ada susu yang support nutrisi bunda dan membuat mood bunda membaik dengan rasanya yang enak.

3 . Mudah Di dapat
Bunda tentu saja kadang memiliki selera makan yang membuat Bunda bersemangat makan. Tapi kadang sesuatu yang mengundang selera, terutama saat mual muntah belum tentu mudah di dapat ya. Biasanya sih calon ayah akan dengan senang memenuhi keinginan bunda ya. Dan kadang bisa dapat bisa engga, bunda pun kadang mau makan alternatif lain atau ada juga yang tetap memilih menunggu makanan idamannya.

Hal seperti ini lumrah terjadi, tapi kadang makanan yang bunda nantikan pun belum tentu memenuhi kebutuhan nutrisi bunda ya. Jadi jika bunda galau akan hal ini, sebaiknya kembali ke poin 1 ya, bunda sebaiknya mengusahakan agar yang bunda inginkan sesuai juga dengan kebutuhan nutrisi bunda dan janin tapi mudah didapat juga sehingga Bunda bisa makan enak dan bernutrisi cukup lebih sering lagi.

Begitupun dengan pemilihan susu hamil, pilihlah susu yang bukan hanya rasa yang enak dan bergizi cukup. Tapi juga yang mudah di dapat, sehingga bunda dapat menikmati dengan tenang tanpa harus takut kehabisan dan sulit mendapatkannya lagi. Baiknya bunda memilih susu yang dimanapun bunda membelinya akan tersedia, baik di minimarket, kios dekat rumah, atau pasar rakyat sekalipun. Pilih juga susu dengan Harga terjangkau, sehingga saat tanggal tua pun bunda tetap minum susu. Lagipula, harga ekonomis akan membuat bunda bisa menabun lebih banyak untuk persiapan kelahiran si kceil. Pastikan konsumsi susu hamil ini tidak terputus ya bunda hingga bayi terlahir sehat dan sempurna.


Nah itu tadi beberapa kriteria jika Bunda ingin memenuhi kebutuhan nutrisi terbaik bunda secara fisik selama kehamilan. Semakin awal bunda mengetahui bunda sedang hamil itu akan lebih baik, karena akan semakin awal pula bunda dapat memenuhi kebutuhan fisik untuk bunda dan janin. Memastikan keduanya tidak kekurangan nutrisi hingga waktunya melahirkan nanti.

Biasanya bunda yang mengalami emesis baru bisa makan enak di trimester kedua, tapi pastikan asupan susu hamil tidak terputus jika bunda sudah bisa makan banyak ya. Karena di trimester kedua, janin sudah membesar dan bunda pun membutuhkan Nutrisi fisik lebih banyak lagi.


# NUTRISI JIWA #


Kata siapa kehamilan sehat sempurna hanya faktor nutrisi pada makanan saja. Mensana in corpore sano. Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Tubuh yang sehat akan membuat jiwa sehat, tubuh akan sehat jika kita bahagia. Terutama pada ibu hamil, kebahagiaan itu sangat di perlukan agar proses kehamilan yang terasa berat menjadi terasa enjoy dan santai.

Ada 4 hal yang menunjang Ibu hamil menjadi enjoy dan merasa bahagia
1.Tidak ada tekanan  
     Pastikan ibu hamil tidak mendapat tekanan yang membuat Bunda menjadi stres, kurangi hal-hal yang mengganggu pikiran dan menyita waktu bunda. Jikapun bunda hamil sambil bekerja, maka pastikan bunda tidak megambil beban tugas yang berlebihan, menghindari lembur dan manajemen waktu yang lebih baik antara pekerjaan dan waktu istrahat.

2.Dukungan keluarga
Dalam hal ini dukungan suami, orang tua, mertua, dan anak-anak jika ini bukan kehamilan pertama. Bentuk dukungan bermacam-macam, bisa berupa perhatian, pendampingan dan pemenuhan segala kebutuhan Bunda.

Bentuk perhatian paling sederhana adalah dengan memberikan bunda pijatan ringan saat bunda lelah dengan aktivitas harian, mendengarkan keluh kesah bunda dalam menjalani proses kehamilan yang berat, termasuk juga membelikan bunda susu untuk ibu hamil. 

Kadang bunda yang terlalu banyak mual muntah sudah gak mikirin lagi mau minum susu hamil apa, ayah bisa bantu memilihkan bunda susu hamil terbaik yang memenuhi kriteria nutrisi fisik di atas tadi. 

 Tanpa ayah sadari, mood Bunda akan sangat baik pada perhatian-perhatian kecil yang ayah berikan. Bahkan rutin membuatkan bunda susu hamil setiap pagi dan malam pun itu akan sangat berarti bagi bunda. Hormon pemicu rasa bahagia di hati bunda akan mempengaruhi tumbuh kembang janin juga.

3.Olahraga yang cukup
Olahraga memang termasuk nutrisi untuk fisik, tapi olahraga ibu hamil biasanya bukanlah olahraga berat yang menguras energi. Melainkan untuk membuat bunda merasa rilex dan enjoy dengan kehamilan bunda, mempersiapkan tubuh menghadapi proses persalinan, mengatur jantung dan pernapasan juga meredakan kecemasan mendekati saat melahirkan. 

Olahraga yang cocok untuk ibu hamil saat ini sangat banyak pilihan. Bisa berupa senam hypnobirthing, berenang, yoga atau jogging. Nah tinggal pilih aja mana olahraga yang menurut bunda paling menyenangkan untuk dilakukan. 

4.Lebih banyak Me time
Me time dalam hal ini tidak harus melakukannya sendiri, ayah juga bisa tetap mengawasi dan mendampingi. Me time yang di maksud adalah Bunda melakukan hal yang menyenangkan bagi bunda sesuai hobby bunda. 

Jika bunda senang ke salon, merawat bunga, shopping, kuliner, nulis blog, atau apa saja lakukanlah lebih intens lagi selama hamil apalagi jika kehamilannya terasa berat misalnya di sertai hyper emesis atau gangguan kesehatan lainnya. 

Me time ini menjadi sangat penting menjadi moodbooster bunda. Yang penting adalah pilihlah me time yang aman untuk bunda dan janin. Kalau perlu, selalu libatkan ayah untuk menemani hobby bunda.


===========

Itu tadi nutrisi fisik dan jiwa yang sangat krusial untuk di perhatikan oleh Bunda selama kehamilan. Maka pilihlah nutrisi penunjang tersebut sesuai porsi dan keadaan bunda selama kehamilan dan tentu saja pilih yang paling menyenangkan untuk bunda. 

Kehamilan memang tidak selalu mudah. Banyak wanita abai dengan kondisinya saat hamil hanya karena ingin enjoy dan rilex. Padahal nutrisi fisik dan jiwa bisa terpenuhi bersamaan jika mengikuti tips di atas. Lakukan modifikasi kegiatan jika dirasa tidak sesuai untuk kondisi bunda.

Menjalani kehamilan yang menyenangkan tidak susah kan ya, tergantung dari kita sebagai calon orang tua. Apakah ingin memberikan sesuatu yang terbaik di awal karir sebagai orang tua, atau baru akan memulai karir setelah anak lahir.









13 comments:

  1. ibu memang hrs sehat jasmani dan rohani ya agar bayinya kelak lahir sehat juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba tira, pokoknya hamil itu sebisa mungkin harus menyenangkan krn berimbas pd bayinya jg

      Delete
  2. Tri semester sy pun marah mam Ruly,,,, takut malem klo malam datang sy pasti mual2, noted Lo ktk hamil kita enjoy dan merasa bahagia nti baby-nya lahir kg tenang aja tuh anak bawaannya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi kira2 nih mom utie mau isi lagi gak.. Kan siapa tau bs lebih enjoy

      Delete
  3. Waktu hamil pertama saya ga banyak keluhan, rajin juga ga manja. Hehehehe sadar diri di perantauan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mba ria.. Sy juga anak perantauan, kalo manja sih engga juga, sadar diri hahaha.. Tp kalo keluhan, hiks.. Mpe 2x masuk RS coba..

      Delete
  4. Penting banget dukungan buat ibu hamil ya. Biar selalu sehat dan nyaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba ila.. Keduanya itu berkaitan erat soalnya ya

      Delete
  5. Aku patut bersyukur nih ya, Mbak, karena pas awal kehamilan nggak merasakan morning sick. Pokoknya semua masuk deh ke mulut. wkwkwk...Semoga kehamilan kedua ntar juga begitu. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba ika.. Aku doain ghifa cepet pny adek.. Asek.. Asek..

      Delete
  6. Nutrisi itu bagian penting ya mba, karena katanya pembentukan otak bayi ada di trimester pertama ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba leha, selain otak juga organ tubuh penting lainnya lo

      Delete
  7. Waaah iya, kudu cari makanan yang enak dan yang membangkitkan mood ya. Jadi inget sewaktu hamil. Pingin cari makanan sampai makanan yang gak biasa dibeli, dibeli karena pensaraan sama rasanya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

Powered by Blogger.