5 Cara Mudah Cegah Demam Berdarah pada Bayi

April 02, 2017
Assalamualaikum
Bila musim hujan dan penyakit Demam Berdarah (DB) mulai tiba, setiap orang tua khawatir jika anaknya tertular. Kalau anaknya sudah besar, mungkin bisa di ajak kerjasama untuk sama-sama cegah DB. Tapi bagaimana dengan bayi?  Kalau bayi sih ada nyamuk aja belum bisa memukul ya kan.


Setiap musim penghujan tiba,  Kalsel adalah adalah salah satu provinsi dengan jumlah penderita DB cukup besar. Mungkin karena Kalsel banyak daerah rawa dengan air diam makanya nyamuk doyan banget berkembang biak disini. Belum lagi bertambahnya penduduk dengan sanitasi yang kurang memadai,  Makin doyan lah nyamuk menetap di Kalsel.

Jadi sebelum saya share tips mencegah DB pada bayi,  kenalan dulu dikit sama DB ya.
Di lansir dari website alodokter, sebenarnya penyakit yang sering kita alami itu namanya Demam Dengue,  di sebabkan oleh virus dengue.  Lalu demam berdarah itu apa?  Demam berdarah adalah bentuk komplikasi dari demam dengue,  ya pokoknya bentuk demam dengue yang uda parah banget yang sudah mengakibatkan kerusakan pembuluh darah, muntahnya berdarah, keluar darah juga dari gusi dan hidung. Itu yang akhirnya disebut DBD (Dengue hemorrhagic fever).  

Demam Dengue di sebabkan oleh Virus Dengue yang di sebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus
Sampai saat ini belum ada vaksin yang bisa mencegah demam dengue,  jadi yang bisa di lakukan adalah mencegah nyamuk berkembang biak,  memutus rantai penyebarannya dan mengobati penderitanya.

Indonesia menduduki peringkat pertama di Asia Tenggara dan peringkat kedua di seluruh dunia jumlah penderita Demam Dengue setiap tahun. Jadi sekarang kembali ke laptop,  saya mau share tips sederhana mencegah Demam Dengue pada bayi ya.

1. Ikuti program pencegahan DB dari pemerintah.

Ada program yang namanya 4M, ada program fogging dari Dinkes setempat biasanya,   ada juga brand obat nyamuk menggalakkan kampanye balikkan ember. Apapun aktivitas yang bisa memutus rantai penyebaran nyamuk DB kita Ikutin aja semuanya, karena pastinya itu agar lingkungan bebas nyamuk juga serangga berbahaya lainnya.

Source : pareparekota. Go

2. Gunakan kelambu / Obat Nyamuk

Ya sekarang memang sudah tidak banyak lagi orang yang tidur menggunakan kelambu, tapi ada alternatif lain saya sering liat di ol-Shop ada tirai anti nyamuk yang di pasang di pintu-pintu rumah yang terbuka. Nah cobain deh pake kelambu.

Jika tidak suka kelambu bisa pakai obat nyamuk dengan bermacam varian seperti obat nyamuk bakar atau aerosol atau elektric. Tapi penggunaannya harus sangat hati-hati untuk bayi jangan sampai terhirup atau termakan. 

3. Perkuat Imun anak. 

Kata dokter anak langganan saya,  bayi di bawah 1 tahun belum perlu vitamin suplemen yang di jual bebas untuk anak-anak.  Ya karena gak terlalu baik juga untuk bayi apalagi kalau mengandung pemanis pewarna pengawet.  Lagian bayi di bawah setahun kan biasanya masih nenen jadi imunnya di dapat dari Asi nya. 

Kalau bayi tentu saja memperbanyak asupan vitamin C yaitu jus buah yang tinggi vitamin c-nya. saya biasanya selain memberi jus buah,  saya kasih beberapa tetes lemon juga untuk memperkuat imunnya.

4. Jangan dekatkan pada penderita DB

Semua pasti tau kalau penyebaran DB melalui gigitan nyamuk kan.  Jadi kalau sudah ada penderita di sekitar kita,  harus lebih waspada. Khawatir jika nyamuk yang sama menggigit bayi kita. Apalagi kalau mau menjenguk penderita DB,  sebaiknya si bayi gak usah di ajak. Cukup kita yang dewasa yang sistem ketahanan tubuhnya lebih kuat. 

5. Gunakan Lotion anti nyamuk

Misal rumah kita bersih pun,  belum tentu lingkungan tetangga rumah juga akan bersih lo.  Kita juga tidak bisa memaksa anak terutama bayi untuk menggunakan pakaian panjang melulu siang malam dengan iklim indonesia yang super hot. 

Maka, karena saya tidak ingin membatasi aktivitas anak saya, jadi saya berikan saja lotion anti nyamuk. Dan alhamdulillah sejauh ini anak-anak terlindung dari Demam Dengue.

Nah itu share pengalaman saya mencegah DB pada anak-anak saya. Untuk yang bertanya lotion anti nyamuk yang saya pakai untuk bayi dan kakak-kakaknya, saya pakainya merk Bambi.

Bambi Mosquito Lotion for baby

Bambi Lotion anti nyamuk untuk bayi yang mengandung citronela oil, bahan alami yang efektif menolak nyamuk Aedes aegypti dan Culex quinquefasciatus yang telah teruji efektif menolak nyamuk selama 6-8 jam. Dan formula anti iritasi komplek untuk melindungi kulit bayi yang super lembut dan sensitif

Nah, jadi untuk bayi saya biasanya kalo habis mandi , perkakas rutin yang wajib cuma 3 item yaitu minyak telon, lotion anti nyamuk dan bedak. Kalo yang lain tergantung mood,  kadang pake minyak rambut kadang engga,  kadang pake baby cologne kadang engga, ah yaaa.. Saya memang moody hahaha..

Perkakas wajib tiap habis mandi

Yang bikin saya percaya pada Bambi Anti Mosquito Lotion adalah karena:

  1. HALAL,  kalo uda halal MUI dan Bpom tuh hati rasanya tenang buat ngasih ke anak.
  2. efektif menolak nyamuk,  anak saya alhamdulillah ga ada bentol-bentol lagi bekas nyamuk setelah pakai Bambi. 
  3. Wanginya alami banget bukan bau parfum
  4. Bayi saya nyaman, kulitnya tetap lembut dan gak kering setelah di pakai beberapa jam. 


Belum liat Bambi di minimarket terdekat? Tenang,  ga usah beli jauh-jauh.  Lah saya beli online ajah.  Cukup di rumah aja,  uda datang. Belinya di Glamizka.com. Di tengah banyaknya online shop saat ini, glamizka.com ini cukup memikat saya, karena semua barang yang di jualnya adalah barang ori alias asli.

Jadi, yang di jual Glamizka bukan cuma untuk baby and mom. Tapi juga make-up dan skincare branded. Dan karena semua yang di Glamizka adalah ori,  maka saya yakin Bambi juga termasuk produk bermutu tinggi.

Pengalaman pertama saya Belanja di Glamizka itu ternyata gampang banget, yang udah pernah belanja online pasti bisa belanja dalam 5 menit. Tinggal ceklist barang yang di mau, cekout, isi alamat, udah deh. Kecuali yang di beli borongan yaaa.. Hehehe.
Nanti setelah transfer,  tinggal isi form yang di sediakan. Langsung di proses.

Yang bikin saya excited banget ketika berbelanja di Glamizka ada 4 hal.

  • Pelayanan cepat. karena saat pertama belanja saya salah isi alamat, terus saya kontak CSnya supaya ga salah kirim.  Dalam hitungan jam email saya di respon dan langsung diproses, 
  • CSnya ramah dan friendly. senengnya karena bahasa CSnya rilex, ga kaku kaya CS pada umumnya.  Jadi berasa kaya belanja sama teman sendiri. 
  • Free shipping dan Free Sample,  wanita doyan lah ya yang namanya gratisan. Manfaat banget buat saya. Info diskon,  promo dsb tinggal stalking IG atau FPnya
  • Paketnya cepet sampe. Paket pesanan saya tiba dalam 2 hari.  Kayanya dikirim pake kilat deh. Puas banget rasanya sebagai customer. 

Jadi ayah bunda, kalau musim DB sudah melanda,  jangan lupa untuk selalu sedia lotion anti nyamuk selain untuk semua anggota keluarga juga untuk bayinya ya. Jangan berikan lotion dewasa untuk bayi karena komposisinya belum tentu bisa di toleran kulit bayi.  Untuk Order Bambi Anti Mosquito Lotion langsung aja order di Glamizka.com atau kunjungi IG nya di @Glamizka.

Kalau ada yang punya tips lain selain yang saya tuliskan, silakan sharingnya ya. Semoga semua yang baca tulisan ini terhindar dari DB sekeluarga ya. 






20 comments:

  1. Jangan sampai deh mba anak kena DB :(
    Anakku abis kena DB dan aku sedih banget. Jadi trauma. Pakai lotion memang cukup membantu, mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Semoga anak mba gak kena2 lagi yg next time

      Delete
  2. Anak-anak juga sering aku pakein lotion anti nyamuk, apalagi rumahku di tengah kebun yg banyak nyamuk. Mencegah lebih baik daripada mengobati ya, mbak Ruli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama banget mba ika. Samping rumahku pas juga ada tanah kosong. Byk semak

      Delete
  3. Iya nih anakku sekarang sering kena gigit nyamuk padahal di rumah sudah pasang anti nyamuk. Mungkin perlu lotion ini juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahhh cobain nih mba antung.. Waspada db loh kita

      Delete
  4. Penting bgt nih tipsnya mba Rul.. Aku meski anak dah gede2 tetap sama sih pencegahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mba zata, semua usia kudu pencegahan ya

      Delete
  5. Kemarin Zia sempet panas badannya, trus ada bintik2 merah di wajah dan badan. Takut banget aku mbak, kirain kena DB. Ternyata gabagen. Alhamdulillah trus sembuh.
    Emang kudu waspada ya sama si nyamuk nakal itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh zia sdh kena gabaken ya mba.. Anakku belum sih. Mgkn sistem imun nya pas lemah ya

      Delete
  6. Iya nih anakku sekarang sering kena gigit nyamuk padahal di rumah sudah pasang anti nyamuk. Mungkin perlu lotion ini juga

    ReplyDelete
  7. Iya mba di sini juga lagi musim banyak nyamuk, kadang habis mimikin si kecil malam suka lupa nutup kelambunya lagi. Besoknya si kecil bengol2 deh. Harus lebih disiplin nih. Aniwei sedia lotion anti dbd gini perlu banget ya ternyata. Catet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba ira sudah coba beli kelambu yg instan? Biasanya otomatis nutup kelambu

      Delete
  8. makasih tipsnya mba ruliii

    btw kece ih rumah barunya clean n neat

    sukaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk clean soalnya ga bs ngutik2nya mba ophi...

      Delete
  9. Siap Mak ruli mdh2an anak2 kita terhindar dr DBD y walaupun anak2 sdh besar perlu care jg atas apa2 yg menyebabkan timbulnya DBD

    ReplyDelete
  10. mencegah lebih baik ya, kalau anak sakit itu arasnay sedih apalagi kalau amsih kecil

    ReplyDelete
  11. aku juga mau bawain si kecil lotion kalo sekolah biar aman :D

    ReplyDelete
  12. lotion nyamuknya udah dijual di apotek kah Mba? atau hanya boleh dipesan online?

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

Powered by Blogger.