Makan enak dengan Nasi Beras Merah

Assalamualaikum

Tidak di pungkiri betapa pentingnya mengkonsumsi beras merah untuk kesehatan. Namun kebiasaan masyarakat mengkonsumsi beras putih juga sudah mendarah daging dan sulit sekali di tinggalkan, lagipula beras putih juga penting kok untuk kesehatan. bagaimana agar bisa mengkonsumsi keduanya? 


berawal dari ketika saya tinggal di Jakarta, dimana saya menemukan harga beras merah yang sangat murah jauh berbeda ketika saya tinggal di kalimantan. Demi yang namanya kesehatan, apalagi di Jakarta kan banyak banget godaan makanan tidak sehat. jadinya berusaha beralih ke beras merah untuk mengimbangi konsumsi yang kurang sehat.

Bukan cuma saya kayanya yang pengen beralih ke kebiasaan makan beras merah. Kenapa juga orang-orang banyak yang mau belajar makan beras merah. Ya pasti karena manfaatnya yang katanya gak bisa di dapat dari nasi putih yang pulen wangi itu.

Manfaat Beras Merah menurut beberapa sumber
1. Mengendalikan kenaikan berat badan
2. Baik untuk kesehatan Pencernaan
3. Mengontrol kadar gula darah
4. Menurunkan angka LDL (kolesterol jahat) dan Meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik)
5. Mencegah terbentuknya batu empedu
6. Sumber antioksidan bagi tubuh
7. Menjaga kesehatan tulang

Tentu aja, manfaat tsb di atas baru akan di dapat jika mengkonsumsi rutin dan dalam porsi yang pas, maksudnya ya porsi normal. Bukan dua liter sekali makan. -__-

Eh tapi ternyata ga mudah ya merubah kebiasaan yang sudah berpuluh tahun dilakoni. beras merah itu keras dan agak kasar teksturnya. apalagi saat itu Qorira masih berusia 2 tahun, ga bakal suka nasi beras merah, hasilnya itu makanan banyak di diemin di mulut gak di kunyah sampe akhirnya di lepeh. hiks..

jadi akhirnya, saya ada ide dengan mencampurkan beras merah dan putih dengan komposisi 1:1 dengan jumlah air tetap 1 ruas jari telunjuk, sekitar 3 cm diatas berasnya kalalu menggunakan rice cooker, hahahaha gak accountable banget deh. it works, semua doyan makan nasi pinky, pulen dan enak aja di mulut. meski masih terasa agak kasar tapi yang penting Qorira dan Paksu sudah mau makan. Pulen aja asal kadar airnya pas.

Soal banyaknya air pas memasak, saya gak bisa ngasi kisaran. Karena tiap beras putih beda-beda ada yang doyan air ada yang engga. Biasanya ini harus pake sistem percobaan beberapa kali masak baru menemukan kepulenan yang pas di lidah masing-masing. Cuma biasanya untuk beras merah butuh air 2x lebih banyak daripada beras putih. Tapi kalo beras putih di kasih air kebanyakan bisa benyek. Jadi coba cari tengah-tengahnya. Sekitar 2-3 coba biasanya udah ketemu kok komposisi air yang pas.

Pola makan seperti ini kami terapkan hampir selama 2 tahun kami tinggal di Jakarta. hasilnya, alhamdulillah selama di Jakarta tidak pernah mengalami konstipasi, kadar gula Paksu juga stabil, berat badan biasa aja, ga naik ga turun meski banyak makan. nikmatnya sehat, alhamdulillah...

ternyata setelah saya pindah ke Banjarbaru (Kalsel), mulai deh nemu harga beras merah mahal lagi. Maklum berasnya di datangkan dari jawa kan. akhirnya konsumsi beras merah di hentikan. tapi saya jadi suka kumat-kumatan konstipasi, kemaren kadar gula suami sempet ga stabil, mungkin kebanyakan minum yang manis kaya saya dan sudah terbiasa pake beras merah. Mungkinnnn.. ^_^ (sotoy nya gue, plak! )

Alhamdulillah nih akhirnya nemu one stop shopping belanja bahan makanan sehat di online yang harganya menurut saya efisien ketimbang saya beli beras merah di Banjarbaru sendiri, masih murah sih meski pakai ongkir. disana saya ketemu beras merah, beras hitam, beras melati yang buat sushi ada juga beras sultan.

sekali ngirim bisa di bareng sama mie sayur organik Alamie, kaldu bubuk jamur dan kaldu sapi tanpa msg. ya pokoknya untuk menghemat ongkir itu belinya sekalian aja sama barang lain. Daripada misah-misah online shop berat di ongkir kan.

tapi, kali ini saya maunya memanfaatkan beras itu secara maksimal. saya mikir juga masa iya asal nyampur beras merah sama putih, bener gak sih komposisinya begitu. lalu saya mulai mempelajari multigrain, yang banyak dipakai orang Korea untuk diet sehat yang  nama lainnya Japgokbap (multigrain rice). tapi dari bermacam grain yang ada di Japgokbap gimana komposisinya.

Jadi berdasar berbagai info yang saya dapat ada beberapa versi komposisi penggunaan beras merah. sebenarnya menurut dr. Henny Zainal, perbandingan itu sesuai selera saja. oke, berarti ternyata perbandingan 1:1 itu tidak masalah tergantung kebutuhan, jadi beras yang mana yang manfaatnya paling di perlukan tubuh ya komposisi itu yang diperbanyak konsumsinya. yang utama juga, beras yang mana yang membuat kita nyaman mengkonsumsinya gak nyusahin masak dan ngunyahnya.

yak, semua orang sepakat ya, kalau terbiasa dengan nasi putih maka nasi hitam atau nasi merah saja itu terasa hambar dan agak keras. kalau ingin mencoba campuran ada 3 resep yang bisa dicoba:

1. ala dr. Henny Zainal 
  • 5 kg beras putih
  • 4 kg beras merah
  • 2 kg beras hitam
  • 1 kg ketan
  • 2 sdm wijen per 3 cup beras tiap memasak
komposisi tersebut, di harapkan bisa membeikan kita hasil maksimal untuk setiap jenis grain yang kita makan. Tapi, kalau menurut saya pribadi campuran seperti yang di resepkan tsb agak sulit terlaksana mengingat bahan-bahannya tidak murah kan ya. Nah gimana kalau multigrain ala diet korea.

2. ala diet korea dengan Multigrain rice  Japgokbap: 잡곡밥

bukan hanya orang Indonesia, orang Korea pun merasakan yang sama ketika harus mengganti nasi putih menjadi beras merah. Akhirnya mereka menggunakan multigrain di mix dengan beras putih. multi grain nya terdiri atas 
  • beras merah, 
  • beras hitam
  • beras ketan
  • kacang hijau
  • basil
  • wijen
  • millet
  • barley
  • jagung
source: beyonkimchee dot com
dengan komposisi 1/2 atau 1 bagian multigrain : 2 bagian beras putih : 4 bagian air (ketika  memasak). wahh...ribet menurut saya. Tapi memang menyehatkan, selain komposisi sehat tsb, orang korea juga memakannya hanya dengan sejumput kecil. Ya kaliiiii mentang-mentang nasinya sehat terus makannya 2 piring, ya kapan dietnya cyin? hehehe...

3. ala Pak Bondan Winarno

mixed rice ala pak Bondan mirip dengan yang sudah saya kerjakan. lagi-lagi untuk mendapatkan nasi yang sedap untuk tetap diet memang di mulai dengan mencampurnya dengan nasi putih. lama-lama kalau lidah sudah biasa, baru bisa full beras merah. kalau ala pak Bondan ini lebih mudah, yang jelas gak pake banyak biji-bijian. mungkin hasilnya tidak sama dengan 2 resep sebelumnya di atas. Tapi, pastinya akan lebih baik daripada full nasi putih melulu.

untuk pemula gunakan perbandingan beras putih 2:1 beras merah dengan komposisi air 1 bagian beras=1.5 bagian air. lalu berpindah menjadi beras putih 1 : 1 beras merah. jika sudah terbiasa bbisa menggunakan beras merah sepenuhnya. Namun komposisi yang menurut beliau maknyus adalah beras putih 1:2 beras merah. pas rasanya.

Khusus untuk beras hitam, menurut pak Bondan tidak bisa di konsumsi sendirian. Karena teksturnya yang keras, bahkan lebih keras daripada beras merah maka akan tidak nyaman dikunyah. Disarankan selalu pakai perbandingan 1:1 dengan beras putih.

Beras hitam Mlatiharjo

sebelum akhirnya kita memutuskan mau pakai cara yang mana, coba deh cek dulu perbandingan kandungan di bawah ini. ini saya ambil dari Sertifikat Uji Lab no. 00906/01/LPPT/IX/2013 pada beras Merah dan beras putih yang di produksi oleh Brand Mlati Harjo

kandungan
Beras putih %
Beras merah %
Protein
7.38
7.97
Karbohidrat
79.09
75.53
Lemak
0.46
2.35
Serat
0.13
0.93

dari daftar tsb, terserah kita mau fokus kemana. Mau memperbanyak seratkah? mau diet kah? nurunin kadar gula kah? untuk nurunin kolesterol kah? Yang mana..

Yang saya agak bingung apa iya beras merah cocok untuk diet? Kandungan lemaknya lebih tinggi loh daripada beras putih. Cuma kadar seratnya emang cihuy deh kalo beras merah ya.

kalau saya pribadi menyimpulkan dari beberapa resep pakar, komposisi yang bagus untuk beras merah dan putih adalah 60 % beras merah, dan 40% beras putih dalam artian untuk mendapatkan hasil maksimal memang bagusan banyakan beras merahnya daripada putihnya.

komposisi persen ini pernah saya baca juga di internet, tapi saya lupa sumber linknya makanya tidak bisa saya sebutkan. mungkin kalau ada yang  nemu di google bisa di share ya. 

oia, kemaren juga ada yang minta info kan saya dapat darimana beras-beras organiknya yang bebas pestisida dan sudah teruji lab. tadi sih di atas sudah saya sebut kalau saya belinya online, di TOKO51 bisa beli langsung atau lewat tokopedia. cuma biar lebih mudah saya share aja kontaknya ya. Kalo ga salah tokonya di bekasi kalo ada yang mau beli pake gojek bisa tuh.
    • web : www.toko51.com
    • fb : toko 51
    • IG : @toko51
    • WA  : 0895-33030-8980
Ini yang saya punya di rumah :D
Beras hitam buat ortu, yang lain buat keluarga di rumah

dari toko 51 itu one stop shopping for healthy food kalo saya bilang. Ada makanan, minuman kesehatan, produk herbal. Tapi ada juga sih non makanan kaya ATK, sembako sama loket pembayaran segala macem tapi khusus produk halal ya. Udah kaya minimarket halal ajah disono.. hehehe

silakan yang mau merubah pola berasnya di rumah ya. semoga tulisan ini bermanfaat. Aamiin..
Monggo kalo ada yang mau sharing atau kalau ada tulisan yang salah. Ingetin saya yaaa.. 

25 comments:

  1. Ada lho omku yg jualan beras merah *lho kok jadi numpang iklan ya hehehhe

    Tapi didirimu berhasil ya mak,gula darah stabil, mau deh coba juga. Thanks ya sdh dishare

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha.. ayookk di coba.. biar gak penasaran..
      Iya mba gula darah stabil pdhl makan manis nya bebas

      Delete
  2. Aku sempat coba. Tapi karena anak-anak jadi gak mau makan, akhirnya berhenti dan kembali ke beras putih.
    Habis baca ini pengen ah konsumsi beras merah lagi.

    ReplyDelete
  3. pengin beralih ke beras merah,tapi suamiku agak susah ya urusan makanan, maunya nasi putih, solusinya aku beralih pada kimpul dan umbi2an sbg karbo

    ReplyDelete
  4. Wah.. beras merah emang lebih sehat ya mba.. Makasi sharingnya mbaa

    hai-ariani.com

    ReplyDelete
  5. jaman aku lagi kecil sering makan bers merah krn lebih murah , tapi sekarang malah lbh mahal, makasih infonya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..sejak org tau manfaatnya permintaan akan beras merah menigkat ya mba tira

      Delete
  6. baru tahu,ada beras hitam mbak. beras dari mana tu? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beras indonesia juga mas fajar. Beda varian dan manfaatnya bagus jg

      Delete
  7. Hehehhehe..
    Udah bebrapa bulan juga di ruma gua, kami smw pada mau makan beras merah..
    Awalnya sih pingin makan beras merah aja...
    Tapi berhubung kami dari dulu makan beras putih yang teksturnya lebih lembut, makan beras merah itu siksaan banget...
    Jadi sampe sekaranng beras merahnya masih nyampur dl sm beras putih deeeh..
    bahkan itu aja pun ud terasa banget bedanya dengan dulu yang hanya makan beras putih saja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba felic licia.. awalnya nyiksa hehehe lama2 ya biasa ya

      Delete
  8. Cocok buat diet, nih. Sebelum beli, mau bandingin harga dulu di priceza.co.id hehehe

    ReplyDelete
  9. ibuku di rumah juga makan beras merah mbk, buat diet sama nurunin kadar gula darah bisa juga kan, hehehe. tapi rasanya masih enakaan beras biasa soalnya banyak yang bilang begitu sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ya iya mas ahmad.. beras putih dah paling endeus kalo buat makan

      Delete
  10. aku juga udah niat mau mulai konsumsi beras merah nih mba ruli, tapi masih bingung takarannya.. iihh seneng banget ketemu artikel ini, cuss mau langsung di praktekin ah :D

    ReplyDelete
  11. Pernah nyobain makan nasi merah ada rasa aneh gitu mungkin belum biasa kali ya hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya mba kurnia, memang tekstur nya agak kasar di lidah

      Delete
  12. Wah, aku baru incip-incip aja Mbak kalo beras merah. Hehe, maksudnya sekali dua kali aja makan. Emang bagus ya sebenernya, manfaatnya banyak. Tapi ya itu, kalo belum terbiasa jadi aneh gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba diah, karena faktor belum terbiasa ya

      Delete
  13. Jujur aku belum terbiasa dengan makan beras merah.. huhuhuhu.. tapi aku pingin.. biar bisa membiasakan diri dari kehidupan yang lebih sehat lagi..
    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
  14. Dirumah ibuku 2x masak, buat bapakku sama buat keluarga. Ya maklum udh tua pasti milih makanan yg lbh sehat ya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

Powered by Blogger.