Dilema menyusui untuk flat nipple

Assalamu'alaikum..

Dilema terbesar memiliki Flat nipple tentu saja keinginan yang sangat besar untuk menyusui tapi nipple tidak support untuk itu. Saya mengalaminya juga, ini kisah saya.
Flat nipple atau yang biasa disebut puting datar, atau puting payudara ke dalam sehingga seperti tidak memiliki nipple. Akibatnya untuk wanita yang ingin menyusui adalah, mulut bayi gak bisa nyangkut alias nyantol di payudara dan tidak bisa menyusu.


Kalau ada yang bilang, engga kok bayi itu ngemutnya bukan di nipple melainkan di areola-nya payudara, mungkin beliau coba sodorin deh bayinya ke wanita-wanita yang mengalami flat nipple seperti saya. Ada beberapa flat nipple yang berhasil menyusui bayinya. Mungkin dari sekian banyak, ada aja yang berhasil. Tetapi saya termasuk yang tidak bisa menyusui hanya dengan mengandalkan areola. Catet

Coba sebut, saran mana yang belum saya coba. Di tarik pake spuit udah, bisa keluar tapi begitu spuit di lepas ya masuk lagi nipplenya. Pake pompa asi yg manual elektrik sudah saya coba semua. Pijat payudara di dedah, udah juga. Pake nipple palsu juga udah. Hasilnya ya gitu-gitu aja. Mulut bayi gak bisa nyantol.  

Lalu gimana mau ngasi Asi, padahal produksinya melimpah? Yang selalu harus di ingat adalah, itu Nipple pemberian terbaik dari Allah SWT, jadi jangan pernah di cela, jangan mengeluh dan jangan minder. Kalau ada yang mencela karena flat nipple lalu mencela kita yang meminta bantuan sufor, hey.. artinya dia itu sedang mencela ciptaan Allah. Sama halnya dengan ketika orang berambut lurus mencela rambut kribo, orang bertubuh tinggi mencela tubuh pendek. Celaan yang sebenarnya ia sudah tau faktanya siapa yang menciptakan.

kembali ke laptop. Lalu gimana donk mau menyusui. saya pribadi gak bisa pakai breast pump (bp) alias pompa asi. Karena kalau nipple saya di tarik sama BP, asi gak keluar eh nipple berdarah karena ketarik. Dan Dokter kandungan saya minta saya menghentikan jika terjadi luka, karena kata beliau di puting susu ada banyak sekali syaraf, jadi jangan sampai terluka.

Kekurangan yang di miliki flat nipple pada akhirnya tidak bisa merangsang keluarnya asi melimpah karena tidak ada isapan bayi. Isapan bayi memungkinkan agar produksi asi lebih banyak dan merangsang agar menghasilkan asi terus menerus. 

Gak heran, flat nipple meski berhasil di pompa juga hasilnya gak akan sebanyak yang punya nipple bagus. Jangan kawatir, masih bisa di pompa pakai tangan. Saya salah satu pejuang Asi yang ngeluarin asi dipencet pakai tangan. Tangan kiri mencet, yang kanan pegang botol Asi buat nampung. Susah iya, ribet juga iya, leher dan lengan pegel, ngabisin banyak waktu untuk itu, ya.. pada akhirnya itu jadi sesuatu yang bisa saya ceritakan dengan bangga. Bahwa setiap ibu punya cara berjuang masing-masing untuk anak-anaknya.


Suka baper ya kalo di medsos liat orang dengan stok asi melimpah, sukses menyusui, atau momen-momen baper lain ibu yang sedang netekin anaknya dengan romantis. Hey, yuk move on. Daripada baper itu malah bikin produksi asi kita makin menurun, kesedihan bikin asi kita makin ngadat. Mendingan fokus gimana caranya tetap bisa menyusui tanpa mengeluh dengan kondisi fisik yang sudah diberikan Allah. Fokus gimana supaya Asi tetep banyak tanpa di isep di mulut bayi.

Biar bisa banyak gimana? Nah ini yang di tunggu-tunggu. Banyak tuh teori biar Asi melimpah. Salah satunya adalah si Ibu harus bahagia, agar produksinya bisa banyak. Si ayah juga harus jadi Ayah Asi, ya dengan membahagiakan si ibu dan support memberi apa saja yang bisa bikin produksi Asi jadi banyak. Salah satunya dengan ngasih makanan enak.. eaaaa.. happy banget nih kalo sudah begini. Makanan enak dan bergizi tentu saja dan di tambah dengan booster asi. 

Salah satu Asi booster yang saya rekomendasikan adalah Asi Booster Tea. Kenapa? Sebagai orang yang concern pada gaya hidup halal, Asi booster tea ini juga halal katanya produsennya. Hal inilah yang membedakan Asi booster tea dengan pil atau obat pelancar asi lainnya. Hasilnya? #BanjirBeneranMak

Untuk sertifikat halal MUI produk ini belum punya, namun di kemasan sudah tertera tulisan halal. Dalam artian produsen lah yang menjamin produk ini halal dari bahan baku, proses hingga pengemasan.

Apa aja sih bahan bakunya? Lucunya nih, meski namanya booster tea tapi produk ini gak mengandung teh, hanya penampakan dan rasanya seperti saat kita minum teh.

Kandungan bahannya adalah 
Fenugreek seed, fenugreek powder, FENNEL SEEDS,Fennel powder, ANISE, cinnam venum, alpinia powder, dan habbatussauda.

Untuk kegunaan masing-masing bahan, bisa di lihat di gambar di bawah ini ya.


Jadi ini sedikit reviewnya
  1. Rasanya seperti teh dan agak mirip seperti jamu juga. Ya iyalah, asi booster tea ini juga bagus untuk baru lahiran
  2. Harga, sedang-sedang aja dan terjangkau untuk kalangan menengah. Dan kalau di banding dengan membeli pelancar Asi import lainnya ini masih jauh lebih hemat.
  3. Kerjanya cepat, ga harus sampai berhari-hari. Cukup 24 jam saja produk ini sudah menampakkan hasilnya. 
Untuk melihat info produk ini lebih lengkap, bisa kunjungi di www.asi.web.id atau untuk melihat testimoni produk ini ada di "http://www.nakibu.com/testimoni/" 

Nah jadi kalau punya flat nipple ga usah minder, ga usah juga di cela, ga usah juga buang waktu buat baper. Karena itu nipple ciptaan Allah SWT yang sangat indah. Semua wanita terlahir dengn bentuk nipplenya masing-masing bukan? Mari kita syukuri.

Coba deh lihat perempuan-perempuan diluar sana yang berjuang untuk sembuh dari kanker payudara, masa kita mau ngeluh sih udah di kasih payudara sehat. Jangan cuma karena perkara nipple kita merasa jadi penuh kekurangan besar. Yang penting kan kita ikhtiar, Allah yang Maha tau bahwa kita ingin sekali menyusui. InsyaAllah selalu ada jalan keluar. Aamiin.
Selamat mencoba yaaa.. 


11 comments:

  1. Ini kok aku banget mba hahha... Flat nipple, bayi gak bisa ngenyot, dipompa hasilnya dikit. Tapi Alhamdulillah lama kelamaan mah keluar, bayiku bisa ngenyot di umur 2bulan. Sebelum itu blas gak bisa ngenyot puting.

    ReplyDelete
  2. Dulu ketika melahirkan, dokter kandungan selalu kasih booster ASI. Tetapi dikonsumsi hanya kalau ASI saya gak melimpah. Alhamdulillah melimpah tanpa booster. Akhirnya booster yang dikasih dokter, saya berikan ke istri teman saya. Katanya sih berhasil. Alhamdulillah

    ReplyDelete
  3. Akuu juga punya flat nipple. Sempat ngedrama gara-gara susah nyusuin langsung. Alhamdulillah sekarang dede sudah bisa menyusu langsung

    ReplyDelete
  4. Banyak nemu kasus ibu ibu yang punya flat nipple...diawal-awal emang susah buat debaynya..tapi lama-lama bisa kok bayinya mengisap asal bundanya tidak putus asa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba.. byk jg yg akhirnya bisa. Mgkn sy termasuk yg gak sukses dlm hal ini jd gak bs langsung

      Delete
  5. Ini aku banget. Flat nipple. Pengen sharing pengalaman kek gini tapi kok gimana gitu. Padahal bener deh, rasanya desperate waktu itu. Sudah gitu, disana disini saya seperti tertuduh. Mau nanya malu, maklum masih di awal2 pernikahan. Stress banget deh. Usaha sih, pakai pelancar ASI, dsb. Tapi gagal. Hiks...
    Untungnya pas lahiran anak kedua, aku tidak ngumpul bareng ortu. Jadi di RS itu diajari sampai ditarik-tarik si putingnya. sakit banget deh. Meskipun masih stress tapi alhamdulillah berhasil menyusui.

    ReplyDelete
  6. Nah mba nur rochma alhamdulillah banget berhasil menyusui ya... kalau sy termasuk yg gagal mba, sampai perawat rs dan dokter anak nya aja uda bingung mau gmn lagi, tp alhamdulillah sy bs menyusui juga meski dgn cara tdk langsung hehehe...

    ReplyDelete
  7. Pernah dengar juga klo mau asi yg melimpah. Ayah harus rajin memeras payudara ibu *jgn ngeres* tp ini serius mba asinya melimpah ruah. Pengalaman hehe

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

Powered by Blogger.