Apa itu Jaket Parka ?

November 08, 2016
Assalamualaikum...
Tau Jaket Parka ? saat orang-orang lagi ramai membahas jaket bomber Bapak Presiden jokowi yang keren itu, saya malah lagi pengen ngebahas Jaket Parka. Jaket yang umum di pakai orang namun nama Parka-nya tidak umum.

Jaket Parka, penghalau dingin dan gerimis

menurut wikipedia.org

Parka adalah jenis jaket tebal, dipakai dalam cuaca dingin, dilengkapi dengan hoodie, panjangnya selutut, dan biasanya dibagian dalam dilapisi bulu atau bulu sintetis agar menjaga tubuh tetap hangat. Awalnya dibuat dari kulit rusa yang berat, pada perkembangannya digunakan juga bahan seperti nilonpoliester dan wol, agar lebih ringan ketika dipakai.

Dulu jaket ini digunakan oleh kalangan militer, terutama awak penerbangan yang ditempatkan di daerah dingin. Mulanya jaket parka dikenakan oleh para pemburu di kutub untuk melindungi tubuh mereka dari hawa dingin yang ekstrem.

Pada tahun 1970-an sampai akhir 1980-an jaket ini menjadi tren, hampir semua anak sekolah terutama di Inggris memiliki jaket model ini. Pada akhir 80-an pamornya mulai meredup, dikarenakan jaket ini identik dengan kutu buku. Tahun 1990-an sampai tahun 2000-an mulai booming lagi, banyak vendor pakaian merk dunia memproduksi jaket parka sebagai koleksi ekslusif mereka.

Jadi sebenarnya, saya pribadi juga baru tau kalau jaket model begitu namanya Parka dan ternyata saya sudah punya dan sering dipakai. biasanya yang punya jaket ini orang yang harus bekerja outdoor atau kesibukan luar yang bersentuhan langsung dengan cuaca sekitar. enak memang kalau pake jaket gini. hangatttt...

Jaket parka umumnya di pakai oleh orang yang bekerja dan dan bergelut dengan udara dingin, atau juga di pakai di musim dingin jika anda sedang berada di negara 4 musim. modelnya dari dulu gitu-gitu aja, hanya seiring waktu warna dan bentuk kerah atau restletingnya jadi stylish.

Fungsinya sebagai sebenar-benarnya jaket deh kalau untuk pemakainya yaitu untuk menghangatkan badan. bahkan mungkin untuk bahan tertentu bisa sebagai jaket anti air. Makanya jaket parka ini juga banyak di pakai orang-orang di kutub sana kalo mau mancing atau kegiatan outdoor.

untuk harga jaket parka, bahan dan kualitas standard dari brand lokal biasanya di bandroll sebesar Rp. 150.000-450.000 umumnya yang lebih murah itu untuperempuan, yang termahal varian untuk laki-laki. Mungkin kalau laki-laki butuh bahan lebih banyak jadi lebih mahal. Imho.. hehe

Untuk toko yang jual jaket parka biasanya di outlet-outlet yang jual baju laki-laki, distro, peralatan pecinta alam, atau brand-brand luar negeri yang negaranya 4 musim. Tapi kalo gak nemu juga bisa beli online aja juga banyak kok yang jual. Tinggal tulis keyword jaket parka gitu.

Kalau sama jaket bomber pak jokowi masih jauh lebih murah kan. yayaya.. jaket bomber memang keren sik.. tapi di musim hujan gini rasanya jaket parka juga penting untuk punya. Terutama yang suka kemana-mana naik motor tapi males pakai jas hujan, meski tidak seperti jas hujan tapi kalau sekedar gerimis mengundang saja cukup pake jaket insyaAllah gak basah banget lah.

Nah sudah punya jaket parka belom ? 



23 comments:

  1. berhubung saya adalah pengguna sepeda motor, walaupun dibonceng, kebutuhan jaket memang penting, jaga2 supaya gak masuk angin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba santi. Di bonceng jg hra pke jaket loh

      Delete
  2. ahaa..sukaa banget sama jaket parka niy, angeeet!

    ReplyDelete
  3. pengen beli jaket parka, tapi dirumah jaket udah buanyak huehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha beliaja mas teguh buat ganti2 tiap cuaca hehe

      Delete
  4. aku jarang beli jaket. soalnya lupa bawa pulang terus kalau dibawa ke kantor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak bgt yg di dekat mba ayana bs sering pake jaketnya kalo ketinggalan. Hihihi piss

      Delete
  5. aku punya 1, di antara winter jacket yg aku punya :D.. parka biasanya aku pake kalo ke negara yg sdg winter dan memang niat mau main salju.. jd ga basah pas main :).. cuma yg punyaku kyknya ga terlalu tebel, jdnya msh suka kedinginan mba.. hrs dilapisin ama longjohn, sweater, baru jaket parka ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm kalo kurang tebel tandanya hrs beli lg mba fanny hahaha

      Delete
  6. Jaket Parka cocoknya di ruangan ber-AC yang sangat dingin ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok jg mba muti di ruangan berAC dari pada meggigil ya kan

      Delete
  7. Baru tahu itu namanya jaket parka kayanya aku punya deh

    ReplyDelete
  8. Terus terang saya belum punya jaket ini.
    Waktu bertugas ke Namibia hanya dikasih fullover, baju anoman, dan overcoat saja
    Di sana dingin banget.
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  9. Aku juga baru tau kalo itu namanya jaket Parka, Mbak. Dan aku belum punya. Cuma sering liat di tipi-tipi :D

    ReplyDelete
  10. Jaket ini cocok untuk musim Hujan nih, seperti bulan-bulan ini lah kira-kira.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe bener bgt dipan.. hujan trs gini enak klo pake parka

      Delete
  11. Saya belum punya mba, tapi sering beliin buat suami.

    ReplyDelete
  12. jaket model gini umum dipakai di negera 4 musim ya mba. tp klo di indonesia kepake banget saat musim hujan gini nih

    ReplyDelete
  13. Saya punya jaket parka di rumah dan jadi salah satu favorit :D

    ReplyDelete
  14. Suami juga udah masukin jaket parka di keranjang aplikasi shopping hp istrinya, artinya minta dibeliin nih mbak ruli XD

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

Powered by Blogger.