7 Hal Jangan di lupakan ketika Meninggalkan Kamar Hotel

October 29, 2016
Assalamualaikum...
Waktu menginap di hotel, biasanya ada-ada kelupaan yang biasa kita lakukan. Kadang sepele, cuma jadinya nyusahin alias ribet. Jadi sebisa mungkin dihindari. Apa aja ?


Pixabay. Room Hotel

Hotel sekarang makin hari makin canggih, fasilitas meningkat untuk menyamankan dan memudahkan kita. Cuma kadang yang namanya lalai alias lupa apalagi yang namanya nginap di hotel pasti untuk suatu kesibukan. Ya ada aja yang kelupa. 

Tapi sebisa mungkin sih beberapa lupa ini kita hindari

1. Membawa kunci kamar keluar

Sekarang sudah jamannya kunci kamar berbentuk kartu seperti ATM kecil dan tipis. Kelupa ? Ya tentu bisa saja. Ribet ? Sudah pasti kalo kelupanya di dalam kamar. Atau bahkan keluar kamar tanpa membawa apa-apa? 

Jadi keinget serial Mr.Bean yang kejebak di luar kamar dalam keadaan bugil hanya untuk ngerjain tetangga kamar. Dan gak bisa masuk ke kamarnya. Itu parah banget sodara-sodara. Hahaha...

Nah, sekarang bahkan naik turun lift juga pake scan kunci kamar itu. Saya pernah kejebak di apartemen saya di bilangan jalan thamrin jakarta. Kejebak di satu lantai gak bisa turun lift karena gak bawa kunci kamar. Akhirnya nunggu ada barengan yang mau ke bawah, terus minta bukain kamar saya. Udah gitu lupa bawa dompet buat nunjukin saya yang tinggal disitu. Alhamdulillah petugasnya ada yang hafal sama saya. 

Nah gimana kalau itu terjadi di hotel. Kalau gak bisa nunjukin identitas gimana ? Jadi sebisa mungkin jangan sampai lupa bawa kunci kamar meski hanya keluar sekejap pun tetep inget ya.

2. Meninggalkan underwear di sembarang tempat.

Okey, cleaning service memang tugasnya membersihkan merapikan. Dan kita juga gak kenal. Besok juga cuss dari situ. Tapi.. itu bagian dari adab sopan santun etika. Apapun kebiasaan kita di rumah, jangan anggap hotel seperti rumah sendiri. Selalu ingat untuk merapikan underwear setiap meninggalkan kamar. 

3. Password Brankas

Jika anda bepergian membawa barang berharga yang memang akan di tinggalkan, biasanya banyak hotel sekarang sudah memfasilitasi dengan kotak brankas. Tapi etapi... bener-bener harus tau cara pakainya dan ingat paswordnya. Gak lucu banget kalau kita sampai lupa. Akhirnya minta bantuan petugas hotel membukanya.

Sah-sah saja, tugas mereka memang membantu kita. Tapi akhirnya mereka jadi tau apa isi brankas kita. Jadi rasanya gimana gitu ya. Baiknya sih gak usah lupa ya kan.. kalo perlu paswordnya save di hp. Atau pakai angka cantik saja.

4. Benda-benda kecil

Benda-benda kecil tapi penting seperti kacamata, kunci ini itu, charger, dsb pastikan sebelum meninggalkan hotel kita ingat dimana. Karena ketika petugas house keeping merapikan kamar dan barang-barang tsb hilang. Saya yakin, mereka yang pertama kali dicurigai. Padahal kitanya sendiri yang lupa dimana meletakkannya. Jangan sampai menuduh orang karena kelalaian kita ya kan.

5. Laundry

Misal kita harus nginap berhari-hari dan pastinya gak mungkin mencuci baju. Jangan lupa sebelum meninggalkan kamar letakkan laundry di tempatnya. Jangan sampai pas waktunya butuh pakai baju itu, ternyata belum di cuci karena kita lupa naroh di tempat laundry. Petugas hotel bukan emak kita yang tau mana baju kotor yang akan di cuci kan.

6. Clean up the bathroom

Okey kalau perangkat listrik sih sekarang uda gampang di kontrol hanya dengan mencabut kunci kamar. Kalau kran bagaimana ? Hey dear.. kita memang bayar hotel tapi bukan untuk membuang-buang air kan ya. Lupa yang satu ini, gak baik si pelihara. Jangan lupa aja ada banyak daerah di Indonesia yang butuh air bersih ya kan. 

Lalu flush toilet ? Emang bisa bersih sendiri tanpa di pencet. Jangan sesekali lupa melakukan ini. Di rumah sendiri sekalipun, gak lucu kan ya kalau lupa mencet flush toilet langsung cuss aja pergi. Higienis plis..

Toilet higienis bikin nyaman
(Pixabay. Bathroom)

7. Titipkan kunci ke resepsionis

Jika kita menderita kelupaan level akut, mending kunci kamar di titip di resepsionis aja. Bagusnya itu karena kita selalu balik ke hotel dalam keadaan capek. Kalau mendapati kehilangan kunci, meski resepsionis selalu punya cadangan, tapi malesin aja kan ya. Ribet. Jadi mending titipin ajah. 

Nah.. itu tadi yang penting di ingat ketika menginap di hotel. Senyaman-nyamannya hotel, tetap saja itu bukan rumah pribadi kita. Sebesar-besarnya bayaran kamar kita, tetap saja ada kesulitan yang sebaiknya di hindari. 



20 comments:

  1. Kebetulan kemarin kami keluar dari hotel dan sempat panik. Gara2 kunci hilang.Saat kita semua panik mencari dengan tenang dia kemudia bilang kalau kuncinya dimasukkam ke tasku. Dikiranya atm umminya ketinggalan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe alhamdulillah ya mba haeriah.. bentuk atm ternyata memudahkan

      Delete
  2. Nah..yg bentuk kartu itu yg masih suka kelupaan di bawa keluar lagi :D soalnya lbh sering ber-2 sewa 1 kamar.jd klo yg 1 lupa, yg lain mengingatkan
    Untungnya sih blm pernah kejadian..tp semoga ga akan pernah,hahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak kalo sharing kamar gt ya mba siti. Saling mengingatkan dan kdg di kasi 2 kunci jg sm resepsionis

      Delete
  3. Terkadang yang mau ketinggalan itu barang2 kecil printilan ya mbak.
    Tapi kalo baju kotor ditinggal kelewatan.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mba ririn, iya mba.. kecil2 itu ada2 aja biasanya ketinggalan

      Delete
  4. untuk barang-barang seperti laptop dan sejenisnya ketika meninggalkan kamar hotel untuk sementara, pagi ditinggal sore datang lagi, baiknya ditinggal atau dibawa ya?
    thank

    ReplyDelete
    Replies
    1. @wadiyo kalau mau di tinggal mgkn tdk perlu di bersihkan house keeping kamarnya. Atau simpan di lemari yg terkunci. Meski ga curiga2 tp Drpd ga tenang hati

      Delete
  5. Bener banget ini, Mbak. Saya mah sering lupa ini. Lupa malah handuk hotel kebawa pulang ke rumah. Lah wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. @juliardi, hah seriusan? Emang gak ketauan bawa plg handuk hotel. Hahaha

      Delete
  6. Saya juga pelupa, apalagi kalau buru-buru, memang harus dititp aja ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba liswanti. Kita kan biasanya ke hotel utk suatu kesibukan. Ya saking sibuknya bs lupa2 hehehe

      Delete
  7. Yang kejadian nomor 1 bisa bikin panik hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. mba myra nih yg pengalaman traveling tau deh ya gmn paniknya

      Delete
  8. setiap nginep di hotel, brankas itu yg ga pernah aku gunain samasekali mbak :D.. hihihihi, males nyettingnya dan takut lupa juga sih sbnrnya ;p.. makanya sampe skr aku blm prnh nyobain brankas yg ada di kamar hotel :D.. kalo uang, pasport dan kamera biasanya slalu aku bawa tiap kali ke luar kamar hotel :D.. memang ribet sih, tp aku ngerasa lebih aman aja kalo gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mba fanny.. terutama pasport itu deh ya.. penting buat jaga2

      Delete
    2. Setuju mba fanny.. terutama pasport itu deh ya.. penting buat jaga2

      Delete
  9. Bikin pusing banget ya mbak kalo misal kunci kamar ketinggalan di dalem. Apalagi ditambah dompet lupa juga. Huaaa... :D

    ReplyDelete
  10. Alhamsulillah saya bukan yang pelupa, dan rasa-rasanya belum pernah kejadian yang ribet-ribet. Apalagi yang nomor 1 :D

    ReplyDelete
  11. Tapi ada juga mba, yang kalo meninggalkan kamar hotel ngumpulin barang2 kayak sabun, sikat gigi, odol, sandal hotel hahahahahahaha

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

Powered by Blogger.