Membuat bioskop mini untuk anak-anak

Assalamu'alaikum..

  Tidak terasa LDM saya kini sudah memasuki bulan ke-3. Semua sekarang sudah mulai nampak biasa, Kecuali jika hari minggu tiba. Yuk saya kasi tau cara bikin mini bioskop di rumah.


Pernah nonton film Sabtu bersama Bapak, yang terjadi pada saya saat ini adalah sebaliknya, sabtu tanpa bapak. 

Bagi pasangan long distance marriage sebenarnya bukan hanya hari minggu tanpa suami (papa nya anak-anak) melainkan setiap hari. Kami hanya bertemu setiap dua bulan dengan durasi antara 8-12 hari. Ya ini adalah resiko yang di alami sebagian besar wanita yang memiliki suami pekerja tambang dengan cuti roster. 

Awalnya berat bagi kami semua menjalani ini. Alay dikit ya karena kami baru mengalami LDM setelah 6.5 tahun menikah. Anak-anak pun cukup shock awalnya.


Sekarang setelah hampir 3 bulan, anak-anak mulai terbiasa. Menelpon tidak lagi dramatis menyuruh papanya pulang. Saya pun udah gak sering-sering lagi bilang kangen, eh tapi tetep kangen kok tiap hari eaaaa. Saya juga ga bolak balik telpon kalo ada masalah yang butuh pria. Sudah mulai menemukan banyak solusi.

Contohnya dulu kebingungan ga bisa angkat galon. Yah sebenernya nelpon kebingungan juga buat apa, masa iya papanya di suruh pulang buat nuang galon doank. Kebingungan pipa bocor sekarang di lem sendiri. Rumput mulai meninggi saya semprot roundap langsung mati semua. Hahaha.. 

Terakhir kemaren saya ngurus perubahan daya listrik gara-gara listrik sering jeglek juga tanpa suami. Hahaha sekarang saya berasa jadi wanita serba bisa. Lama-lama saya bangga sama diri saya sendiri. Ternyata semua bisa di atasi. Saya jadi mandiri. Dan yeahh.. ternyata saya mampu mengatasinya. Ibu dengan 3 anak kecil yang serba bisa. Ah betapa sombongnya diriku astagfirullah.. hehehe

Hanya satu yang belum bisa di atasi. Yakni weekend. Bila hari kerja ketiadaan papa disini tidak terasa, karena rempong sana sini ngurus rumah dan 3 anak kecil ini. Tapi hari minggu tanpa papa kami serumah mati gaya. 

Mau pergi kemana ? Saya gak mungkin naik sepeda motor bawa 3 anak karena si bungsu masih newborn. Si tengah masih belom 2 taun. Ga mungkin juga nyuruh kakak yang belom 6 tahun untuk megangin adeknya. Eh ini sebenarnya mau berbagi Tips apa curhat sik ? Ya 22nya.. hahaha.. 

Sambil belanja tercetuslah ide. Untuk membuat kegiatan yang kami sukai namun tidak bisa di lakukan lagi sejak papa pergi. Apa itu? Nonton bioskop. Etapi ga mungkin nonton bawa anak 3 apalagi bayi, yang ada saya sibuk lari-larian ngejar si anak tengah.

Lalu apa yang saya siapkan.

  1. membeli 2 dvd (HARUS film anak)
  2. Membeli sebungkus pop corn (masih mentahan) 
  3. mengeluarkan speaker yang biasanya untuk PC (ukuran kecil)
  4. Siapkan proyektor (jika ada) / televisi

Oke malming siap bikin mini bioskop di rumah. Papa ? Kayanya anak-anak lupa.. hihihi #PissssPapa

Bikin popcorn sendiri lebih enak dan murah


Setelah semuanya siap, yang perlu anda lakukan hanyalah

  • menutup semua gorden rumah sampai tidak ada cahaya sama sekali (jika siang) jika malam cukup matikan semua lampu.
  • cemilan di depan posisi duduk dan nyalakan DVD.
  • Putar film melalui tv ataupun proyektor.


Dan yeah... beginilah nasib punya anak-anak toddler di rumah. Ketika semua sudah siap, tinggal masukin DVD ehhhh kaset dvd nya ilang. Ya ampun.. gagal malming bikin mini bioskop hahaha..

Besok paginya baru kaset DVDnya ketemu.. hmmmph.. anak-anak ya gitu deh. Akhirnya jadi juga kami nonton mini bioskop film jungle book.. tapi etapi itu popcorn uda habis tadi malam pas batal nonton. Hahaha apes..

Inside out dan bioskop mini,
Gelap semua mata tertuju ke TV yang di buat cetar


Nah ternyata mini bioskop ini cukup menarik bagi anak-anak dan menurut saya punya nilai positif. Karena

  1. Anak-anak memang suka film bioskop jadi sangat terhibur meski ga bisa ke bioskop bersama papanya
  2. Suasana yang di buat mirip bioskop ala-ala akan bikin anak-anak exciting karena mencoba hal baru
  3. Hemat, tentunya hemat energi ke bioskop, dan semua bisa ikut nonton. Dan hemat ga usah beli tiket nonton juga. Pastinya lagi popcorn nya lebih murah daripada beli di bioskop. Maklum emak hemat beb..
  4. Gak berisik sama penonton bioskop lain jadi saat anak-anak tanya, kita masih bisa jelasin.
  5. Bisa nonton suka-suka. Yak.. yang satu nonton sambil ngedot, yang satu sambil main, aku juga bisa sambil makan, mau malam minggu, atau minggu siang ya suka-suka lah.

Nah.. akhirnya mini bioskop ini kami terapkan terus tiap malam minggu. Dan weekend ini anak-anak uda pada nonton Inside Out.

Kalo bingung mau beli kaset dimana, coba aja yang terdekat di alfa**rt atau indoma*** banyak kok kartun-kartun dan semuanya Ori.

Minggu tanpa papa gak kawatir lagi mati gaya. Justru ketika papa pulang cuti pun kami tetap bikin bioskop mini. Karena Papa merasa tenang nonton bioskop di rumah, anak-anak ga bakal berlarian atau ganggu penonton lain.

Nah,Semoga bermanfaat yaa.. ^^



13 comments

  1. Alhamdulillah ga mati gaya. Btw jadinya ga kemana-mana gitu mba? Repot juga sih handle 3 anak sendirian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe kdg2 bs jg mba jalan2 keluar kalo lagi ada ortu di rmh. Jd yg bayi di tinggal..

      Delete
  2. selalu kagum sm yg ngejalanin ldm mbk, keren, aku tak sanggup mungkin mbk,
    btw ide bioskopnya boleh jg nih, patut dicobak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ini jg belum sepenuhnya sanggup kok mba.. lagi coba adaptasi sm keadaan

      Delete
  3. wah seru juga ya, selama dengan anak-anak selalu seru

    ReplyDelete
  4. Ya Allah mbak hebat banget. Aku sehari aja suami lembur rasanya luar biasa...

    ReplyDelete
  5. Smangat ya mbaa :) sabtu ini tanpa papa , bikin popcorn sendiri kayanya seru ya mbaa. Anak jadi teman setia, sebelum besar nanti :D

    ReplyDelete
  6. boleh juga idenya mbak :D... aku mw cobain ke anakku, moga2 bisa anteng nonton nya sambil ngemilin popcorn :D

    ReplyDelete
  7. serunya mak Ruli, hihi..jadi makin kreatif ya mak karena ldr, bakatnya pada keluar :Dv moga slalu dilancarkan mak

    ReplyDelete
  8. Kalau saya kadang di rumah pake proyektor, Mbak. Memang seru bikin bioskop mini :)

    ReplyDelete
  9. Jadi ingat LDR ama suami, nggak mesti sih waktunya. Tergsntung dpt proyek di mana gitu. LDR pertama malah pengantin baru, trus anak pertama usia 2th, jadi nggak gitu terasa krn oulang 2minggu sekali, hihii. Eh tapi emaknya yg berasa banget krn masih nganten baru ituuu, huehuee

    ReplyDelete
  10. Kereeen.. gutaide nih. Bisa ditiru. Secara sekeluarga hobi nonton. ^_^

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..