Tuesday, 2 August 2016

Kiat agar Tumbuh kembang si Kecil optimal, Eksplorasi pun maksimal



We may not be able to prepare the future for our children, but we can at least prepare our children for the future.

Franklin D. Roosevelt


Welcome to Dancow Parenting seminar


Assalamualaikum...
   Di dunia ini tidak pernah ada kursus untuk menjadi orang tua yang baik. Pun tidak pernah ada nasihat yang benar-benar paten. Karena kondisi setiap orang tua dan anak itu berbeda. Hanya orang tua yang benar-benar tau kondisi terbaik untuk anaknya.


Banyak orang berkomentar ketika anak menjadi pintar, ah wajar orang tuanya pintar. Artinya di anggap pintar karena genetik. Ada yang nemuin anak hiperaktif, ah pasti karena susunya formula. Ada anak yang super baik, ah wajar yang merawat sayang banget.

Padahal komen tsb memang tidak sepenuhnya salah. Tapi tidak selalu benar. Anak pintar, aktif, baik, nakal, pendiam, itu adalah tergantung pada optimalnya tumbuh kembangnya.

Saya lantas berpikir sudah optimalkah yang saya lakukan? Itulah yang mendasari saya ikut hadir di acara seminar yang diadakan Dancow Parenting Center di Hotel Golden Tulip pada hari sabtu lalu 30 juli 2016

Sejak di rumah, dengan 3 pakar penting tumbuh kembang anak dan moderator mba Shahnaz Haque saya hanya ingin foto bareng mba Shahnaz. Sempat terpikir oleh saya, mungkin... ini seminar serius bakal bikin saya ngantuk dan kaki kesemutan karena kaku. Ternyata... baca dulu sampe abis..

Coba Kita intip dulu ilmunya..usut punya usut.. anak pintar tidak akan pintar tanpa eksplorasi. Anak pintar pun tidak akan maksimal jika ia tidak sehat. Tidak hanya faktor genetik, bukan cuma faktor lingkungan. Itulah Dancow menjadikan tema "Tumbuh Kembang Sikecil berawal dari pertumbuhan yang optimal" yuk sini yang gak ikut seminar saya bagikan ilmunya ya

Acara di awali dengan cerita Mba Shahnaz Mengenai 3 buah hatinya yang semua perempuan yang kini semua sudah beranjak remaja. Cantik-canti dan semua adalah anak dengan asupan susu Dancow. Eh saya juga loh pas kecil uda pakai Dancow (siapa yang tanya ? Hihihi)

Happy Family

Di acara ini di sampaikan bahwa Kunci tumbuh kembang anak agar ia bisa bereksplorasi maksimal ternyata dipengaruhi 4 hal. Nah 4 hal ini yang di bahas oleh para pakarnya.

  1. Nutrisi
  2. Stimulasi
  3. Kasih sayang
  4. Perlindungan

1. Nutrisi 
oleh Sari Sunda Bulan, AMG
(Pakar nutrisi)
Saya tau bahwa maksimalnya tumbuh kembang di pengaruhi oleh kesehatan. Tapi serius deh saya baru tau kalau kesehatan itu 80% di pengaruhi oleh pencernaan. Saya pikir dulu 50:50 antara perncernaan dan pernafasan. 

Bunda Sari pakar Nutrisi

Pesan penting bu sari
  • manjakan anak dengan menu yang di sukainya, geber berbagai variasi masakan yang di sukai anak
  • meski yang di sukai anak tapi harus tetap tau betul kandungan nutrisinya
  • porsi karbo anak adalah sekepal tangan anak, dan porsi ikan sayur sebesar tapak tangannya
  • sehatkan dan lindungi saluran cerna anak dengan susu yang mengandung inulin dan bakteri baik. 


Dimana kandungan tsb ada di Dancow Excelnutri+ dengan varian usia 1+, 3+, 5+ 

2. Stimulasi 
Oleh  Dr. dr. Soedjatmiko SpA (K), Msi 
(dokter ahli tumbuh kembang anak)
Meski memiliki genetik orang tua pintar, anak belum tentu jadi pintar jika tidak di stimulasi, dan kecerdasan tidak bisa keluar jika anak tidak diberi kebebasan bereksplorasi. 

Menurut dr. Soedjat bermain bersama anak adalah stimulasi terbaik. Sempatkan bermain bersama anak setiap hari, inget ya TIAP HARI loh.. permainannya pun di pilih yang seimbang antara stimulasi otak kanan dan otak kiri.

Stimulasi yang baik selain membuat anak tumbuh maksimal juga akan menghasilkan anak-anak yang berperilaku baik dengan bimbingan penuh dari orang tuanya.

Pesan dr.Soedjat
  • Selalu luangkan waktu untuk bermain bersama anak
  • Lindungi kesehatan anak dengan maksimal
  • Jadilah orang tua yang baik agar anak berperilaku baik
  • Jangan fokus hanya pada salah satu sisi otak. Tapi seimbangkan otak kiri dan kanan.


Betul gak dr.Soedjat mirip pak JK

By the way, ini dokter kocak abis loh, beliau mirip Bapak Jusuf Kalla menurut saya. Hihihi beliau juga bs sulap loh, pengen liat? Saya punya videonya tapi gak saya insert. Berat filenya karena mayan panjang hehe.. *php


3. Kasih Sayang 
oleh Dra. Ratih Ibrahim, MM, Psi (psikolog)
Kita menyadari bahwa kita mencintai anak-anak kita sejak sebelum dia lahir. Maka setelah ia lahir maka perlakukan ia sebaik-baik cinta sejati. 

Mengajak bermain adalah wujud cinta kita, meluangkan waktu bersamanya, bertutur kata baik, termasuk juga mendisiplinkan anak. Kasih sayang pula yang mengajarkan anak menjadi orang yang benar, mengarahkan agar tidak terjerumus ke jalan yang menyimpang dan menjadikannya anak yang kritis.

Bunda Ratih sangat interaktif
Pesan bunda ratih
  • Bermain bersama anak tidak harus jauh, cukup di lingkungan rumah pun bisa
  • Kasih sayang tetap harus tegas pada hal yang membahayakan
  • Cintai anak sepenuh hati dengan lebih menghargainya
  • Hormati anak maka anak pun akan menghormati orang tua.


Bunda Ratih sangat komunikatif sekali, penjelasan beliau langsung to the point namun cukup jelas pesan utama tersampaikan. Beliau pun juga memberi tips menjaga keharmonisan rumah tangga sebagai faktor pendukung menjadikan anak lebih bahagia.

4. Perlindungan oleh Aidil akbar (Financial Planner) 
Jika tadi kita sudah membahas tentang perlindungan anak secara maksimal dalam kesehatan..maka ayah Aidil mengajarkan kita untuk melakukan perlindungan dalam segi financial. Agar prestasi anak bisa terus di dukung.

Beliau membeberkan cara menghitung tabungan yang harus kita sisihkan setiap bulan sebagai persiapan anak di masa datang dimana biaya sekolah akan selalu naik kurang lebih 10% pertahun. 

Ayah aidil keren banget itungan biaya pendidikannya

Pesan dari Ayah Aidil
  • untuk investasi jangka pendek gunakan tabungan pendidikan atau emas perhiasan
  • beli perhiasan emas yang sederhana, karena emas yang bentuknya rumit akan makin mahal pembuatannya padahal hanya untuk di invest
  • belilah surat obligasi utang dari pemerintah untuk bisa menambah investasi, tersedia juga dalam bentuk syariah
  •  siapkan tabungan anak sejak dini bahkan sebelum anak lahir.


Yah... ketika acara berakhir saya lumayan sedih. Rasanya ilmunya masih kurang deh.. lagi lagi lagi.. bahkan di acara tsb banyak juga loh single yang datang. Mungkin untuk persiapan menjadi orang tua kelak.

Tapi sebelum pulang ada pembagian doorprize loh.. dari Tabloid Nakita. Hiks.. saya belum beruntung gak dapat doorprize. Tapi saya beruntung bisa selfie sama Shahnaz haque.. yeay !!!

Selamat...
Biar gak di kira hoax... hihihi 
Yang mau banyak belajar kaya saya meski gak ikut seminar bisa gabung aja di Facebook : Dancow Parenting center
Biasanya akan ada live chat bersama para pakar parenting disana.

16 comments:

Kak Pita said...

Wuiiih keren banget bisa foto sama mba syahnaz, aku kemaren kabur ke goodie bag sama makan siang hahaha

Ruli Retno Mawarni said...

Hahaha bumil sih emang kudu cpt2 makan

antung apriana said...

kayaknya saat yang lain pada ngantri makan, mbak Ruli langsung ngejar mbak Shahnaz. hihi

Perempuan November said...

kesampaian ya mbak foto bareng Syahnaz :D

bener banget sig ya, tumbuh kembang tiap anak tidak bisa dititikberatkan pada satu faktor saja, tetapi berbagai faktor yang kesemuanya harus diperhatikan, baik itu asupan gizi maupun bagaimana kita bersikap terhadap anak :)

Liswanti Pertiwi said...

Nutrisi, Stimulasi, Kasih Sayang dan Perlindungan sangat penting sekali ya mba untuk tumbuh kembang Si Kecil

Liswanti Pertiwi said...

Nutrisi, Stimulasi, Kasih Sayang dan Perlindungan sangat penting sekali ya mba untuk tumbuh kembang Si Kecil

Ruli Retno Mawarni said...

Hahahah.. engga aku ambil goodie bag dulu. Trs liat mba shahnaz sepi ya uda kesitu dulu baru makan

Ruli Retno Mawarni said...

Hahahaha. Iya biar gak di kira hoax atau dpt liputan dr org..

Ruli Retno Mawarni said...

Hehehe iya sy baru tau jg pas belajar kmrn

Rach Alida Bahaweres said...

Belajar perkembangan anak harus dilakukan terus menerus ya mba Ruli. Untuk optimal :)

Kautsar Ab said...

bermanfaat sekali sharenya mbak... saya baru tahu itu "porsi karbo anak adalah sekepal tangan anak, dan porsi ikan sayur sebesar tapak tangannya" alhamdulillah nambah ilmu :)

evrinasp said...

iya nih harus sering menstimulasi anak agar kecerdasaannya keluar, paling aku sambil ngajak main alfi

Hidayah Sulistyowati said...

Senengnya yang bisa foto bareng Syahnaz. Komplit ya dapat pengetahuan yg penting plus kopdar bareng temen dan artis, hehehe

Diah Kusumastuti said...

Aku kurang kreatif Mbak orangnya. Jadi suka bingung kalo mau ngajak anak bermain :(
Btw asyik nih bisa foto sama Mbak Syahnaz :)))

Heni Puspita said...

Thanks for sharing Mbak :) Bermanfaat sekali :)

Nisa said...

bermanfaat sekali ya. kebutuhan anak ternyata ngga cm nutrisi, tapi juga kasih sayang dan stimulasi yang baik dari ortunya : )