Saturday, 13 August 2016

Cinta Indonesia ? Pastikan mengunjungi 7 seni budaya ini ketika di Lombok

Assalamu'alaikum...

 Berencana tour ke lombok ? Kemana pun tujuan wisata anda di lombok, Jika memang cinta Negeri Indonesia pastikan 7 seni budaya ini anda coba ya.. 
   Lombok, kota dengan julukan kota 1000 masjid makin terkenal sejak di nobatkan menjadi juara "World's Best Halal Tourism Destination" sekaligus predikat "World's Best Halal Honeymoon Destination" pada Tahun 2015. Mengalahkan kota-kota lainnya di negara muslim seperti amman, Kairo, Istanbul, dan banyak negara lainnya.

Doc. Pribadi

   Jadi kalau berencana ke lombok jangan cuma ngelist daftar wisatanya. Ke gili, pink beach atau tanjung Aan. Sebagai warga negara yang mencintai tanah airnya, harusnya di list juga donk wisata seni budaya khas lombok yang harus dicoba. 
    Waktu saya ke lombok akhir 2015 lalu ini nih seni budaya lombok yang paling berkesan buat saya dan harus anda coba.

  1. kerajinan Gerabah, di Banyumulek adalah pusatnya. Dimana gerabah-gerabah disana berkualitas ekspor. Pembuatannya masih sangat tradisional dan produknya sangat mencirikan kebudayaan lombok. 
    Pusat pembuatan Gerabah kualitas export
  2. Tenunan songket khas Lombok, di Patuh adalah pusatnya penjualan kain tenun khas lombok. Konon dulunya semua gadis lombok tidak boleh menikah jika belum bisa menenun. Satu kain tenunan bisa selesai di buat dalam dua bulan dengan pengerjaan 10 jam sehari. Berani coba?? 
    Belajar tenun songket khas lombok
  3. Memintal benang, cobalah ketika anda ke desa Sade, proses awal dari kapas menjadi benang dengan alat tradisional. 
    Merubah kapas menjadi benang
  4. Berbagai jenis kain songket, masih di Patuh anda bisa belajar berbagai jenis songket khas lombok. Apa bedanya dengan songket suku lain di Indonesia, dan mana yang menjadi khas kebanggaan Lombok. 
    Berbagai motif kain khas lombok
  5. Alat musik Cungklik, ini adalah alat musik khas lombok. Dari bambu Menyerupai angklung tapi tidak di gantung. 
    Alat musik Tradisional Lombok
  6. Dusun Sasak Sade dan rumah penduduk aslinya. di dusun Sasak Sade rumah penduduk disana masih menggunakan bilik dan lantai yang terbuat dari kotoran sapi. Terlihat licin seperti di semen padahal dari kotoran sapi. Unik banget kan.
    Desa Sade
  7. Baju pengantin dan rumah adat khas Lombok. Jika anda ke Patuh, disana di tawarkan berfoto dengan pakaian adat khas Lombok. Menurut adat Lombok setiap pasangan mau menikah, calon wanita harus diculik dulu sehari, terus orang tuanya lapor ke kepala adat bahwa anak gadisnya diculik, baru mereka dinikahkan. Seru kan ! Ini masih berlangsung hingga sekarang loh. 
    Pengantin suku sasak :D

Inilah wujud cinta kita kepada Indonesia. Nanti kalau ada yang bertanya tentang seni budaya asli Indonesia, kita sudah tau. Malu kan kalo tau budaya luar negeri tapi gak tau budaya negeri sendiri.

  Untuk pengalaman wisata yang makin berkesan, pilih penerbangan terbaik anda dengan harga terbaik, jam terbaik dan pelayanan terbaik.

Siapa lagi yang mencintai seni dan budaya Indonesia kalau bukan kita sendiri, dirgahayu Indonesiaku ! Aku Cinta Indonesia..



47 comments:

Tira Soekardi said...

ihhh, ayg diatas aku sudha semua dan memang menyenangkan piknik ke sana

Ruli retno said...

Bangga ya mba sm kekayaan budaya Indonesia yg masih di jaga dgn sangat baik disana :)

Diah Indriastuti said...

Pengen piknik ke Lombok... Blm pernah kesana.

Diah Indriastuti said...

Pengen piknik ke Lombok... Blm pernah kesana.

Ika Puspitasari said...

Salah satu destinasi wisata impianku itu ke Lombok. Semoga bisa terwujud suatu saat;)

Nur Rochma said...

Pengen banget, secara aku nggak pernah pergi jauh-jauh.

Rusydina Tamimi said...

pengen deh maen maen kesana jugaa, kayaknya seruuu :3

Ruli Retno Mawarni said...

Seru bgt mba.. 4 hr disana rasanya kurang puas

Ruli retno said...

Cobain yuk

Ruli Retno Mawarni said...

Aamiin.. insya Allah segera ya mba

Ruli retno said...

Yuk lgsg hunting tiket mba

Nunung Yuni Anggraeni said...

Waah seru banget ya Mbak bisa jalan-jalan ke Lombok.Saya malah belum pernah..

Nunung Yuni Anggraeni said...

Waah seru banget ya Mbak bisa jalan-jalan ke Lombok.Saya malah belum pernah..

Sie-thi Nurjanah said...

Ooh..Mba Ruli orang Surabaya..kirain lombok. Tp seru juga ya mba mengenal budaya daerah lain bangsa Indonesia

andyhardiyanti said...

Hayukkk ke Lombok lagi mbak, biar kita kopdaran :D

Prita Hw - LIVE UR PASSION said...

wahhh, potonya disediakan dan gratis ya mbak? Kok ga pakai sewa2 an gitu ya mbak mereka, baik banget :D

Victor Martin said...

Wah, insya Allah mau kesana liat kerajinansongketnya.. mudah2an terwujud,, nice referensi..

ariffadlillah said...

Bener juga ya, kalo denger kata Lombok pasti yang terbayang pantai-pantainya. Jarang yang travelling untuk seni budaya hehe

April Hamsa said...

Belum pernah ke Lombok tapi selalu tertarik akan kekyan budaya daerahnya. Terutama pengen punya kain songketnya hehe

Bobby Ertanto said...

Aduuhhh, udh beberapa kali ke lombok, tapi belum ada yang kesini. Langsung melipir ke Gili, atau ke selatan, tanjung aan. Awal sept kesana mesti disempetin nih

BTW, salam kenal ya kak :)

Filaika said...

Wah tertarik ikut bikin kerajinan gerabahnya. Jadi pengen deh, makasih banget udah share ^-^

Ophi Ziadah said...

waah aku juga sempet pura2 menenun tuuh hahaha buat ambil photonya.
tp memang kece nih wastra lombok sukaa...
harganya juga lumayan mihil, beli seledang aja deh yng kecil hehe...

Lidya Fitrian said...

mupeng sama songketnya, coraknya bagus2

evrinasp said...

Lombokkkk, I miss youuuu, aku baru ke sasak sade aja mbak, duh jadi kangen

fanny fristhika nila said...

bahaya nih kalo udh ketemu tempat dimana jual kain2 gini :D.. aku suka kalap mata soalnya :D.. apalagi songket lombok ;)

Baiq Rosmala said...

nice post mba, salam kenal dari Lombok :)

Siti Mudrikah said...

Aku tertarik ke suku sasaknya

Vety Fakhrudin said...

ih 2x pengen ke lombok gagal mulu gara2 tiba2 keduluan hamil. sekarang belum berani merencanakan ke lombok ­čśé

Ruli Retno Mawarni said...

Yuk di rencanakan.. ga nyesel deh di jamin hehehe

Ruli Retno Mawarni said...

Iya mba.. kenal budaya daerah lain itu bikin kita bangga jd org indonesia hehehe

Ruli Retno Mawarni said...

Aahhhhh mba andy nawarinnya telattttt... wkwkwk
Ntar deh aku nagih hanimun lg ke lombok sm suami hahaha

Ruli Retno Mawarni said...

Iyah gak pake sewa.. malah di tawar2in.. kmrn aja sy mau lgsg pulang di ingetin lagi kalo belom foto...hehehe keliatan klo mereka bangga bgt sm budaya adat mereka

Ruli Retno Mawarni said...

Nah... mudah2an disegerakan ya mas victor

Ruli Retno Mawarni said...

Cari paket wisata yg include mengunjungi seni budaya nya biar gak nyesel hihihi

Ruli Retno Mawarni said...

Kalo kesana kudu mborong songket deh mba. Ngiler liat semuanya hehehe

Ruli Retno Mawarni said...

Salam kenal mas bobby.. wah kalo suka ke tanjung Aan pasti suka surfing ya?

Ruli Retno Mawarni said...

Iya mba filaika.. seru banget itu butuh konsentrasi antara memutar dan merancang bentuk gerabahnya

Ruli Retno Mawarni said...

Hahahaha.. iya mba start from 150rb per meter hingga juta-juta rasanya warbiasyah.. saya cuman beli 4 meter aja buat baju sekeluarga rasanya nyesss..

Ruli Retno Mawarni said...

Mpe bingung mba mau yg mana saking cantik semua

Ruli Retno Mawarni said...

Dah balik lagi kesana cuss.. lombok emang ngangenin bgt

Ruli Retno Mawarni said...

Hahahaha... kekep dompet kuat2

Ruli Retno Mawarni said...

Halo mba rosmala... duh kalo namanya Baiq dah pasti asli lombok.. salam kenal jg yaaa

Ruli Retno Mawarni said...

Seru mba byk hal unik yg bener2 masih tradisional disana

Ruli Retno Mawarni said...

Aku pnh gagal sekali ke lombok akhirnya di tuker ke bali. Hbs itu yg kedua alhamdulillah sukses ke lombok.. yuk rencanakan lg.. ajak tuh anak2 hehehe

Airpaz said...

Tulisan menarik, terima kasih atas partisipasinya dalam lomba blog Airpaz. Semoga menang dan mendapatkan tiket gratis dari Airpaz y :)

Ruli Retno Mawarni said...

Aamiin insya Allah.. terima kasih

Cerita Travel said...

Wah, suka bacanya..semoga menang yach