Monday, 15 August 2016

Belajar, bermain dan Makan bergizi bareng Milna 1st Bite cegah Wasting dan Stunting sejak dini

Assalamualaikum...
   Ketika anak berusia genap 2 tahun. Maka 80% otak anak sudah seperti orang dewasa. Karena itu fokus kita ke MPASI sangatlah berperan penting. Cara memaksimalkannya gimana?

Milna 1st bite day series

    Anak ke-2 saya sekarang berusia 22 bulan. Mendekati 2 tahun. Sedangkan anak pertama saya sekarang sudah berusia 5 tahun dan Sudah melewati 1000 hari pertamanya. Banyak yang bilang anak pertama saya terbilang pintar, dalam segala hal yakni dalam bergaul, belajar juga beribadah.
   
Saya ingin mengulang kesuksesan tsb pada anak kedua dan ketiga saya. Berhubung yang ketiga masih newborn. Kita fokus ke Qowiy dulu yang mau mendekati 2 tahun.

 Waktu Qorira mau MPASI, saya sibuk mencari segala yang organik, bergizi lengkap dan tentunya di sukainya. Saya mencari makanan-makanan import yang di gadang-gadang serba organik. Saya membelinya dan harganya tidak murah ya bunda...

Memang secara gizi makanan import dapat yang maksimal Tapi saya mengabaikan satu hal. Yakni Halal, produk import organik jarang sekali berlabel halal. Ada tapi jarang meskipun kadang nabati tapi jarang berlabel halal. Jadi saya berpikir, udah gak pasti halal, mahal pula. Bunda-bunda.. meski organik belom tentu di jamin halal ya. Tapi itu dulu loh, beberapa tahun yang lalu. 

Alhamdulillah ketika 1st bite nya mas Qowiy. Sekarang Ada tuh milna organik, yang setelah saya cek mengandung nutrisi lengkap untuk periode emas usia infant hingga toddler untuk memaksimalkan pertumbuhan otak dan fisik. 

Apa saya gak bisa bikin makanan yang alami ? bisa.. tapi ya tidak selalu enak. Kadang pun saya gak pas memadu padankan varian gizinya. Dan.. Hey.. milna yang satu ini organik loh. Jadi alami kan Terus harganya juga terjangkau, dan pastinya HALAL. Untuk yang rasa kacang hijau ada nih SH nya dengan nomer 00050017130901. Bisa cek deh ke websitenya LPPOM MUI. 

Tahu gak bunda, kalau MILNA BUBUR BAYI ORGANIK sebagai Bubur Bayi Organik Pertama di Indonesia dan terbuat dari bahan alami organik pilihan yang mengandung 95% bahan pangan organik yang sudah disertifikasi resmi thats why its cheaper than import product ;)

Milna bubur bayi organik

Nah bicara tentang Milna 1st Bite day, selain alasan yang saya ceritakan diatas kenapa akhirnya memilih milna untuk MPASI si abang, saya juga mau menginfokan betapa pentingnya 1st bite dalam 1000 hari kehidupan awal anak. 

Milna dengan kandungan gizi kompleks dengan nutrisi lengkap sangat di sarankan untuk mencegah terjadinya wasting dan stunting pada anak. Apaan sih wasting dan stunting.

Menurut WHO wasting adalah
Wasting or thinness indicates in most cases a recent and severe process of weight loss, which is often associated with acute starvation and/or severe disease.

Sedangkan Stunting menurut WHO adalah
Stunted growth reflects a process of failure to reach linear growth potential as a result of suboptimal health and/or nutritional conditions.

Info lengkap tentang apa itu wasting dan stunting bisa anda di web WHO yang ngebahas tentang child growth and Malnutrition  disini ya.

Kesimpulannya wasting adalah Perawakan badan Kurus. Sedangkan Stunting adalah perawakan badan pendek yang di karenakan kurangnya nutrisi penting saat pertumbuhan. Kayanya bagi para orang tua wasting dan stunting adalah hal yang merupakan mimpi buruk bagi masa depan anak ya..hehehe ya iyalah...

Jadi buat apa sih Milna menggalakkan Campaign MILNA 1ST BITE DAY – MOMEN MAKAN PERTAMA SI KECIL. Karena ternyata wasting dan stunting tidak sebatas pada badan kurus dan pendek saja efeknya.

“Kekurangan zat besi yodium, seng, dan vitamin A dalam jangka panjang bisa mengakibatkan terjadinya penurunan IQ dan risiko penyakit seperti obesitas, diabetes melitus, jantung koroner, hipertensi, dan osteoporosis,” jelas Dr. Attila Dewanti, SpA(K), Pakar Kesehatan Bayi dan Anak, pada acara pers Milna 1st Bite Campaign di The Hall Senayan City, Sabtu, 14 Mei 2016. (Sumber : www.klikdokter.com) 

Karena itulah Milna pun selain meluncurkan produk Milna bubur bayi organik juga meluncurkan seri Milna Wgain dengan Whey Protein untuk menambah berat badan bayi yang di bawah standard Dan ada juga Milna Goodmil untuk bayi yang beresiko alergi protein Sapi. Kesemuanya varian milna ini, adalah produk terbaik untuk moment 1st bite karena mengandung nutrisi komplek yang kaya asam amino, zat besi, seng dan vitamin yang mencegah terjadinya wasting dan stunting.

Wahhh kok lengkap banget ya.. sampai yang bayi alergi dan berat badan rendah pun masih bisa dapat nutrisi lengkap dari Milna. Iyalah, karena Kalbe nutritionals sangat concern menjadikan Milna sebagai ahlinya makanan bayi. 

Ketika usianya menginjak 1 tahun abang Qowiy uda doyan ngemil, maunya makan biskuit-biskuit yang ada di meja kesukaan saya dan papanya termasuk kue-kue Lebaran yang jelas ga cocok untuk usianya hehehe.. Jadi saya kasih dia Milna Toddler biskuit sebagai lanjutan dari biskuit milna 6+ yang teksturnya udah ga cocok lagi sama gigi-nya abang qowiy yang udah banyak.

Biskuit toddler ini buat anak usia 1-5 tahun jadi si kakak Qori juga masih makan biskuit ini. Meskipun bentar lagi udah mau 6 tahun tapi kandungannya masih jauh lebih baik daripada kakak makan biskuit dewasa ya kan..

Biskuit ini juga ikut berperan mencegah wasting dan stuning karena mengandung Zat besi, kalsium, 11 vitamin dan 6 mineral penting (makronutrien dan mikronutrien). Jadi ngemil pun gak sembarangan. ingat loh ya.. usia 1+ itu masih masuk dalam periode emas anak.

Alphabet dan Angka di tiap keping biskuit

Di tambah lagi Milna toddler biskuit di buat dengan bentuk unik. Bundar dan bergambar. Untuk rasa coklat ada gambar alphabet. Sedangkan yang rasa keju bergambar angka. Sebelum makan biasanya saya sambil ngajarin dulu ini huruf apa angka berapa.

Soal rasa gimana? Saya belum pernah kecewa sih sama biskuit ini. Si kakak doyan yang rasa coklat karena dia suka yang manis-manis kaya saya . Si abang doyan yang keju karena dia memang sukanya yang gurih. Kalo saya suka keduanya *eh serius loh rasanya enak. Saya juga suka... hihihi...

Penggemar keju menemukan soulmate-nya

Nah usia 1+ ini biasanya banyak tuh anak-anak yang gak doyan makan. Ga mau bubur, ga mau biskuit, lalu gimana donk biar gak Wasting dan stunting ? Tenang bunda.. masih ada harapan. Yaps.. Milna 1st bite juga ada instant puddingnya.

Pudding Milna mengandung kalsium tinggi dan 10 vitamin penting untuk toddler. So yang gak suka biskuit bundanya jangan patah semangat..

Coklat, vanilla, dan strawberry

Oya, satu lagi info pentingnya. Setiap kemasan biskuit dan pudding Milna di box-nya di lengkapi permainan untuk edukasi anak. Tinggal bunda gunting-gunting deh box tsb terus main bareng.

Atau mau permainan lain ? Coba lihat di video saya ini.
video

Cara bikinnya gampang banget

  1. Siapkan beberapa keping biskuit Milna toddler rasa keju
  2. Lihat berapa angka yang tersedia dari 1-5
  3. Angka yang tidak ada kita buat di sehelai kertas yang hampir seukuran biskuit Milna
  4. Lalu susun berbaris selang seling antara kertas angka dengan biskuitnya. Biskuitnya beri alas tisu kecil di meja jadi warnanya serupa.
Cara mainnya : 
  1. Ajak anak melihat-lihat dulu. sudah pasti ia ingin mengambil biskuitnya dan memberantakin. Anak-anak cenderung ingin memberantakin sesuatu yang rapi.
  2. Sebelum dia mengambil biskuit bunda sebutkan angka-angka yang tertera disana. Sebutkan berulang hingga anak menirunya.
  3. Bila sudah selesai 1-5 anak boleh mengambil biskuit mana yang dia suka.
  4. Bila biskuit sudah habis lakukan cara yang sama dengan menggantikan biskuit yang habis dengan yang baru.

Nah.. dari video tsb bisa belajar sambil main kan. Belajarnya oke, main oke, ngemil oke, gizinya juga tetep oke. Terus dampak buat anak-anak apa? Yang jelas gizinya terpenuhi, berat badan dan tinggi badan ideal. Stimulasi berjalan baik. Kecerdasan berkembang maksimal karena saya lihat banyak hal belum saya ajarkan eh dia sudah bisa sendiri. Dan tidak ada delay speech pada kemampuannya berbicara.

Dengan memberikan asupan terbaik, enak dan HALAL untuk putra putri saya di 1000 hari pertamanya, saya berharap Wasting dan stunting dapat saya hindari sedini mungkin.

Yang mau tau lebih banyak tentang Milna 1st bite day  dan seneng-seneng sama Milna seperti anak-anak saya bisa kunjungi

Website   : www.bayimilna.com
Facebook: MilnaID,
Twitter    : @BundaMilna
Instagram: @milnaid








19 comments:

fanny fristhika nila said...

Ini mkanan anakku jugaaaaa ^o^.. pas mulai msk 6 bln, kita udh beli tuh bbrp mknan bayi dr berbagai merk, dan ankku pling doyan ama yg milna ini :D.. biskuitnya jg lbh enak aku rasain...

Grace Melia said...

Ah ada resepnya juga, asyiikk, TFS ya mbaaaa ^^

Santi Dewi said...

waktu anak saya masih toddler camilannya milna toddler :)

Mas Huda said...

anak saya baru usia 3 bulan besok tanggal 22, nanti pada saatnya mungkin akan bertambah inovasi lagi ya Milna ini

Meriska Putri W said...

Eh baru tau Milna ada biskuit n pudingnya.. dulu anakku tak kasi biskuit orang gede n ribet banget bikin pudingnya.. anak berikutnya pake ini aja kali ya..

Mugniar said...

Wow bagus tuh, Milna, selain ada yang organiknya, halal pula. Itulah yang dicari.

Diah Kusumastuti said...

Anak pertama dan keduaku juga suka biskuit Milna, Mbak Ruli. Emang enak sih, hehe..
Kalo puddingnya aku belum pernah nyoba :)

Suciati Cristina said...

Salam kenal mba. Milna belum pernah nyoba. Untuk si adik nanti mau ah. Sela in coklat ada rasa keju juga ya mba

Rach Alida Bahaweres said...

Mba Ruli anaknya doyan banget ya makan makanan Milna. Keliatan banget lahapnya. Asik ya kalau ada Milna yang membantu ibu untuk menambah gizi anak :)

Ruli Retno Mawarni said...

Suka juga kan biskuitnya.. enyakkk hehehe

Ruli Retno Mawarni said...

Semoga bermanfaat yah

Ruli Retno Mawarni said...

Alhamdulillah anaknya doyan ya

Ruli Retno Mawarni said...

Iyah.. ga sabar nunggu inovasi2 berikutnya ya mas

Ruli Retno Mawarni said...

Dah cusss bkin anak lagi hweeee

Ruli Retno Mawarni said...

Berasa 1 paket komplit terbaik buat anak ya mba

Ruli Retno Mawarni said...

Cobain pudingnya mba.. qori dulu jg sering aku buatin pudingnya pas masih toddler

Ruli Retno Mawarni said...

Halooo salam kenal jg mba suci.. makasih sdh mampir yaa

Ruli Retno Mawarni said...

Wkwkwkwk iyah kaya org kelaperan akut ajah..

Lily Kanaya Widjaja said...

Anak saya nggak mau makan makan makanan yang lembek pada saat berusia 6 bulan. Dan milna biskuit ini jadi penyelamat, buat dia ngemil - ngemil.