Saturday, 4 June 2016

Barang-barang yang harus di bawa ke RS untuk persalinan

Assalamualaikum..
   Berhubung saya baru saja melahirkan anak ke 3 jadi saya yang uda pengalaman sebanyak 3x juga dalam persiapan lahiran di RS donk ya hehehe (3x aja begaya betolll). Nah sekarang mau sharing barang-barang yang harus di persiapkan dan di bawa ke RS untuk melahirkan ya. Kali ada yang bingung persiapan lahiran.


Pixabay

     Persiapan biasanya di mulai dari bulan ke-7. Banyak masyarakat meyakini kalo belum 7 bulanan belum boleh persiapan apa-apa katanya pamali. 
   Tapi untuk bulan ke-7 sendiri ada banyak orang tua yang sudah mulai siap-siap meski hanya sebatas beli baju anak/baby. Nah untuk tas yang harus di bawa ketika melahirkan biasanya baru di siapkan menjelang hari Hpl. Supaya tidak panik dan meninggalkan yang penting-penting. Bisa di list dulu ya barang yang harus di bawa

  1. Tanda pengenal / identitas beserta kartu peserta pasien RS ybs jika ada. Tentu saja ini penting sebagai step pertama jika masuk rumah sakit sebagai syarat administrasi
  2. Pakaian untuk pulang RS beserta pakaian dalam lengkap. Baik untuk sang ibu, bayi juga yang menemani anda di RS. Untuk sang ibu tentu harus menyiapkan baju yang bisa untuk menyusui untuk tetap bisa menyusui selama perjalanan pulang.
  3. Perlengkapan mandi dan make-up secukupnya. Ada RS yang memberikan bonus perlengkapan mandi dan ada yang tidak. Mungkin anda bisa menanyakan ke petugas RS tentang fasilitas ini. Kenapa juga butuh make-up secukupnya, ya biasanya selama di RS tentu akan ada yang berkunjung menjenguk. Anda bisa tampil lebih fresh dengan touch up secukupnya.
  4. Diapers untuk ibu dan bayi, ini juga tergantung fasilitas RS, tapi tidak ada salahnya anda juga mempersiapkan. Perhitungkan kebutuhan diapers setidaknya 2 hari untuk yang lahiran normal atau diapers untuk 5 hari untuk yang lahiran SC.
  5. Breast Pump dan kebutuhan menyusui. Hal ini di persiapkan untuk antisipasi kalau asi terlambat keluar anda bisa pompa untuk memancing asi selain dengan cara IMD. Atau jika terjadi sesuatu Darurat yang tidak di inginkan sehingga anda tidak menyusui secara langsung, maka bisa di pompa.
  6. Makanan kesukaan anda dan yang menemani anda di RS. Karena makanan RS tidak selalu lezat untuk ibu yang melahirkan. Jadi bisa di antisipasi dengan menyiapkan cemilan lain. Juga mungkin untuk suami yang menemani anda di RS jika tidak sempat membeli makanan keluar.
  7. Uang atau alat pembayaran lainnya (Atm/ kartu asuransi/ kartu BPJS). Persiapkan dan letakkan di tempat yang anda mudah mengambilnya. Gak lucu kalau pas di perlukan kita lupa atau keselip entah dimana. 
  8. Plastik baju kotor. Tentu saja ini penting. Meskipun anda menggunakan baju pasien tapi yang menemani anda di RS ataupun sang bayi mungkin akan berganti-ganti pakaian terus selama di RS kan. 
  9. Charger dan power bank. Ini sangat penting ya untuk tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga di rumah dan keluarga yang jauh. dan bersosial media mungkin untuk post foto perdana
  10. Peralatan makan secukupnya. Anda mungkin saja butuh peralatan makan seperti sendok, garpu, gelas, piring dan pisau. Itu akan berguna jika membawa makanan dari rumah atau ada yang membawakan anda buah ketika besuk anda bisa mengupasnya dengan pisau yang anda bawa. Atau gelas untuk membuat segelas teh hangat untuk suami anda ketika pagi. Tapi ya jangan berlebihan juga. Cukup 1 pcs per item ya. Kalau bawa banyak itu mau lahiran atau mau pindah ruang makan. Hehehe.

Kenalin baby boy bungsu saya, Yusuf

Nah.. Menurut pengalaman saya 10 list di atas yang harus selalu saya siapkan menjelang HPL. Dan tentu saja tas melahirkan ini biasanya selalu saya bawa kemana-mana jika harus keluar agak jauh. Kalau cuma ke warung tetangga sih gak usah bawa tas lahiran juga kali. 

Semoga informasi ini bermanfaat.

24 comments:

Amanda Ratih said...

saya mempersiapkan semuanya jauh-jauh hari sebelu lahiran, bahkan sebulan sebelum lahiran, sampe suami yang takut darah nggak bisa lagi cari-cari alasan buat nggak nemenin saya lahiran wkkw

Mask-ID said...

Siapkan pula nama untuk sang buah hati. Hehehe

Susanti Hara said...

Alhamdulillah, turut bahagia, barakallah

suria riza said...

halooo baby yusufff :* muaaaaah *salfok

Rach Alida Bahaweres said...

Mba Ruli, selamat ya atas kelahiran si kecil Yusuf. Sehat-sehat selalu yaa. Mba, kalau aku dulu nggak nyiapin hape, dll. Nggak kepegang. Hhehehhe

Effendi Nurdiaman said...

kalau ibu saya biasanya bawa samping mas :)

Ika Hardiyan Aksari said...

Posenya euy aduhai banget.
Hai Mbak, apa kabar? Lama tak chit chat. Aku sok sibuk ukk dan ini raport siap menanti.

Eh utk poin2 di atas saya sangat setuju soal makanan kesukaan. Itu penting bgt buat ibu yg baru saja melahirkan. Karena kan hormonnya masih nggak jelas ya. Dengan makan makanan yg disuka disinyalir bisa menjaga kadar stress. Duh kadar, apa gituuu ya. Hihi

Diah Kusumastuti said...

Ini saya juga udah siap2, Mbak. Tapi belum dimasukin tas. Makasih ya udah nyusunin list :)
Btw foto putranya lucuuuu.... udah bisa miring gitu. Jadi pengen gendong.. semoga jadi anak shalih ya, sayang :*

Meriska Putri W said...

Kalo aku berdasarkan pengalaman kmren, nyiapin perlengkapan suami jg perlu.. soalnya rumahku jauh, akhirnya suami minjem baju saudaranya, haha,

Ayu Citraningtias said...

Well noted sekali mbaakk.. bermanfaat sekali, insyaallah bulan ini lahiran, skrng uda 38 minggu.. minta doanya ya mbaa :)

Btw, welcome baby yusuf, cakep seperti namanya..

Obat Tradisional Gagal Ginjal said...

terimakasih sudah mengingatkan

Akhmad Muhaimin Azzet said...

Menyiapkan dengan baik 10 list tersebut bisa mengurangi rasa tegang menjelang kelahiran ya, Mbak :)

Ruli retno said...

Hahaha pinter nih solusinya

Ruli Retno Mawarni said...

Terimakasih

Ruli Retno Mawarni said...

Hai aunty echa...

Ruli Retno Mawarni said...

Makasih mba rach.. Hehehe

Ruli Retno Mawarni said...

Samping apa ya

Ruli Retno Mawarni said...

Eh ini ukk sdh kelar loh.. Hhihi

Ruli retno said...

Mudah2an lancar lahirannya ya mba diah..
Makasih doanya.. Aamiin

Ruli retno said...

Hahaha.. Untung seukuran ya mba sm saudara

Ruli retno said...

Wahhh insyaAllah lancar sehat selamat ibu dan bayinya ya...
Makasih tante (kata yusuf) hehe

Ruli retno said...

Yang jelas mengurangi keribetan ya pak ustadz hehehe

Vety Fakhrudin said...

Kalo saya ada tambahan pakaian suami dan si kakak di tas, maksudnya biar nggak ada alasan suami buat jauh2 dari saya pas menjelang lahiran...hahaha...

andyhardiyanti said...

Tikar atau karpet untuk yang nungguin, buat duduk di bawah kalau gak ada kursi..bwahahahha..

pengalaman banget~