Monday, 9 May 2016

Afifah Mazaya, membuktikan kalau Introvert juga bisa jadi blogger aktif

Assalamualaikum..
     Setiap orang punya caranya sendiri untuk mengendalikan emosi diri, semua orang butuh tempat mencurahkan hati atau berekspresi. Bagaimana dengan yang introvert ? Sulitkah mengekspresikan? Apakah jadi mudah tertekan? Apakah menjadi blogger membuat kepribadian jadi terbuka? Ternyata tidak.
Si introvert yang sukses jadi blogger seru..

  Orang introvert cenderung sulit mengeluarkan perasaan. Bahkan kadang tidak bisa sama sekali mengungkapkan. Akhirnya terpendam berlama-lama jadinya meledak. Banyak kasus orang tiba-tiba bunuh diri tanpa tau sebab karena orang tsb tertutup. Atau tiba-tiba meledak emosi. Ishhh... Mikirnya ga sejauh itu juga keleuss.. Hahahaha itu sih introvert yang parah ya.
     Tapi hal tsb tidak terjadi pada blogger yang satu ini. Afifah Mazaya, saya mengenalnya di komunitas blogger yang kesemuanya aktif. Saya kaget mengetahui beliau orang yang introvert. Karena mba afifah yang seusia dengan adik saya ini sama sekali tidak tampak seperti orang yang menutup diri. Selalu terlihat ceria. Tapi memang benar, beliau sangat tertutup untuk urusan pribadi.
      Saya menelaah blog pribadinya ada 2. Pertama berjudul "flying without limit" inspirasinya simple yaitu karena beliau suka banget lagu westlife flying without wing. See... Semudah itu saja untuk membuat blog, ga perlu ribet mikir nama. Nyatanya mba fifah bisa eksis dan tetep berkarya. Satu lagi blognya berjudul "the lady book's notes". Berbeda dari blog pertama yang tanpa niche dimana beliau banyak mengekspresikan diri. Sedangkan lady book adalah blog niche khusus buku, yang menampilkan sisi lain mba fifah sebagai pecinta buku, bahagia dengan buku.
2 blog asuhan mba fifah,
sory mba saya ga pinter bikin kolase hiks :(

        Saat di tanya, lebih suka blog yang mana, meski follower lady book's notes jauh lebih banyak mba fifah mengaku sangat mencintai keduanya. Kedua blog tsb menampilkan sesuatu yang berbeda di dirinya untuk di ekspresikan. 
     Lalu bagaimana caranya menjadi seorang introvert yang tetep bisa eksis tanpa harus merubah diri atau memaksakan diri jadi ekstrovert ??
    Kata mba fifah, introvert itu sulit dirubah. Itu merupakan sifat bawaan sejak kecil. Dia pun tidak ingin berubah. Jadi menulis adalah cara dia mengungkapkan perasaan agar tidak di pendam, agar lega, agar happy. Tapi kalo di publish kan jadi ketauan donk perasaan kita? Gak juga...
    Menulis tetap menulis, lega semua sudah tercurah. Tapi untuk di publish mba fifah tidak lupa memfilternya supaya tidak menjadi curcol dan tulisan di blog gak nyampah. Saat memfilter, pastikan hati sudah legowo, semua sudah terungkap dan plong. Jadi saat memfilter bisa lebih objektif.
     Hasilnya, meski introvert, mba afifah jauh-jauh tuh dari kata depresi. Nyatanya malah beliau happy blogger, banyak prestasi, banyak follower. Dan bergaul dengan sesama blogger lain dengan tetap jadi diri sendiri.
    Jadi buat kalian si introvert, pengen nulis, pengen ngeblog syantikk, pengen jadi blogger keren tanpa harus berubah karakter jadi orang lain, belajar sama mba fifah ya.. Kunjungi blog beliau dan bisa juga kontak langsung lewat akun medsosnya.

e-mail: afifahmazaya@gmail.com
Twitter: @afifahmazaya
Facebook: Afifah Mazaya
       

16 comments:

Ririe Khayan said...

Aslinya saya juga introvert lhoh *gaka ada yg nanyak*.

Karenya, kalau br kenal atau baru pertama kali ketemu, saya lbh dominan diam kalau gak di ajak ngobrol.

Lidya Fitrian said...

pendiam banget ya Afifah :) sempet kaget waktu itu

Santi Dewi said...

nama blognya kreatif :)

Ophi Ziadah said...

hahaha...insight kita mirip2 ya mbak

Dewi Ratih Purnama said...

Nama blognya keren2 ya Fifah...bru sekali ketemu, moga kpn2 qt jumpa lg ya Fah

Ipeh Alena said...

Pas ketemu ya gitu itu, diem banget.

Diah Kusumastuti said...

Ngintip lagi di sini, buat bahan tulisan. Hehehe... boleh yaa Mbak Ruli :)
btw saya jg introvert *gak ada yg tanya :D

Oriflame said...

penasaran ... jadi pingin juga liat blognya :)

Irawati Hamid said...

wahh, saya mesti banyak belajar dari Mba Fifah nih soalnya saya juga introvert,,

Sie-thi Nurjanah said...

Mba Fifah tidak jauh berbeda dengan saya dan beberapa kali pernah bertemu dengannya :)

Jiah said...

Aku knal blog bukunya dulu baru blog lainnya hihihi

Sri Lestari said...

Wah ternyata mbak ini introvert tapi saya kagum loh memang mantapp deh sepak terjang mbak fifah ini,.

Ophi Ziadah said...

hahaha iya kadang mrk yg introvet justru terbuka pada media tulis menulis ya mba

Aireni Biroe said...

Introvert punya caranya sendri untuk mengungkapkan unek-unek atau perasaan di hati ya dengan cara menulis (y)

obat tradisional diabetes melitus said...

kepoin ah

Afifah Mazaya said...

Ngeri deh kalau sampai ada yang bunuh diri gitu. Mungkin karena terlalu sering dicekokin buat jadi orang lain. *edisi sotoy*
Makasih tulisannya, Mbak Ruli. ^^