Monday, 25 January 2016

#4tahunKEB menulis membawa perubahan besar dalam hidup saya

Assalamu'alaikum...
   Bermula dari keputusan saya untuk berhenti kerja pada maret 2011. Saat itu kehidupan saya mendadak berubah. Dari one thing menjadi nothing. Setidaknya itu yang benar-benar saya rasakan saat itu.
    Awalnya seorang chemical engineer yang bekerja untuk sebuah laboratorium batubara. Menjadi ibu rumah tangga tanpa asisten tanpa penghasilan. Nyaris tidak ada yang mendukung keputusan saya. Adapun hanya beberapa yang bernasib sama. Ada pula yang di depan mendukung tapi dibelakang mengejek saya. Bukan lebay tapi ini kenyataan, sakitnya tuh disini loh. Ibu rumah tangga (terutama saat itu) adalah nothing bahkan sampai sekarang masih begitu. Alhamdulillah saat itu suami adalah orang yang benar-benar support 1000 bahkan 100ribu % keputusan saya dan selalu ngasih shouldernya to cry on. 
     Memang keputusan saya untuk berhenti kerja untuk fokus sama putri pertama kami. Suami istri yang kerja di perusahaan tambang dengan waktu kerja 6.30 pagi hingga 6.30 sore tidaklah happy, setidaknya menurut saya begitu. Satu-satunya orang yang harus mengalah untuk putri kami pastilah saya. Dan saya ikhlas. Karena sepakat tidak mau pake pengasuh lagi. 
   Bulan ke bulan pertama rasanya sempet frustasi, keluarga kecil saya happy tapi di luar merasa di remehkan. Gak berguna, dan gak jadi orang. Lalu saya yang dari kecil hobby nulis dulunya kan pake buku diary sekarang pake diary online bernama blog. Masih sama juga rasanya, tulisan gada yang komen berasa mau sembunyi di lobang semut gurun sahara.. haha oke cukup itu lebay bin alay. 
   Meski jualan online lumayan laris. Tetep aja, siapalah saya dimata orang-orang yang menyepelekan ibu rumah tangga. Ngeblog juga ga seru. Ilmu kuliah nyaris belom kepake. Otak buntu jarang mikir *eh
    Nah hingga akhirnya komunitas blog pertama yang saya temuin adalah KEB (kumpulan emak blogger) waktu itu makmin yang approve saya itu mba sary melati. Beliau welcome banget sama blogger beginner macam saya. Waktu itu KEB baru terbentuk yaitu tahun 2013. 
   And you know what, semua persepsi saya di atas terbantahkan setelah saya masuk di KEB. Heiya.. blog saya yang dulunya gak pernah di komen, akhirnya dikunjungi di komen. Ada yang support, ada yang ngerasa senasib ada yang mbantu info dan yah ternyata ada yang tanya-tanya.
   So.. dari situ saya merasa saya lebih berarti dalam artian yang sangat dalam. Yah.. di KEB saya tidak pernah di underestimate. Berbagai profesi ada disini, tapi di KEB saya bersyukur gak pernah tuh di remehin sama working mom. Saya gak pernah di anggap 'nothing' bahkan saya merasa mulai jadi onething lagi.


   Di KEB saya pertama kali kenal blogwalking. Saling mengunjungi blog saya pikir sebagai penaik traffic saja atau saling kunjung. Tapi disitu saya dapat sharing berbagai berita bahkan bisa memandang dari sudut berbeda yang jelas sebagai sesama emak. Hehehe.. 
    Di KEB saya belajar beretika sosial media. Dan ternyata itu penting dan kepake banget setelah medsos makin marak. Dari sesepuh KEB dan banyak member saya tau bagaimana bertutur berkomentar yang mungkin bisa jadi viral tapi bukan kontroversi.
   Nahhh yang paling penting itu sejak gabung komunitas blogging gini saya jadi lebih update info lomba. Meski tidak selalu ikut, tapi dengan emak-emak KEB saya selalu dapat sharing info lomba nulis dan lomba lainnya. Dan belajar tentang bersahabat.
    Bersahabat yaitu dengan berkompetisi bareng, belajar info baru bareng. Tapi begitu menang atau kalah semua saling nrimo. Kalah ya legowo tetep ngucapin selamat sama yang menang. Kalo menang ya gak sombong juga masih mau balesin komen temen-temen. Hihi belajar jadi emak yang manusiawi lah menurut saya.
    Setelah KEB saya mengenal komunitas menulis lain. Tapi saya banyak melihat para adminnya juga saling kenal dengan KEB. Dan semua berjalan seru tanpa ada rasa persaingan antar komunitas. Bahkan membernya pun rata-rata orang yang sama. Hihihi lu lagi lu lagi.. :p
     Saya ingin terus menulis blog, dengan menulis blog saya berasa jadi onething. Setidaknya bermanfaat untuk orang lain khususnya yang seusia saya atau siapapun yang perlu baca remah-remah tulisan saya. 
    Dengan menulis saya bisa jadi apa saja. Dan kerennya member-member KEB nrimo aja tuh apa aja yang saya curhatin. Hehe.. saya bisa jadi chef dengan nulis resep, bisa jadi reviewer lokasi-lokasi, bisa nulis share info keilmuan yang saya tau meski sedikit, bahkan di blog saya bisa jadi curhater alay.. *eh 
   Dari blog-blog saya pernah memenangkan lomba nulis kementrian dan instansi pemerintah lain yang dulunya Ya Allah kepikir pun engga untuk bisa menang lomba nulis bagi seorang chemical engineer. Bahkan saya pernah di undang suatu brand untuk jadi pembicara dimana saya disebut sebagai loyal customer. Saya pun bertanya kenapa saya. Loyal customer kan banyak ya. Dan katanya karena saya seorang blogger penulis. Dan itu di anggap sebagai "sesuatu" nilai plus bagi profesi perempuan.
     Saya ingin terus berkarya di tengah perbedaan banyak pikiran orang. Saya ingin di anggap 'sesuatu' meski hanya sesederhana membaca tulisan saya. Abaikan mereka yang inderestimate prosfesi saya. Dan sayangi teman-teman yang tidak pernah menghakimi takdir hidup kita. 
     Ya saya tidak bisa memaksa siapapun menerima apalagi mendukung saya sebagai ibu rumah tangga. Tapi gak salah juga kan kalo saya hijrah ke tempat saya bisa merasa nyaman dan di terima. Dengan berbagai profesi emak KEB, saya melihat beragam type wanita berkumpul jadi 1 yaitu "blogger" hehehe.. Bagi saya kalo hati dah enak seneng itu apa aja akan jadi baik. Termasuk emosional ibu akan kebawa ke anak dan suami juga akan happy. 
    Terlepas dari tulisan saya ini untuk lomba atau bukan, saya cuma mau bilang terimakasih yang teramat sangat atas terbentuknya KEB, welcomenya KEB ke saya, sahabat-sahabat yang saya dapat dari KEB meski belum pernah  bersua dan tentunya terimakasih atas 4 tahun kalian yang luarrrr biasa. 
    Terimakasih atas kehadiran kalian yang membuat saya merasa berarti dan teriring segenap doa "stay beside me as always, please..." 

Love you..



     

18 comments:

Rach Alida Bahaweres said...

Ini yang disebut chemical engineer dengan nilai plus :)Makasih sudah berbagi mba Ruli :)

Santi Dewi said...

komunitas pertama kali yg saya ikuti ketika saya ngeblog adalah KEB. Semoga KEB jaya terus

Nunu Halimi said...

Sama..yaa saya juga salut sama komunitas ini, ikutan lomba, tapi ngga berasa lagi berkompetisi..have fun banget..suami saya juga chemical engineer, btw kata suami chemical engineer perempuan jarang looh, dan mereka memang pinternya di atas rata-rata bener ngga, tuh!? :)

Irawati Hamid said...

KEB memang keren Mbak, saya juga bangga menjadi bagian dari komunitas keren ini :)

Inda Chakim said...

love you yoo and love you KEB emmuaach *kecup banjir :D

Nathalia DP said...

sama mba, sejak gabung KEB, blog saya jd banyak kemajuan...
selamat ulang taun keb :)

walidin said...

Semakin hari semakin maju KEB ya.
Saya baru kenal blog, kalau untuk KBB ada ga ya? alamat URLnya apa?

Ruli retno said...

Ya Allah.. aamiin.. aamiin.. mudah2an ini jd doa buat sy mom biar semangat mengasah ilmu..
Thanks for always supporting me. As always..

Ruli Retno Mawarni said...

Saya belom ktmu KBB sih. Cm bapak bisa bikin tuh kalo mau. Biar makin ramai dunia blogging kita. Atau bpk bs coba gabung "warung blogger" atau blogger reporter indonesia. Byk komunitas blogger yg bs utk bergabung

Pengobatan darah tinggi said...

terimakasih sharingnya

Hidayah Sulistyowati said...

Senang memang bisa gabung dengan teman-teman yang punya hati baik, meski seleb tapi down to earth, suka bagi info lomba, juga turorial seputar blogging. Saya juga merasakan hal sama sejak gabung di KEB. semoga makin bahagia berteman dengan lebih banyak orang ya mbak

Ruli retno said...

Tosss kita sama...

Ruli retno said...

Iya ya mba.. berasa dalam keluarga aja gitu

Ruli retno said...

Eaaaa... aamiin.. mudah-mudahan saya bs punya nilai plus lah yaaa

Lidya Fitrian said...

semoga KEB makin sukses di tahun ke-4 ini

Nda Syahdu (Vina Maysari) said...

saya sejak hamil 4 bulan juga berhenti kerja (th 2007) rasanya bete banget, dulu ngeblog ga serame ini dan fb jg baru mulai. Klo sekarang jadi IRT kayaknya banyak ya yang bisa dikerjain dari rumah. Sekarang saya malah ngantor heheh setelah 9 tahun ga ngantor. Pede aja mba.. jadi IRT juga enak koq. Saya aja suka sedih klo ninggalin anak.

Efi Fitriyyah said...

Love you too, Mak hehehehe semoga dengan ngeblog jadi saling menginspirasi ya, Mak. Quality time bersama anak memang berharga banget,salut buat pilihannya. Meski begitu saya ga mengganggap gimana-gimanaa juga sama emak-emak launnya yang memilih tetap beekrja karena semua orang mempunyai kondisi yang berbeda.

@mirasahid said...

Terima kasih sudah berpartisipas ya, mak :)