Semua Bisa Jadi Pengusaha, hidayah yang saya jemput

Review Buku Semua Bisa Jadi Pengusaha dari Ustadz Yusuf Mansur


Assalamu'alaikum..
Hari ini mau cerita tentang buku kesayangan saya. Bahkan bisa dibilang buku titik balik kehidupan saya. Awal mula hijrah saja ceile.. walaupun hijrahnya masih on progress.. saya percaya hidayah memang harus di jemput. Saya jemput salah satunya dari buku ini.
     Awal baca buku ini, tentu saja motivasi saya jadi pengusaha. Setelah resign dari pekerjaan tentu ada niat jadi pengusaha. Saya mulanya berpikir buku ini tutorial pengusaha ala islami, ala Rasul dan sejenisnya. Apalagi kita semua tau Ust. Jam'an Nurchotib Mansur alias Yusuf mansur adalah ustadz yang juga sukses jadi pengusaha. Pasti pengen donk kaya beliau.

Buku inspirasi saya berani bercita-cita
    Saya membelinya hanya dengan 60ribuan. Dan jadi titik balik perubahan mindset saya. Buku ini membuat Saya menangis karena merasa saya begitu angkuh dan metarialistis sebagai manusia. Bahwa semua hanya di usahakan secara ilmu dan materi. Saya mengabaikan kekuatan 'Tuhan' saya. Ya.. belajar jadi pengusaha tidak harus lulusan ekonomi dan bermodal uang banyak. Caranya terangkum lengkap di buku ini yaitu dalam 5 bab sbb: 

  1. Modal; ternyata bukan uang. Melainkan : Niat baik, Doa, kewajiban terhadap Allah, kelengkapan doa, amal soleh, berkah dan ridho orang tua dan dukungan keluarga. See.. tidak ada modal uang disitu.. 
  2. Prinsip pengusaha; yakin kepada Allah, meminta ampun, minta perlindungan dari neraka, sabar, benar, taat dan bersedekah di tutup dengan istigfar. See.. prinsip basic sebagai manusia yang seharusnya.
  3. Penghalang rejeki ; yaitu Dosa kepada Allah, dan kepada manusia. Juga berkurangnya iman. Ini penghalang yang sebenarnya dalam hidup ini. Bukan cuma untuk rejeki melainkan untuk segala urusan. 
  4. Leverage ; penarik rejeki, corporate recovery, doa ibu, menuntut ilmu, menjaga kesehatan, mendidik anak, dzikir, sedekah dan solat tepat waktu.
  5. Quantum changing adalah introspeksi diri

Buku ini tidak berisi bagaimana cara menghitung balik modal apalagi manajemen keuangan. Bahkan berisi doa-doa dan amalan penghapus dosa-dosa bahkan ada doa agar kita selamat dari azab. Jadi Bagaimana bisa saya tidak menangis sesudahnya ?? Sadar selama ini kita terlalu banyak bergantung pada manusia.
     Dalam buku ini, ada bonus 1 lembar kertas yang berisi daftar ibadah selama 40 hari. Di kop nya tertulis cita-cita yang mau di capai dalam 40 hari. Kenapa 40 hari, karena setelah 40 hari ibadah ontime biasanya body kita sudah di setel otomatis sehingga saat melupakannya kita otomatis tidak merasa nyaman. Dan langsung cuss ibadah lagi. Coba gih bikin daftar juga..
     Waktu itu tahun 2013 cita-cita saya dalam 40 hari adalah memenangkan sebuah mobil dalam undian di sebuah mall. Setelah 40 hari apa yang saya dapat, sebuah kulkas 2 pintu. Bukan mobil. Tapi Apa yang saya yakini. Meski saya tidak berhasil dapat hadiah mobil...tapi saya yakin Allah tidak tidur, buktinya saya di kasih kulkas. Mean: Tidak ada usaha yang hasilnya Nol. Hasil selalu ada. Kenapa? Ya karena tabel saya masih ada bolongnya. Bolong aja dikasih Kulkas, Kalo full bisa beneran dapat mobil kali ya. Hehehe..
    Sekarang saya masih pegang buku ini karena apa? Cita-cita masih banyak dan Buku ini fix untuk semua cita-cita. Saya mau haji, mau punya ini itu, mau kesini kesitu, saya tinggal ganti judulnya "semua bisa naik haji" gampang kan hehehe.. kok maksa sih? Lah iya.. karena untuk mencapai semua cita-cita step-step nya ya sama aja kaya di buku ini. Jadi tinggal ganti kata pengusaha dengan cita-cita semau kita. Yang jelas kan hemat.. ga usah beli banyak buku *eh 
     Lewat tulisan ini, mudah-mudahan ustadz baca. Saya cuma mau ngucapin makasih banyak. Hidup saya banyak berubah setelah Allah kasih inspirasi dari buku ini, saya berhijrah dan perlahan banyak cita-cita tercapai yang dulunya bahkan saya tidak berani mimpi atau mengucapkannya. Terimakasih ustadz.. 
   Terimakasih juga mba siti nurjanah yang mengadakan giveaway untuk menulis buku yang menginspirasi. 


33 comments

  1. Replies
    1. Yuk mba.. ada 1 lagi buku menggapai mimpi dari beliau yg judulnya "dream" keren jg..

      Delete
  2. Subhanallah..keren banget. Inspiratif sekali saya jadi ingin memiliki bukunya ^_^
    Terima kasih sudah berpartisipasi dalam GA Buku yang Inspiratif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mba.. sebenernya ini buku lama.. tp msh sy pake panduannya sampe sekarang.. jd sayang bgt saya..

      Delete
  3. Saya pengen juga ya jadi pengusaha tapi belum terwujud karena belum tahu jadi pengusaha apa :). Menarik bukunya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bs di mula dulu mba step2nya nti hbs itu Allah pasti membimbing akan mengarah kemana.. insyaAllah hehehe

      Delete
  4. Saya pengen beli juga ahh.. Saya bikin usaha juga bisa d bilang ga pake modal uang mbak. Memanfaatkan yang ada aja nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaah ah mau .. makasih yaa rekomendasinya :*

      Delete
    2. Semua Buku2 tulisan ustadz YM ini 100% utk sedekah jadi keuntungan beliau sbg penulis semua utk sedekah. Jadi kalo mba sinta beli sekalian sedekah ;) yuk mariiii

      Delete
  5. Waah... bukunya benar-benar menginspirasi, Mak

    Semoga beruntung yah

    ReplyDelete
  6. --> Bolong aja dikasih Kulkas -- MasyaAllah. Hanyut mbak rasanya, bukan soal kulkasnya, tapi keindahan prosesnya itu. Makasih udah share kisahnya, jadi menginspirasi juga buat saya ini.

    ReplyDelete
  7. Belum baca buku ini :( yg saya baca kebanyakan novel. Moga bisa menambah bacaan non fiksi yang berkualitas seperti buku ini. Terima kasih sharingnya, Mbak.

    ReplyDelete
  8. Sueerr...terinspirasi dr tulisan mbak...jd pengen beli bukunya...tfs mbak :)

    ReplyDelete
  9. Mom Ruli mashaAllah yaa,...tpi emang bener uang bukan satu-satunya modal utama,sya sudah membuktikan...semoga sukses yaa jadi pengusaha yang barokah dunia akhirat..sukses juga untuk GA nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. insyaAllah.. kalopun ga jadi pengusaha.. yg ptg sukses nya itu ya mom.. hihihi.. makasih uda semangatin ikut GA lagi

      Delete
  10. Subhanaallahh.. bukunya mmberi sebuah suntikan motivasi untk kita agar lbih bsa percaya dg ketentuan-Nya ya bunda.. terima kasih bnyak utk ilmunya ya bunda... hee

    ReplyDelete
  11. Thanks for share. Nambah lagi satu referensi bagus :D

    ReplyDelete
  12. gak dapet mobil tapi dapet kulkas itu udah mayan banget mbak :D
    btw, saya baru tau lho nama aslinya ust yusuf masur

    ReplyDelete
  13. modal nya niat baik, do'a dan uang juga makk.. hehehe.. Good luck makk, semoga menang

    ReplyDelete
  14. jd stlh 40 hri, qt bs otomatis istiqomah gt ya mak ngejalanin tabel daftar ibadah itu, kalau ada yg kurang jd ganjel, boleh dicoba nih, tengkiu sharenya ya mak, bukunya cuakep

    ReplyDelete
  15. Bukunya Ustads Yusuf Mansur ya Mak...ah gak salah. Top dah.
    Moga beruntung GA-nya ya Mak :)

    ReplyDelete
  16. Cocok buat calon enterpreur y mb ruli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok buat org yg pny impian mba. Impian apa saja ga hrs enterpreneur jg sih hehe

      Delete
  17. buku yang bagus, kayaknya cocok dibaca oleh siapa saja yah mbak :)

    ReplyDelete
  18. Wah, bukunya inspiratif, wajib dibaca nih :)
    Thanks buat referensinya.

    ReplyDelete
  19. Pray, dream n action.. Itu yg sllu ku ingat dr beliau. Baru baca mukaddimah nya aja udah we ou we (wow) mbak. Mkasi uda dipinjemin hihihi
    Doa terbaik utk dirimu mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku bacanya loncat2 ga teratur sesuai bab hihihi

      Delete
    2. Aku bacanya loncat2 ga teratur sesuai bab hihihi

      Delete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..