Thursday, 8 October 2015

Kedai Mamak, makan suka-suka bayar seikhlasnya

Assalamualaikum...
Itu seriusan judulnya? Iya serius.. ah sekarang juga banyak ya kuliner "all you can eat" dengan nominal tertentu. Eh kalo yang ini gak pake nominal tertentu. Beneran suka-suka bayarnya.
     Kedai Mamak, dari namanya uda meraba-raba dikit darimana asalnya. Yap.. ini kedai jual menu makanan khas medan. Ownernya kebetulab cinta kali sama mamak beliau. Hehehe.. 
      Jadi..jadi itu balik lagi ke yang tadi donk.. iya itu betulan. Khusus di hari jumat, monggo pesen apa saja disana dan bayarlah seikhlas hati kalian. Seikhlasnya itu berapa? Ya berapa saja.. tapi yang pantas lah ya.. kecuali memang ga mampu. Etapi beneran si kasir ga akan menyebut loh nominalnya yang kita makan hari itu berapa. Seikhlasnya katanya.
     Saya sudah buktikan sendiri soalnya. Ke kedainya uda lama bok.. sekitaran tahun 2013 itu sudah berjalan. Dan kalian tau..sampai sekarang kegiatan ini masih berjalan. Artinya sudah 3 tahunan kurang lebih. Kenapa gitu yak? 
     Menurut pemilik kedai, Bang hapid, itulah cara beliau untuk bersedekah ke pengunjung yang kurang mampu. Hari jumat penuh berkah. Sedangkan bagi yang mampu kelebiham pembayaran kita juga akan di berikan ke anak-anak asuh beliau. Saya pernah bertanya, apa dengan bayar sesukanya gak akan minus. Dan Allahuakbar beliau blg TIDAK PERNAH rugi. Malah makin hari makin banyak yang nitip sedekah untuk anak asuh beliau.
    
     Nah.. selain bayar suka-suka ada program lain dari beliau yaitu makanan untuk anak-anak yatim dari menu beliau. Jadi makanan untuk yatim di hargai Rp.17.000 perporsi. Anda tinggal bilang ke kasir atau pegawainya titip buat yatim sekian. Tidak harus kelipatan 17.000 karena Bang Hapid akan menyalurkan nasi tsb berdasarkan total donasinya nanti. Kalau untuk anak asuh, biasanya bang hapid mendanai anak-anak kurang mampu untuk mempermudah sekolahnya. Contohnya tahun lalu kedai mamak membiayai Bimbel untuk beberapa anak yatim agar bisa masuk ke Universitas berdasarkan cita-cita mereka. So... sambil makan bisa sambil sedekah.
      Sayangnya kedai ini hanya ada di Jakarta, yang domisili di tebet enak nih kedainya di tebet. Bahkan sekarang pun kedai mamak sudah melayani Delivery. Nomer delivery saya lampirkan di bawah nanti ya.. 

Lonsay Rendang Telor

Roti Jala, favorit saya

    Medan hampir mirip sama menu padang. Menu bersantan, tapi disana juga ada lupis dan nasi goreng juga. Kalo favorit saya sih roti jala. Perpaduan antara ngemil dan makan berat. Hehehe..
     Saran saya buat yang ingin coba datang hari jumat makan sepuasnya. Saya saranin untuk bayarlah sewajarnya. Karena semua orang berjualan butuh modal. Apalagi untuk sedekah juga kalo kelebihan. Bila tidak ingin ikutan sedekah minimal bayarlah modal masaknya saja. 
   Pengalaman saya kesana, ada pengunjung lain tampilannya kece badai, cowok mayan rapi ala kantoran bersama temen ceweknya makan macem-macem giliran ke kasir bayar seikhlasnya dia cuma bayar 10.000 teganya dirimu teganya.. hihihi malu sama penampilan euy.. masa ga modal ntraktir ceweknya 10.000 hihihi. 
      Bang hapid sih ga akan marah, itu resiko dari program jumat berkah katanya dan kalo orang bayar kurang itu jadi ladang sedekah juga bagi beliau. Cuma kitanya donk ngerti sendiri yak. Kan di daftar menu sudah ada harganya. Minimal kalo gak  bisa bayar sesuai harga di menu ya kurang-kurang dikit gapapa lah ya.. yang penting jangan "Ter-La-Lu" hehe..
     Mau cek hasil sedekahnya? Bisa loh kedai mamak juga punya twitter dan path untuk bisa komunikasi dan tanya-tanya.

      Review 
  1. Rasa : enak dan pas menurut saya. Entahlah bagi yang asli medan. Menurut saya ini enak. Eh... Pak Bondan Winarno pernah syuting disitu loh untuk review kuliner.
  2. Lokasi : kalau untuk parkir banyak mobil agak susah. Dan untuk kesana melewati beberapa titik macet karena di jalur ramai deket pasar. Tapi, ada jalan tikus untuk menghindari macet. Naik kereta atau gojek lebih gampang kayanya.
  3. Harga : standard. Ga mahal ga murah banget. Untuk skala harga di jakarta, biasa aja kok.
  4. Tempat : lokasi tidak ber-AC dan seperti kedai pada umumnya. Tapi untuk kumpul rame-rame seru juga disini
    Yang bukan orang Medan juga suka makan disini
  5. Layanan : ramah, baik, sopan, dan cepat. Gak harus nunggu lama untuk pesanan.
Nah... reviewnya uda lengkap ya..mau lebih jelas mampir aja kesana ato pesen delivery. Jangan lupa  ikut sedekah yak.. 

Waktunya anak-anak yatim makan enak  :)

Alamat lengkap :
Jl tebet timur dalam raya no 60b 
dekat pasar pasopati
Tebet, jakarta selatan.
Delivery : 087884452942
Twitter   : @mamakku 
IG            : @kedaimamak_
Path        : kedai mamak



25 comments:

Defa Ramadhani said...

jadi pengen kesana nih, apa lagi lonsay nya bikin ngiler hehe

kornelius ginting said...

Wah deket.. Sekitaran tebet... Harus coba nich..;)

Ruli Retno Mawarni said...

Pokoknya kalo kesana lupakan diet. Hehehe

Ruli Retno Mawarni said...

Deket tebet? Wahhh aku ngiriii..hehehe sy dulu di kalibata bang..

Intan Novriza Kamala Sari said...

Aih enaknya ada tempat makan macam begitu, mak :D

Gustyanita Pratiwi said...

wah klo uda ada kata kata pa bondan biasanya ngehits ni

irmasenja said...

Wah luar biasa smg pemilik kedai berlimpah berkah ya mba... setuju kita sebagai pengunjung tahu diri juga kali ya heuheuuu

Ruli Retno Mawarni said...

Sayangnya baru ada di jkt.. di daerah sy skrg jg ga ada yg beginian hehehe

Ruli Retno Mawarni said...

Hehehe.. uda teruji lah istilahnya ya

Ruli Retno Mawarni said...

Iya ya mba.. selama masih mampu ya bayarlah seadanya.. kecuali yg bener2 ga mampu

Fahmi (catperku.com) said...

wah, ini beneran? jadi bayarnya sesuai takarab kita sendiri gitu?

Hidayah Sulistyowati said...

Oot nih mbak baca awalnya, kukira makan di rumah emak, hihiii

Btw, pemiliknya pasti udah ikhlas aja sejak awal karena pengen sedekah ya, jadinya berkah :D

Inda Chakim said...

menunyaaaa, beugghh, mantab surantab tuh kayaknya ya mbk

Ramuan Tradisional said...

jumaat berkah :D

handdriati said...

Ya ampun...itu cwo gak modal bener ya mba hahhaa...

Ruli Retno Mawarni said...

Bangettttt hahahaha

Ruli Retno Mawarni said...

Iya berkah banget yaa

Ruli Retno Mawarni said...

Saya nambah2 mba.. wkwkwk

Ruli Retno Mawarni said...

Iya mba alhamdulillah bgt ya.. niatnya sedekah jd gak pnh rugi malah di lebihkan trs. Dari judul memang kaya makan di rumah emak yaa hihihi

Ruli Retno Mawarni said...

Iya mas.. monggo di coba mampir.. jgn lupa ikutan sedekah yaaa..hehehe

Lusi said...

Subhanallah, berkahnya banyak. Kangen sama roti jala saus durian heheeee

Ruli Retno Mawarni said...

Mba lusi.. kayanya butuh piknik ya melupakn asap sejenak dan kita ngeteh bareng sambil makan roti jala.. ktmuan di kedai mamak jkt.. *tsahhhh... aamiin...

Aireni L.B. said...

semoga kedainya buka cabang di kota2 lain....siiiip dah konsepnya, penjual sama pembeli sama2 punya kesempatan untuk sedekah :)

Dina Rambe said...

Maaf mba ruli.. Ak domisili di bogor. Kalau dari stasiun bogor ke lokasi kedai mamak turunnya di stasiun mana ya mba? Trus dri stasiun ke kedai mamak naik apa ya mba? Terima kasih banya informasinya

Ruli Retno Mawarni said...

Turun di stasiun tebet. Kedai nya persis dpn pasar pasupati ya