Thursday, 6 August 2015

Liburan Impian ajak bayi dan balita tanpa rewel dengan Garuda Indonesia

Assalamualaikum, 
pernah travelling bawa bayi dan balita ? pernah donk. bayi aja atau bawa balita aja? yah keduanya ikut. Trus rewel gak? tergantung perjalanannya nyaman atau engga. eits... satu lagi, gimana kalo anak-anaknya aktif banget? ga salah nih? engga... simak aja gimana saya ngajak bayi dan balita naik pesawat tanpa rewel ya.

    seperti waktu saya family trip ke bali bulan mei lalu, dengan budget seadanya, kami...ya saya dan suami maksudnya, yang udah lama banget gak liburan. Jangankan ke bali, untuk liburan dalam provinsi aja sulit. Lalu kami berpikir keras bagaimana dengan budget minimal bisa melakukan perjalanan ke bali dengan sukses dan menyenangkan.

    Dan yang penting itu anak-anak gak pake rewel. Kalo uda rewel semua rencana akan berantakan dan ga seru lagi, dan ujung-ujungnya kalo uda rewel pasti makin boros, karena rewel itu butuh dana 'penenangan' hehehe.

   Banyak yang bilang, kesenangan itu ga selalu bisa di beli dengan uang (*uhukk), tapi untuk kenyamanan saya rasa kita sendiri yang tau gimana menemukannya. Terutama saat membawa bayi dan balita yang super aktif dalam pesawat yang meminta mereka harus duduk diam manis.

  untuk pesawat kami memilih Garuda Indonesia, bagaimanapun di mata kami Garuda adalah satu-satunya penerbangan terbaik (sampai dengan hari ini) dengan pelayanan paling memuaskan. Iyalah ya, Garuda Indonesia kan uda masuk jadi skyteam ya, penerbangan internasional terbaik dengan predikat bintang 5. kami yakin sekali anak-anak akan nyaman disini. nanti saya ceritakan ya ! :p 

  Akhirnya hari yang di nanti tiba. Bagi Qorira, anak saya yang balita, ini bukan pertama kalinya ia naik pesawat namun ketika ia sudah mulai besar dan mengerti "rasa" travelling, inilah pertama kali dia merasakan euforia naik pesawat. Apalagi tujuannya adalah bali, ya berlibur, bukan untuk suatu acara yang dia tidak suka. Pastilah gak sabar banget mau cepet sampe.

   Bagi anak saya yang bayi, Qowiy ini adalah pertama kalinya naik pesawat. ya...dia baru berusia 8 bulan ketika kami liburan. Baru bisa duduk, lagi aktif, ringkih dan baru saja mulai makan MPASI.

   Yah pastinya sejak dari berangkat sayalah yang paling was-was takut anak tantrum di pesawat atau mereka ganggu kenyamanan penumpang lain. Takut si balita ga betah duduk lama dan bingung mau kesana kemari sementara gadget semua di off. Meskipun gadget bisa pake mode pesawat tapi kami gak mau membiasakan pada anak. Supaya dia bisa kenal sejak diri keselamatan penerbangan berkaitan gadget (ciyeeehh).

Saya Takut anak-anak pup saat ga boleh lepas safety belt, takut mereka phobia ketinggian, takut dede minta bubur bayi yang ribet penyajiannya, takut mereka minta mainan-mainan yang di simpan di koper yang di bagasikan. ahh ya macem-macem lah ya parno ibu-ibu.

    Masuk pesawat, Qorira semangat banget sampe ngajak lari saking pengen cepet masuk. kami di tarik-tarik sampai dia bertemu tante pramugari yang cantik. Anak aktif seperti Qorira seneng banget kalau disapa, ditanya mau kemana, dibantu cari kursi, dia berasa di "tua"kan, di anggap sangat penting. Seneng banget langsung duduk deket jendela.

inilah alasan kenapa kami yang dengan budget minimal memilih maskapai Garuda Indonesia untuk liburan kami:

1. Ontime, dengan jam yang ontime tidak maju mundur tidak ada kekhawatiran dan kekecewaan akan delay ataupun berangkat lebih cepat. Sebagai maskapai yang sudah mendapat peringkat Bintang 5 Saya belum pernah kecewa.

2. layanannya sangat ramah, ini berdasarkan pengalaman kami ketika bisnis trip yang selalu pake Garuda Indonesia, dan layanan Garuda Indonesia selalu ramah dan memuaskan. Anak-anak juga tau kan ya bagaimana orang yang beneran ramah dan senyumnya tulus, hehehe... pengalaman saya dulu pernah dijutekin pramugari maskapai lain.

3. the one and only, cuma naik Garuda Indonesia anak-anak bayi dan balita SELALU di kasih mainan dari awal masuk pesawat. boleh pilih mau puzzle atau boneka badak bercula. Dan ya,,,sesuai umurnya ketika di sodorkan otomatis si Qorira memilih puzzle dan Qowiy memilih boneka badak.

4. Dapat makan enak, baik breakfast atau lunch di Garuda selalu dapat makanan mau flight 1 jam pun tetep dapet makanan, dan menunya enak, saya suka saya suka (gaya mei-mei upin ipin*) buat kami yang riweuh sama bayi dan balita, makanan ini membantu meringankan tugas kami. ga usah mampir-mampir mikirin makanan langsung cekin. Kalo masuk Lounge mewah bukan backpacker namanya, hehehehe...

5. Ada monitornya, kami bertiga punya menu masing-masing. Papa uda pasti muter film, di Garuda update banget filmnya. Kalo aku kadang lebih suka denger murrotal al-quran biar lebih tenang, kadang juga jadi ngantuk dan istirahat. Tapi kemaren sih itu murrotal saya puterin buat baby Qowiy, alhasil dia nyusu sambil bobo nyenyak. Dan Qorira lebih suka main game. Salah gak kalo saya bilang baru Garuda Indonesia yang rute domestiknya ada monitornya :D

6. Harga menentukan kualitas. Dalam hal ini kualitas ukuran kami adalah kenyamanan yang sesuai dengan harga yang di bayar. Percaya atau engga, saat cuaca kurang baik menurut kami yang cuma tau cuaca cerah mendung atau hujan. ada aja maskapai yang masih berangkat loh kalo cuaca kurang baik. Garuda Indonesia tidak akan berangkat bila cuaca kurang baik. Dan kami lebih baik delay daripada dapat panggilan untuk naik ke pesawat. Meski nyatanya itu maskapai nekat selamat aja, tapi saya gak bakal nyaman, bertaruh nyawa euy di atas awan.

 So... mau naik Garuda Indonesia dengan harga hemat ala backpacker ? Caranya ya booking jauh-jauh hari untuk dapet tiket termurah atau mendapat bonus dari garuda miles dengan mendaftar jadi member dan gak lupa mantengin promo di Garuda Indonesia e-newsletter.

Sumber : Garuda Indonesia newsletter

   selama perjalanan, Qorira sama sekali tidak ada keinginan beranjak, dia sibuk main semua game di monitor, dan nyusun-nyusun puzzle yang di kasih pramugari.

  sementara adiknya yang sebelum berangkat sengaja di buat haus langsung lahap menyusu sambil di kupingnya saya pasang mp3 monitor murrotal al-quran. Langsung bobo nyenyak hingga tiba. Dan terbangun gara-gara kaget merasakan hawa luar pesawat. Alhamdulillah semua kekhawatiran saya tidak terjadi.

Perjalanan surabaya bali memang gak lama. Tapi nyatanya pas pesawat mendarat dan waktunya turun si kecil justru bangun dan nangis, hihihihi uda pewe banget di dalam pesawat. Si kaka Balita juga protes, yah kok cepet banget nyampe, Qorira masih asik main game katanya.

Yang paling lucu setelah perjalanan kami di bali, kami sempat naik pesawat maskapai lain dari surabaya ke banjarmasin dan Qorira dengan polosnya bertanya "kok di pesawat ini ga ada TVnya mah? Ini pasti bukan pesawat Garuda ya" karena Qorira belom bisa baca tulis makanya dia cuma bisa menebak pesawat dari fasilitasnya.

hehehe.. ia tidak protes hanya berpesan saja kepada orang tuanya "lain kali kita naik Garuda Indonesia aja ya mah, jangan pesawat ini lagi" baiklah anakku. Apa sih yang engga buat kenyamanan kalian.

   Akhirnya saya yang berniat mau istirahat dulu setelah dari pesawat, ternyata cuma sempet ganti baju. Karena setelah dari pesawat anak-anak masih fresh banget, jadi kami langsung pergi jalan-jalan Keliling bali.

Salam dari kami untuk Garuda Indonesia dari dalam bis bali safari and marine park

Liburan impian No Tantrum, No Rewel dengan Garuda Indonesia.

   

12 comments:

Ika Hardiyan Aksari said...

Pesawat yang satu ini memang gagah ya di mana-mana. Dan rasanya bangga aja bisa naik pesawat yg satu ini.

Nia Haryanto said...

Wah... curhat aku banget nih. Pengen liburan bawa anak-anak dan balita. Garuda memang keren ya, Maaak...

ruli retno said...

Yuk mba ikutan GAnya juga..biar bs dpt dream holidaynya

Bunda Shidqi said...

jadi pengeen, anak2ku udah lama kepengen naik Garuda, blm kesampaian :D

ruli retno said...

Yuk mba langsung di planing.. soalnya memang klo bayi dan balita ga bs dadakan yah..hehehe

ruli retno said...

Langsungg dftr jd member sm newletternya bun... sering kok promo2 gitu paket liburan atau tiketnya

Diarysivika said...

Wah asik yah bisa main puzzle dan game bikin ank ngga rewel

Titis Ayuningsih said...

Wiiih terbang bersama Garuda...saya mauuuu :)

Christanty Putriarty said...

Maskapai favorit saya ini mba Ruli, meski saya takut terbang. Salam kenal yaa :)

ruli retno said...

Hehehe iya mba.. dan selalu di kasi.. jd kalo PP aja uda pny 2 tuh boneka. Apalagi klo sering2 bs di koleksi.. :p

ruli retno said...

mau mau mau... yuk langsung cek tiket promo mba titis

ruli retno said...

Mba. Christanty... ada trauma sm pesawat ya? Ato phobia? Klo engga sih rugi bgt gak nyoba.. ilangin deh takutnya.. seru bgt lohhh.. heheheh *kompor