Thursday, 30 July 2015

fenny ferawati, designer blog muda padat karya

assalamualaikum...
pada punya blog kan ya? bagus ga designnya? ngedesain sendiri? ouuwkeeyyy... tapi tidak semua orang loh bisa ngedesign blog, ngebagusin blog, apalagi ngebagusin punya orang. blog layaknya rumah bagi pemiliknya. mencirikan karakter pemiliknya, apa yang di sukai, plusssss.... menunjukkan jati diri pemiliknya, yang sembrono, yang rapih, bersih, seger, periang, kalem, ya...sesuai kaya orang biasa menata rumahnya..
    sayangnya, tidak semua orang kan punya waktu atau keahlian mendesign blog. layaknya rumah yang butuh design interior begitupun dengan blog. maka lahirlah designer-designer blog. Finally, thanks to mba wuri yang ngenalin saya sama miss fenny, alias mba fenny ferawati. designer blog muda padat karya.. alah bahasanya pake padat karya ya.. bagaimana tidak, beliau itu bukan sekedar ngedesign blog, melainkan multi talented. Ia juga seorang Mompreneur, Blogger, Writer, Social Media Consultant.
    awal perkenalan saya, ketika saya merasa blog saya ini "bukan gue banget" kenapa backgroundnya begitu font nya begitu, gambarnya begini profilnya begitu, etc panjang dan lebar, and look... netbook saya rusak, semua kegiatan nulis dan editing semua lewat hp dan menurut saya, pusing !!!! hehehe,, yes saya butuh designer blog. 
    ga perlu panjang lebar beliau sangat welcome saat kenalan yang tentunya mengenali karakter saya lebih dekat untuk tau saya ini maunya seperti apa. setelah pembicaraan ini itu, saya nunjukin blog yang saya suka dan berbagai hal yang saya mau dan wow.... alhamdulillah.. saya dapet design blog gratis.. hehehe...kok bisa gratis... gak lah.. ini pengecualian buat saya.. soal tarif kita bahas nanti... lanjooottt...
    di tengah kesibukan beliau, yup...kesibukan beliau bisa di lihat loh dari akun-akun sosmed mba fenny, untuk minggu ini aja beliau lagi sibuk ngurusin Virtual marketing, apa itu? yeah,,,inbox langsung lah ya..kunjungi fb beliau. dan yeah,,,beliau ibu muda kelahiran tahun 1989 yang sibuk mengurus 2 balita juga,,lebih tepatnya seorang balita dan seorang bayi. Pasti deh ibu-ibu canggih begini tinggal di kota metropolitan. jangan salah,,mba fenny ini domisilinya di klaten. So, daerah bukan alasan untuk tidak produktif. 
sumber : facebook "fenny ferawati"

    Hal yang paling unik dari mba fenny adalah beliau tidak memiliki backgroud IT, terus kok bisa jadi designer blog, otodidak? kok berani-berani jadi designer blog buat orang lain? kembali ke Tuhan, bakat itu anugerah ya. kalo liat masterchef di TV coba liat backgroud pekerjaan mereka. Ternyata kan bakat bisa lahir darimana saja, yang penting kalo kita sadar punya bakat ya di asah. justru dengan memberanikan diri jadi designer blog, bakat mba fenny makin terlatih. mau liat karyanya? yang paling sepele ya blog saya ini. hasil dari berbagai kecerewetan request saja. meski blog saya tergolong sederhana, tapi saya sendiri gak bisa bikinnya, hehehehe...ya sesuatu terasa sangat mahal bila kita sendiri tidak mampu melakukannya. entah apapun alasannya, ya gak sempet, ya gak bisa, ya gak rapi, apapun intinya blog kita mau di edit sesuai maunya kita ya. nih,,, salah satu contoh hasil blog design beliau yang menurut saya pribadi, cantik, titik.

   Cantik adalah ketika seorang perempuan tetap bisa produktif dalam keterbatasan. 
Tangguh, tapi tetap santun. 
(Fenny Ferawati)

sumber: www.performancemuslimah.com

    Biasanya seseorang yang memiliki jasa design dan jasa-jasa lain, itu sudah semacam tempat curhat juga bagi para kliennya. Begitupun saya, dari awal kenal mba fenny sudah menyambut dengan hangat dan saya merasa ngalir aja mau cerita, maunya saya bagaimana. Alhasil, tanpa banyak editing saya langsung surprise sama hasilnya, meski saya memimpikan sebuah blog khayalan saya, tapi gak nyangka juga hasilnya sebagus ini, bahkan dengan tanpa latar pendidikan IT ini luar biasa, bagi saya pemahaman beliau akan keinginan klien itu good job.. :)
    kepo ya... kok bisa ya, sambil punya 2 anak balita punya segudang aktivitas keren begini. eit,,, adalagi loh, mba fenny melakukan semua pekerjaan rumah tanpa asisten. sebagai muslimah beliau tetap santun dengan hijabnya untuk melakukan segala aktivitas. Menurut info beliau mengerjakan segala job begini biasanya midnight saat anak-anak sudah tidur, wah kagum sama manajemen waktu beliau. Dengan seabrek keahlian beliau juga gabung dengan beberapa komunitas penulis dan sudah menghasilkan banyak karya menulis. karyanya apa aja? bisa liat langsung di blog beliau disini.
sumber : facebook "fenny ferawati"

    sesuai janji saya, saya akan ngebahas seputar biaya design blog. Tapi yang saya bahas disini adalah tarif general, bukan special punya mba fenny saja. Untuk yang skala international ada www.etsy.com yang tarifnya pake dollar. harga berkisar $.9.00 - 100.00 USD semua designer baik blog atau interior ataupun arsitek sekalipun pasti sepakat bahwa harga sesuai dengan kerumitan pembuatannya. Untuk Indonesia, harga minimum yang pernah saya tau adalah Rp. 150.000 untuk yang paling sederhana hingga mencapai Rp.500.000 atau mencapai nilai juta. Nominal ini di nilai wajar, karena untuk yang rumit biasanya harus mengerti bahasa script-script di dunia website. Meskipun tutorialnya banyak, sekali lagi mungkin tidak semua orang Bakat dan tekun mempelajarinya. salut buat mba fenny yang mampu menguasai hal tsb. Fenny Ferawati mampu mengenali bakatnya dan tekun sekali mengasahnya menjadi keahlian yang mumpuni meski tanpa latar belakang akademik IT. Nominal tsb pastilah juga menggantikan biaya koneksi internet berapa jam yang di pakai seorang designer untuk merancang blog kita, baru sisanya adalah biaya jasa. 
    bagaimana menghadapi klien yang cerewet, saya bertanya. Karena saya merasa saat itu saya banyak sekali cerewetnya. Saat itu juga saya nyaranin agar mba fenny meng"Go international"kan jasanya. Kata beliau, klien cerewet itu sudah biasa dan wajar, semua ingin yang terbaik, dan sudah kewajiban designer blog mewujudkannya. Bahkan kata beliau, cerewetnya saya adalah termasuk yang biasa saja. Biasanya klien dari luar negeri lebih cerewet lagi, tapi pada akhirnya semuanya berakhir memuaskan. lalu apalagi yang perlu kita ketahui dari seorang Fenny ferawati ??  next...
    Terakhir yang saya bahas, berhati-hatilah memilih designer blog, karena di tangan mereka kita menyerahkan password blog kesayangan kita. Jangan langsung tergiur bila ada yang menawarkan jasa design murah tapi terlalu murah, bisa jadi hasilnya juga murahan. Dengan mba fenny ferawati saya cuma bisa bilang, "TRUSTED" dan tidak mengecewakan. Dan sebaliknya, jadilah kita klien yang manusiawi, yang setelah selesai laksanakan kewajiban, jangan kabur, daripada nama anda tercoreng di dunia per'website'an, so be good...

  

7 comments:

Juvmom said...

Aku malah baru tahu kalau mba Fenny bisa desain blog. Kirain cuma jago IM aja :D

Ika Hardiyan Aksari said...

Wah, iya ya Mbak Fenny bisa design blog jugaaaaa :D
Ih blog Mbak Ruly makin cantiikkkk :D

Ruli Retno Mawarni said...

Nah kan.. beneran multi talented bgt mba fenny ini. Hehehe

ruli retno said...

Hihihi... iya mba ika..
anyway.. makasih ya dulu bantuin rapiin blog aku.. klo gak.. pasti itu uda berantakan bgt gak karu2an..

Fenny Ferawati said...

berawal dari IM trus ketagihan belajar yang berkaitan mbak :D

Fenny Ferawati said...

cantik khan blognya kayak yang punya ;)

Ruli Retno Mawarni said...

Aihhhh...di blg cantik.. *klepek2