Sunday, 14 June 2015

Belanja makin hemat dengan Bright Gas

Assalamualaikum.. ruli bercerita lagi ya.

Yang namanya ibu rumah tangga, meski yang jarang memasak sekalipun pasti punya kompor kan yak di rumah. Dan kalau bisa mengirit belanja rumah tangga pasti seneng kan ya.. 
jadi ceritanya kali ini ni makin hari saya makin penasaran sama bright gas yang warnanya unyu-unyu. Terus lagi.. abang tukang delivery elpiji itu tiap nganter isi ulanh elpiji selalu cerita soal bright gas
Sumber foto : www.pertamina.com
Oke-oke harganya memang lebih mahal daripada elpiji biasa yang tabung biru. Wajar donk ya kalo tukang gas nya promosi. Tapi saya selalu penasaran dengan suatu harga. Saya selalu beranggapan ada harga ada kualitas. Meskipun tidak bisa menganggap general. Karena tidak selalu mahal itu bagus. Tapi kali ini tawaran abang tukang gas cukup menggiurkan.
kata beliau, dengan bright gas api nya lebih biru dan lebih irit. Katanya konsumennya yang pake bright gas itu sekarang kalo isi ulang bisa 2x lebih lama. Misal yang tiap beli 2 bulan sekali sekarang jadi 3-4 bulan baru isi ulang. Nah saya yang sering masak kan isi ulang biasanya tiap 1.5 bulan. Sekarang akan mengisi ulang tiap 3 bulan. Ahh rasanya bagi saya itu menggiurkan.. hahahaha (lebay nya kumat) tapi bener kan ibu-ibu.. kalo dapat tawaran gitu pasti mikir kan.. hehehehe..

Lalu beli lah saya bright gas.. ini konversi harga di daerah saya ya. 
-Isi ulang elpiji biasa biru @168.000 termasuk biaya delivery
- isi ulang elpiji bright gas @173.000 termasuk delivery

Dengan beda 5000 jelas mau banget ya klo ngiritnya mpe nambah sebulan. Ngirit nambah 1/2 bulan aja lumayan menurut saya. 
Oh iya.. konversi dari tabung biru ke bright gas pasti ada biaya donk ya. Saya nambah 50.000 saja untuk konversi tabung. Tapi menurut info tidak semua penjual gas melayani konversi tabung. Ada yang mengharuskan beli tabung bright gas dari awal lagi. penjual bright gas pun belum banyak ya.. seperti kata ibu saya di kota beliau tinggal penjual bright gas cuma 1 dan tidak melayani konversi tabung biru. Jadi harus beli tabung gas unyu itu dari awal. Terus gitu yg biru buat apa coba. Kan jadi boros..

Saya pernah tanya ke penjual gas langganan saya. Gimana kalau kehabisan stok bright gas. Apa saya boleh pake yang biru lagi. Beliau jawab katanya ga mungkin kehabisan karena pertamina sedang pelan-pelan mengkonversi semua ke bright gas. Jadi makin hari stok pasti makin banyak. Yah semoga demikian yak..hehe
nih saya kasih foto bright gas saya ya. Saya dapet yang pink. Lucu deh.. 
foto : dokumen pribadi

Qorira langsung tanya kok gas kita jadi pink mah? Ini gas apa mah? Hehehe.. penjelasan dari pertamina yang saya baca begini ya.. 

Bright Gas mempunyai beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh produk ELPIJI Pertamina lainnya. Seluruh tabung Bright Gas telah dilengkapi dengan katup pengaman ganda (Double Spindle Valve System) yang membuatnya 2x lebih aman dari kebocoran. Sehingga jika salah satu katupnya rusak, gas tidak akan langsung keluar dari tabung tetapi akan tertahan oleh katup pengaman yang lain.

Yang sangat menarik, tabung Bright Gas hadir dengan dua pilihan warna, yaitu ungu dan merah muda, sehingga keberadaannya akan mempercantik suasana dapur Anda dan menjadikan memasak lebih ceria dan menyenangkan. Dan untuk memahami tata cara menggunakan dan mememasang Bright Gas tidaklah sulit, karena untuk Bright Gas seluruh tabungnya dilengkapi dengan sticker petunjuk penggunaan yang dapat mempermudah konsumen dalam menggunakan produk ini.

Kualitas Bright Gas sangat terjamin, karena komposisi Bright Gas  yang sebagian besar terdiri dari gas Propane (C3H8) dan Butane (C4H10) telah memenuhi Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Gas Sesuai dengan SK Dirjen Migas No. 26525.K/10/DJM.T/2009.


 Sumber : www.pertamina.com

Setelah nyoba ternyata beneran. Apinya itu biru banget. bunyinya alus (kaya mesin ajah..) sepertinya pembakarannya pun sempurna banget karena sama sekali tidak meninggalkan noda di panci masak saya. 
Foto : dokumen pribadi

Seandainya bisa di gambarkan mungkin bright gas itu versi terbaiknya gas pertamina ya. Sama seperti pertamax sebagai versi terbaiknya bensin.

Oya, saya pernah dapat info dari seorang teman yang bekerja di perusahaan gas. Katanya semakin bagus fisik tabung. Akan semakin bagus ia menyimpan tabung. Semakin jelek fisik tabung itu akan menambah resiko tabung mudah meledak karena body yang rusak-rusak itu rentan efek-efek dari luar. Saya kurang jelas landasan keilmuannya soal penjelasan ini. Tapi dengan kondisi bright gas yang baru release lebih menenangkan hati saya karena kondisi tabungnya bagus-bagus. Dan terlihat lebih kinclong daripada elpiji biru yang jadul. :D

teman-teman yang sudah pake bright gas mari share pengalaman juga yuk. Saya pakenya belum 1 bulan. Jadi belum bisa membuktikan keiritannya.

4 comments:

Efi Fitriyyah said...

Saya kalau nukerin tabung kosong sama yang isi (pasti bayar dong, kalo ga,ntar disambit yang punya warung :D ) suka seneng kalo dapet tabung yang masih mulus dan kinclong (salon kali, ah). Dan.. iya,irit 5.000 mah cincai pake banget atuh, ya. Mana cakep pula kemasaannya. Saya masih pake tabung biasa euy di rumah.

ruli retno said...

Hihihi.. iya mba.. nambah 5000 tp bs ngirit beli gas smpe 1 bln lebih panjang kan lumayan bgt yak.. sy jg baru brp hr ni pke bright gas gegara di rayu trs sm si abang yg jual gas.. (gampang di rayu..wkwkwkw) nti klo dah nyobain sharr cerita yak.. :p

kakaakin said...

oo.. ternyata bright gas itu beda ya dengan si tabung biru, kirain sama aja, cuma beda i cat doang. Saya gak paham, soale di rumah saya masih pake yang ijo sih :D

ruli retno said...

Cobain mbaa.. api nya cakep deh.. irit jg. Saya uda kaya sales pertamina aja nih.. hihihi