Tuesday, 16 June 2015

Arisan, cara efektif menabung tuntas

Assalamualaikum...
siapa nih yang sudah mulai merasakan efek ramadhan. Ayo yang tadi siang belanja uda pada naek berapa harga sayur mayur.
seperti sudah menjadi tradisi ya kalau ada event besar biasanya harga pada naek terutama sembako. Bahkan beberapa waktu lalu kita sudah di minta untuk ikhlas menerima kenaikan harga-harga semua sembako *eluskening.

Sebagian orang yang santai-santai saja menghadapi perubahan harga biasanya memang punya spare keuangan yang cukup. Tabungan cukup. dan pengaturan keluar masuk yang stabil.
kebayang gak kalau uda mau lebaran. Itu harga makin melonjak lagi. Di tambah kebutuhan kita bagi yang muslim menyiapkan lebaran. Seperti pecah belah, konsumsi tamu, apalagi baju-baju. Itu kalo uda mau lebaran, mall uda sama kaya pasar hewan. Bahkan butik pun yang biasanya stabil saja mendadak padat. 
Penyebabnya apa? Karena uang THR biasanya baru keluar menjelang lebaran. Semua tumpah ruah jadi satu bersama-sama Belanja. 

Saya terutama suami, adalah pasangan yang paling ga suka belanja menjelang lebaran. Selain padat pengap dan ga leluasa, kita juga seringkali dapat barang sisa. Ga bisa milih ukuran, warna, dan model sesuka hati. Tapi... kalau mau belanja jauh hari sebelum lebaran gimana? Kan THR belom dapet. Tabungan juga biasanya kami pakai untuk keadaan darurat saja. Bukan untuk persiapan lebaran. Hehehehe.. padahal darurat juga ceritanye pan..

Dari sekian banyak yang pernah saya lakoni, cara yang paling efektif menyimpan uang tabungan menurut saya adalah arisan. Kenapa? Coba di review..
1. Tabungan, buat saya yang sering belanja online dan jualan online, ga mungkin ga punya atm kan. Dan uda pasti transaksinya sering (sok laku jualannya) kalau kecampur antara tabungan sehari hari dengan tabungan untuk darurat kan beda. Kadang ga bisa bedain juga darurat dan engga main gesek gesek aja di kasir. Tidakkk 
Terus juga. Sepele sih tapi sering nyebelin. Yaitu biaya admin. Menurut saya.. kesimpulan saya tabungan bukan yang terbaik.
2. Deposito, pernah pake deposito nominal kecil. Eh dia sulit keluar pas kita lagi bener-bener perlu. Waktu itu ada sodara pas sakit. Sulit keluar karena bukan tanggalnya. Tapi kan orang sakit mana bisa di tunda. Jadi terpaksa lah saya ngutang waktu itu sampai tanggal deposito saya keluar.
3. Kartu kredit, nyenengin deh kalo pas darurat tinggal gesel kartu kredit. Dan bayarnya bisa di cicil. Menurut saya ini juga kurang efektif. Karena tidak semua pembelian bisa pake kk. Coba kalo ke pasar. Hahahaha.. ini kan padahal ngomongi keadaan darurat ya.. pembayaran kk juga alot.. lama beut. Makin di bayar kok bunganya masih aja gede. Sekarang saya dan suami gak punya kk lagi.
4.celengan, ah umurnya ga akan lama. Ga usah lah ya di ceritain. Uda tau endingnya begini. Hehehe..
5. Inilah cara saya yang sekarang saya lakoni.. yaitu nabung dengan cara arisan. Tau donk yah semua wanita yang pake kertas di gulung terus di pakein sedotan terus kumpul-kumpul di kocok dah rame-rame. Terus Kenapa efektif ?? Arisan yang saya bicarakan ini arisan uang ya bukan arisan barang ataupun jasa. Saya bilang paling efektif karena kita ada kewajiban untuk selalu bayar dalam periode waktu tertentu. Dan kita bisa dapat arisan dalam keadaan darurat. Selama teman-teman arisan setuju dan tidak ada yang di rugikan. Tabungan ini tidak bisa di ambil kalo dalam situasi yang biasa-biasa aja kan. Yang pasti juga tanpa biaya admin dan tidak berbunga. Kurang enak apa coba nabung dengan arisan.
Tapi ini dalam tanda kutip arisan dengan orang-orang yang di percaya.
Sumber foto : eramuslim.com
Saya.. dari beberapa waktu ini dapat arisan, entah kenapa saya selalu dapat arisan setiap saya butuh uang. Pernah saya dapat arisan pas banget menjelang saya lahiran. Pernah juga saya mau dapat arisan buat beli tiket ke bali eh dia gak dapet-dapet. Akhirnya saya beli tiket ke bali dengan uang lain. Eh arisannya pas dapet beberapa hari menjelang saya berangkat ke bali.

ini kaitannya dengan keyakinan juga.. saya beranggapan kalau arisan akan di keluarin oleh Allah ketika saya butuh uang. Tuhan pasti tau donk kapan kita butuh banget uang. Hehehehe... kalo memang ketika dapat arisan tidak ada sesuatu yang darurat ya saya masukin ke deposito. lalu saya mulai arisan baru. Saya selalu milih arisan yang lamanya tidak lebih dari setahun. Supaya ga capek nungguin dan bayarnya. Hehehe.. tapi jarang sih kalo arisan sampe masuk deposito. Biasanya sebelum ikut arisan juga langsung di planning mau buat apa. Wkwkwkwk... emak-emak banget dah..
Seperti sekarang pun temen-temen arisan saya udah ngantri mau dapet di bulan sekian. Saya sih setuju aja mereka dapat kapan aja yang penting saya uda request juga kan ya mau dapat arisan sebelum lebaran haji. Biar bisa buat berkurban. Dan ternyata yang lain setuju juga. Enak kan ya Kalo suka sama suka *eh. uang aman, bebas biaya pula..

Kalian sendiri gimana? Selama ini nabungnya gimana? Udah nemu belom cara yang pualinggggg endesss buat nyimpan tabungan atau ngurusin keuangan pribadi atau usaha. Pusing kan ya.. iyah pusing tapi coba deh konsul di cermati.com semua info terupdate dan terefektif untuk finansial bisa baca disitu. Bisa nanya-nanya juga. sampe tips berhemat juga ada. Berasa punya financial planner pribadi yak. Hihihi..

nyenengin loh buat emak-emak walking di cermati.com meski saya sudah merasa mapan menata keuangan rumah tangga, tapi info-info terupdatenya juga perlu banget tau. Meski anda IRT ataupun wanita karir, tidak semua pakar ekonomi tapi wanita di haruskan mengerti ekonomi minimal ekonomi pribadi dan rumah tangga. Perbandingan berbagai bank dan plus minusnya bisa di update disitu juga. Belom tentu juga kan bank yang kita pake transaksi atau kartu kredit sekarang itu yang terbaik. kecuali yang gajinya di transfer pake bank yang di tunjuk kantor. Gak bisa milih donk yak.. hihihi.. pilihan ada di tangan anda.
Mari jadikan Orang Indonesia Cermat berfinansial!


  

4 comments:

Anaana Makesa said...

saya juga ibu-ibu pecinta arisan mbak :)
arisan memang solusi terbaik untuk mendapatkan dana disaat-saat yang dibutuhkan :)

btw salam kenal yah mbak :)

Syahdian Novianti said...

Arisan termasuk efektif mak. Apalagi kalau uda tau dapetnya kapan. Hehehe.
Salam kenal mak :)

Ruli Retno Mawarni said...

Salam kenal mba sbg sesama blogger dan pecinta arisan

Ruli Retno Mawarni said...

Hehehe iya mak.. skrg arisan pd gitu. Di kocok semua di awal nti yg butuh tinggal tuker2an posisi sm yg mau..jd enak ya..
salam kenal jg mak..