1000 ifthor halal untuk yatim dhuafa

Ngebukain puasa alias ifthor kalo buat anak panti/dhuafa biasa aja ya. 100-200 anak. Tapi kalo 1000 ? Ah biasa juga itu kalo buat skala perusahaan besar. Lain cerita kalo 1000 ifthor tsb di selenggarakan oleh sebuah komunitas kecil serempak di 10 cabang di berbagai daerah indonesia. Dan lebihnya lagi, 1000 ifthor tsb... HALAL

Yah.. siapa lagi kalau bukan komunitas Halal Corner. Yang pada ramadhan tahun lalu sukses menggelar 1000 ifthor halal serempak di 10 cabangnya yang tersebar di tanah air. Komunitas yang bergerak khusus untuk mensyiarkan halal, menggerakkan masyarakat untuk melek halal dan menjadikan halal sebagai gaya hidup yang bersifat harus dan wajib.
      Kenapa di sebut 1000 ifthor halal? Yah..tentunya sudah menjadi identitas bagi semua yang di halal corner haruslah halal, termasuk dalam hal berbuka puasa dengan yatim dhuafa, makanan yang kami serahkan semuanya di pastikan halal, berasal dari depot makanan yang bersertifikat MUI atau di masak sendiri yang semua halal dari hulu ke hilir. Alhamdulillah

Dengan founder komunitas seorang wanita cantik bernama aisha maharani yang akrab di sapa teteh aisha. Komunitas ini tahun lalu sukses mengumpulkan donasi lebih dari 60 juta rupiah. Dimana selain sukses mengadakan 1000 ifthor halal juga menyalurkan sebagian untuk saudara-saudara kita di palestina.
Mau liat liputannya?









Tahun ini, komunitas halal corner kembali akan mengulang kesuksesan 1000 ifthor halal yang insyaAllah akan serempak di laksanakan tgl 7-12 juli 2015. Mari bergabung jadi bagian dari kebahagiaan 1000 yatim dan dhuafa di seluruh cabang. 

Membukakan puasa anak yatim 1 panti mungkin bagi sebagian orang akan terasa berat. Karena itu bergabunglah bersama halal corner untuk ikut patungan membahagiakan mereka. Salurkan donasi anda ke no rekening yang akan saya lampirkan di bawah ini. 
 bukain puasa anak yatim dan dhuafa kan tidak harus menunggu kaya, tidak harus menunggu kapan sempet, tidak harus 1 panti juga. Bersedekahlah di saat lapang maupun sempit dan berikanlah semampu kalian.
yang penting yang harus di ingat hanyalah darimana kalian mendapatkan sumber sedekah tsb. Bersedekahlah dengan yang halal ya. 

Karena dalam semua harta kita, ada hak mereka, kita yang di titipkan rejeki untuk di sampaikan ke mereka. dengan cara ini pula kita melapangkan rejeki bagi diri kita. Karena tidak pernah ada sedekah yang membuat kita miskin.
    Dengan tulisan ini saya mengajak semua yang membaca blog saya ini berpartisipasi membahagiakan mereka anak yatim dan dhuafa di bulan penuh berkah ini. 
Sebagai penutup, Untuk keterangan lebih lanjut, simak info di bawah ini ya. Mohon bantuan broadcast tulisan di bawah ini bagi yang berkenan.

Assalamu'alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh
Sobat Halal Corner yang disayang Allah.. Di bulan Suci Ramadhan, kami mengajak sobat utk berbagi kebahagiaan dalam acara :

"Berbagi 1000 Ifthor Halal"

yang Insya Allah diselenggarakan tanggal 7-12 Juli 2015 di 10 kota
(Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Makassar, Banda Aceh, Batam, Banjarmasin).

Ifthor akan dibagikan ke panti asuhan, panti jompo, kaum dhuafa, anak jalanan, dan orang-orang yang berpuasa.
Partisipasi sobat dapat berupa :

>> Makanan/minuman Halal, pakaian layak pakai (Kontak CP Perwakilan HC Daerah)
>> Donasi uang, transfer ke :
BNI no rek 0164534865 an. Salisul Munfaati

Konfirmasi transfer via sms ke no 082330607999 dengan format : IFTHORHALAL_Nama_Jumlah donasi 
(Batas waktu transfer paling lambat 5 Juli 2015)

Info lebih lanjut hubungi CP HC daerah masing2 :
HC Banda Aceh : Luna (081269959958)
HC Batam : Rahma Dewi (08192227833)
HC Bogor dan HC Jakarta : Rina (081219959573)
HC Bandung : Astri (083822691981)
HC Jogja : Chandra (085643066922)
HC Jatim : Indah (081259255477)
HC Malang : Randy (085755522988)
HC Banjarmasin : Ruli Retno (081350063454)
HC Makassar : Rhyean (08114611390)

Mohon bantu sebar infonya ya, semoga menjadi amal ibadah yg berbalas ridho Allah SWT
Wassalaamu'alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh

oseng mercon daging sapi lada hitam (hot meat black pepper)

assalamualaikum...
dari judulnya aja uda kebayang ya pedesnya. Udah pake mercon pake lada hitam pula. hot..hot..hot..
kayanya ga recomended buat bulan ramadhan ya? Awalnya saya kira begitu tapi alhamdulillah habis makan ini sampai esoknya perut saya baik-baik saja loh..
saya justru memasak ini ketika suami saya kena flu berat dan tidak selera makan..
berhasil... resep ini bikin suami saya lahap dan nambah. Kenapa saat suami flu saya kasih cabe-cabean. ini alasannya ya

"Sifat-sifat yang diberikan oleh zat capsaicin pada Cabai rawit adalah anti inflamasi , anti – alergi, anti jamur dan anti iritasi. Cabai rawit juga mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin B6 dan vitamin C , dan betakaroten. Mineral yang ada pada cabai rawit adalah, mangan dan kalium, yang semuanya baik untuk kesehatan"
"Cabai rawit dapat membantu menghilangkan rasa sakit. Banyak orang yang menderita sakit kepala, dan mengkonsumsi cabe rawit akan memberikan manfaat untuk mengurangi rasa sakit kepala migren. Makan cabe juga akan membantu orang yang menderita gejala sinus. Cabe rawit juga dapat membantu untuk mengurangi sakit gigi dan sakit gusi"
sumber: klik disini



Oke..oke.. kepanjangan intronya ya..hehehe catet Ini resepnya ya..
bahan

  1. 250 gram daging sapi iris tipis 1/2 cm melebar
  2. 25 biji cabe rawit diulek kasar (sesuai selera)
  3. 1/2 sdt lada hitam
  4. 5 siung bawang merah iris tipis
  5. 5 butir bawang putih iris tipis
  6. 1 batang sereh memarkan
  7. 3 lembar daun jeruk
  8. 1 lembar daun salam
  9. 2 cm lengkuas di geprek
  10. garam secukupnya
  11. minyak goreng utk menumis secukupnya
  12. kaldu bubuk 1/2 sdt (saya pake yang tanpa msg)
  13. 1 sdm margarin (optional)
Cara memasak
  1. Panaskan minyak goreng, tumis semua bumbu hingga wangi dan bawang layu
  2. masukkan daging. aduk merata hingga daging berubah warna.
  3. masukkan garam, cabe, kaldu bubuk dan lada hitam. Aduk merata
  4. Diamkan 5 menit sambil sesekali di aduk
  5. apabila ingin menambahkan sedikit larutan jangan tambahkan air melainkan tambahkan margarin/minyak goreng.
  6. Cicipi hingga rasanya sesuai selera. Bila suka manis bisa tambahkan gula pasir 1 sdt
  7. sajikan hangat bersama nasi putih pulen

Noted. 
- sebelum di masak daging jangan di cuci atau terkena air. Karena bisa membuat daging alot.
- bersihkan daging seperlunya. Bila sangat kotor bagian yg kotor cukup di iris. Bukan di cuci.
- daging sapi bisa di ganti daging ayam fillet atau tempe tahu.


Selamat mencoba semoga suka

8 tips mengajarkan anak berpuasa

Wah Qorira puasa? Iya alhamdulillah.
Seharian? Iya alhamdulillah.
kan dia masih TK ? Iya alhamdulillah 
masih 4 thn ya umurnya?
MasyaAllah... 

keju dari susu basi

Assalamualaikum...
pernah gak dari kalian akhirnya memergoki orang tua kalian yang ketauan membohongi kalian sampai bertahun-tahun lamanya? Hal sepele tapi membekas banget di hati. Dan tidak pernah ada pengakuan sampai kalian tau dengan sendirinya. Nyesek gak sih bahkan Sampe kalian punya anak tetep inget. Pernah gak di gituin? Dan saya mengalaminya. Saat itu Saya sempat menangis. Tapi bukan tangisan kemarahan. Melainkan tangisan haru dan sejumput kesedihan.

Awalnya begini, ketika saya SD kelas 1 bapak saya pindah tugas ke kecamatan kecil di pelosok kabupaten Barito Kuala, Kalsel. Namanya kecamatan tamban. Berbeda dengan sekarang dulunya tamban itu kota terdekatnya ibukota provinsi banjarmasin berjarak 1 jam perjalanan yang bisa di tempuh hanya dengan kapal sungai.
   penduduknya adalah transmigran asal jawa yang umumnya adalah petani. Kehidupan pedesaan yang sangat bersahaja disini. Benar-benar mengandalkan hasil rakyat. Eh zaman dulu kecamatan Tamban itu ga ada di peta loh..hehehe saking pelosoknya. Alhamdulillah sekarang uda nongol di wikipedia Indonesia. Disanalah saya melewatkan masa SD dan SMP saya.
       Dan terjadilah kebohongan itu di mulai dari sejak saya punya TV di rumah. Saat itu kelas 2 SD. Sekitar tahun 1992 hihihi ketauan deh angkatan tua. Saat itu TV cuman ada TVRI doank.. baru kemudian masuk signal RCTI itupun dengan iklan yang belum banyak. Disanalah pertama awal-awal saya kenal keju. lupa juga ada iklannya atau engga yang pasti orang-orang jakarta sudah tau keju saat itu, Suatu makanan yang saya penasaran banget bagaimana rasanya. Pada tahun tersebut sebenarnya keju kraft sudah meluncur di pasaran ya. Tapi saya sama sekali ga bisa nyobain, kenapa? Karena kebohongan orang tua saya tadi.
  Saya termasuk orang desa yang beruntung. Orang tua saya PNS di kampung itu di anggap seperti pejabat saya bisa ke kota tiap 1-2 bulan karena ortu berpenghasilan lumayan menurut mereka. Padahal mah ya PNS biasa ajah..bukan pak camat hehehe. Bisa ke swalayan yang zaman dulu cuma ada HERO. Tapi setiap saya mau minta belikan keju selalu di tolak. Orang tua saya bilang, keju itu terbuat dari susu basi (jrengggg...!!!) saya pernah melihat susu basi dimana di atas adalah bagian susu yang memadat bagian bawahnya air. Dalam khayalan saya, bagian padat itulah yang di jual orang bernama keju. zaman dulu belom ada google kan ya, adanya buku RPUL. Hehehe. Case closed. Saya ga minta keju lagi habis itu.
      Di kampung ibu saya perias pengantin. Tiap merias ibu selalu dapat order kue pengantin juga. Disitulah saya mengenal kue bolu. Di kampung, itulah kue yang paling hebat. Boro-boro pake topping keju, atau cherry, yang saya tau kue bolu atasnya pake mentega putih yang di bikin warna warni pake bunga-bunga. 
     Lalu Ya Lulus SMP..saya pindah sekolah hijrah ke SMA di kota demi mendapatkan sekolah favorit. Mulailah pelajaran kimia pertama dalam hidupku, dan... eng ing eng.. ketauan lah kalo sebenarnya keju itu bukan dari susu basi. Melainkan produk olahan dari susu yang bergizi tinggi Dan rasanya lezat. Bentuknya pun tidak selalu padat karena di negara lain ada berbagai bentuk keju beredar.
    yah.. iklan TV saat itu sudah marak dan saya tau keju itu enak Meski hanya dari sekedar slice cake atau martabak manis keju. Terbukti juga dari bakery yang ada di kota harga kue dengan keju selalu yang terbaik diantara semua kue. Lebaynya anak kampung main ke bakery-bakery demi ngeliat-liat harga kue dari keju doank.
      Setelah lengkap ilmu perkejuan saya dapat. Saya hanya sempat mengkonfirmasi ke bapak. Ternyata bapak tau kalau keju bukanlah padatan susu basi. Tapi bapak juga ga tau sebenarnya keju dari apa yang pasti produk olahan susu. Sudah sekian.
     Dan saya, menangis sesaat di kost, rasanya ada yang menyesak di dada ya ketika tau penyebab utama orang tua gak ngasi keju saat itu adalah karena harganya yang mahal dan saat itu gak tau kejunya mau buat apa di masak apa. Rumah kami di kampung. Ga akan ada yang jual roti tawar. Lalu kalo ga pake roti itu keju di apakan.           Begitulah saat itu TV belum bisa membuat pengetahuan masyarakat merata sampai ke pelosok ya. Buku? Toko bukunya yang ga ada. ada juga yang jual buku pelajaran sekolah. Apalagi google, internet pun belom ada. Dan ya.. ini sepele tapi saya menangis, bagaimana orang tua dengan sangat terpaksa membohongi saya karena memang keterbatasan situasi. Saya tidak marah bapak ibu, saya justru merasa bersalah merengek minta keju.
      ah sudahlah... liat saya sekarang.. sekarang saya sudah berumah tangga, kebetulan tinggal di kota dan orang tua saya masih di kampung yang sama karena belom pensiun. Hanya bedanya sekarang akses kesana mudah, jalan bagus, meski masih aneh dengan keju.
    Satu hal yang sangat saya syukuri adalah saya sekarang tidak pernah kesulitan membeli keju, terutama kraft langganan saya dari keju cheddar, slice hingga melted karena minimarket semua deket. harganya pun terasa standard aja kaya merk lain dan yang pasti saya bisa ceritakan ke anak-anak saya keju itu terbuat dari apa.hehe...
   Saya pun mulai belajar mengolah keju. Yeay!!!!
Foto ini adalah foto resep saya yang menang jadi juara favorit di Adu Resep Kartini 2014 yang diadakan sebuah club masak online.
Inilah keju andalan saya, QuickMelt kraft yang saya pakai untuk resep di lomba tsb.

untuk kelas keju favorit saya sih termasuk yang ga suka ganti-ganti karena takut mengubah rasa yang khas. Biasanya kalau ganti merk karena sangat terpaksa, orang rumah uda langsung pada tau, gurihnya beda, teksturnya beda. Kadang juga kalau mau beli makanan yang pake keju kaya martabak manis atau pisang keju nanya dulu, kejunya merk apa. Menurut saya sih perbedaan tsb pasti beda juga kualitas susunya. 
Yang gak kalah penting adalah logo Halal MUI nya itu loh. Olahan susu kan rawan halal. Jadi Itulah yang penting saya bertahan dengan merk kraft sajalah. Karena gizi, rasa favorit dan asupan halal keluarga ini adalah tanggung jawab saya sebagai ibu.
      Alhamdulillah seiring waktu orang tua saya sekarang sudah tidak pernah kesulitan mendapatkan makanan berkeju. Tapi tetap saja ga familiar sama lidah mereka karena dulu hampir ga pernah makan keju. Di lebaran ini, saya berniat membuat sesuatu yang spesial buat orang tua saya. Kue lebaran dengan keju tapi akrab dengan lidah mereka.
        Tapi apa?? Saya mah kalo soal bakery ga ahli-ahli banget. Dan alhamdulillah pas hunting resep dan varian-varian keju kraft ketemulah kejumoo dan hore.. saya ketemu resep ini.

Rasanya seneng buangetttt ketemu resep ini. soalnya ni resep "ortu saya banget" yaitu bolu sebagai perwakilan kue yang biasa di buat ibu ketika saya kecil. Dan kejunya sebagai wujud persembahan cintaku atas keterpaksaan mereka membohongiku ketika aku minta-minta keju dulu.hehehehe meskipun bolu nya yg dulu bunder yang sekarang jadi bolgul. big thanks to kejumooo dan yang bikin resep yak. Muachh..
       Harapan saya, lebaran ini akan berbeda dengan lebaran kemarin-kemarin. Ketika mengantar kue lebaran nanti mudah-mudahan ibu bapak suka. juga mertua gak lupa juga di buatin. Dan yang lebih penting lagi.. hiks.. mulai mellow.. saya harap tidak ada lagi kesedihan orang tuaku gara-gara saya merengek soal keju. Ah bukan itu..
    harapan saya, dengan hal ini, saya pribadi bisa merasakan indahnya memberi cinta. Meski sampai kapanpun saya tidak bisa membalas jasa orang tua Saya. saya hanya ingin bisa memberi cinta meski minimal tapi dengan cara semaksimal mungkin.

Menakjubkan, hanya dari keju saya bisa mewujudkan berbagai moment indah sekaligus. Dari moment ungkapan rasa syukur, terimakasih kepada orang tua, terutama kepada Tuhan juga, wujud bakti, nostalgia masa kecil sekaligus merayakan indahnya memberi cinta.



efektifkah broadcast bbm saat event keagamaan?

Assalamualaikum..
selamat pagi yang hectic.. dan saya bangun pagi setelah semua kerjaan beres baru pegang hp. Dan tara... banyak sekali broadcast (BC) menyambut ramadhan. Yang isinya tentu saja mohon maaf lahir batin. Untuk bisa memulai ibadah ramadhan dengan lebih bersih jiwanya. 
Ga kaget ya dengan BC beruntun.. karena ini juga sudah mulai sejak pertengahan bulan lalu kisaran nisfu syaban. Dan ini rutin terjadi setiap tahun, lebih tepatnya beberapa kali dalam setahun Di setiap event-event besar.

Seberapa efektifkah menyampaikan suatu informasi atau maksud lewat BC. Menurut saya, sebagai orang yang sangat jarang BC itu tergantung situasi. yang saya bahas kali ini hanya fokus pada BC suatu event bersama ya seperti ramadhan dan lebaran. Pengecualian BC pengumuman ato BC jualan. Hehehehe...

1. Ketika event besar dan sekian banyak orang BC bersamaan dengan isi yang kurang lebih sama. Pastinya kita ga akan bisa baca isinya secara efektif apalagi kalo panjang. Pasti yang di tangkap intinya saja. Padahal yang nulis mungkin susah payah merangkai kata. Kadang hanya di jawab 'terimakasih' atau 'iya, sama2 ya' sakitnya tu mana ya.. hehehe mungkin ga kerasa sakit bagi sebagian orang tapi kalo saya pribadi ga terlalu suka susah payah melakukan sesuatu (BC juga perlu perjuangan kan) dan tidak di respon maksimal. Ya jangan marah.. kita BC nya bareng sama orang banyak dan isinya kurang lebih sama dan orang yang nerima belom tentu juga lagi santai kan. 

2. Ketika BC yang kita sebar sama persis sama punya orang lain. Kadang kan males mikir ya langsung copas aja. Kita BC balik dengan tdk lupa yang ngasi kita BC sebelumnya jangan ikut ke BC juga kan malu ya bok.. hehehe.. tapi BC dengan isi persis sama memungkinkan kita 'dicuekin' sama yang nerima. Dan memungkinkan kita di 'sindir' kalo ga teliti. Di sindir?? Maksudnya?? Saya pernah nulis di status FB saya kurang lebih begini
"Udah berapa lama sih merayakan lebaran kok nulis aidin aja pake aizdin, makanya kalo copas teliti dulu, jangan yang salah di copas abis" 
jadi copas abis untuk hal baik tidak di larang selama itu benar. Iya apa iya? Hehe

3. BC nya berkali-kali. Iya memang niatnya minta maaf. Iya-iya yang penting bilang maaf. Tapi kalo berkali-kali dan berdekatan jaraknya apa gak bikin dosa lagi bikin orang ngedumel.

4. BC pukul rata, setiap BC liat event nya. Mungkin saja BC berkaitan keagamaan akan di anggap annoying bagi yang tidak merayakan. Mungkin lo yah.. walaupun ada beberapa yang beda agama menyambut baik BC kita tapi yakin deh gak semuanya begitu. Ya kan..ya kan.. 

Jadi... enaknya gimana donk.. ini tips dari saya supaya efektif meminta maaf via bbm.. 
1. Hindari waktu-waktu sibuk full BC, ketika ada sekian banyak BC masuk bersamaan, yakin deh BC anda ga kebaca. Syukur-syukur di bales karena yang nerima juga mungkin sibuk hectic di rumah atau kantor. Yang ga sibuk kapan? BC aja sebelum ramadhan.. hehehe kejauhan ya.. jujut ya.. saya akan lebih excited membalas bbm kerabat yang ngucapin maaf lahir batin langsung. Bukan BC. Keliatan kan ya kalo pribadi itu tulisan bbm nya item. Kalo BC biasanya tulisannya ungu atau magenta. Kalau nulis 1 per 1 gempor donk ya sebanyak itu? Lalu lebih efektif mana 1 per 1 atau di lewatkan begitu saja. Sama dengan cek kontak dont reply yak. Hihihi

2. Jangan copas abis. Dan jangan panjang-panjang Seperti cerpen di contoh BC saya di atas ya. Kebayang ga itu BC yang ga muncul di layar masih ada lagi loh di bagian atasnya. Panjang beut.. clear ya ini tipsnya hehehe.. 

3. Cukup sekali per event ambil waktu terbaiknya saja..atau kompilasinya (album kali.. )

4. Jangan kirim select all contact untuk BC keagamaan kecuali dalam kata-kata BC di selipkan kata-kata untuk semua agama atau mohon maaf yang non muslim misalnya. 

5. Tips terakhir, paling mendalam dari saya, adalah jangan BC. Itu tips paling prinsipil saya. Hubungi lah orang-orang yang anda benar-benar ingin mohon maaf lahir batin dengan menyapa langsung. Capek iya capek, lebih capek mana kalo di cuekin ucapan kita gegara pake BC. siapkan waktu khusus untuk itu. Misal 1 menit menyapa 2 orang. Siapkan waktu khusus menyapa setengah jam misalnya. Masa iya udah ga sowan ga telpon eh bbm aja ga sempet sampe harus BC. Memang BC general ke semua kontak yang siapa tau tanpa kita sadari pernah punya salah. Kembali ke kita juga, harusnya yang di BBM kan kontak-kontak pribadi ya.. bukan kontak-kontak orang yang tidak kenal jelas.

Semoga review dan tipsnya bermanfaat.. dan kita bisa menggunakan fasilitas BC dengan bijak..  :)


Arisan, cara efektif menabung tuntas

Assalamualaikum...
siapa nih yang sudah mulai merasakan efek ramadhan. Ayo yang tadi siang belanja uda pada naek berapa harga sayur mayur.
seperti sudah menjadi tradisi ya kalau ada event besar biasanya harga pada naek terutama sembako. Bahkan beberapa waktu lalu kita sudah di minta untuk ikhlas menerima kenaikan harga-harga semua sembako *eluskening.

Sebagian orang yang santai-santai saja menghadapi perubahan harga biasanya memang punya spare keuangan yang cukup. Tabungan cukup. dan pengaturan keluar masuk yang stabil.
kebayang gak kalau uda mau lebaran. Itu harga makin melonjak lagi. Di tambah kebutuhan kita bagi yang muslim menyiapkan lebaran. Seperti pecah belah, konsumsi tamu, apalagi baju-baju. Itu kalo uda mau lebaran, mall uda sama kaya pasar hewan. Bahkan butik pun yang biasanya stabil saja mendadak padat. 
Penyebabnya apa? Karena uang THR biasanya baru keluar menjelang lebaran. Semua tumpah ruah jadi satu bersama-sama Belanja. 

Saya terutama suami, adalah pasangan yang paling ga suka belanja menjelang lebaran. Selain padat pengap dan ga leluasa, kita juga seringkali dapat barang sisa. Ga bisa milih ukuran, warna, dan model sesuka hati. Tapi... kalau mau belanja jauh hari sebelum lebaran gimana? Kan THR belom dapet. Tabungan juga biasanya kami pakai untuk keadaan darurat saja. Bukan untuk persiapan lebaran. Hehehehe.. padahal darurat juga ceritanye pan..

Dari sekian banyak yang pernah saya lakoni, cara yang paling efektif menyimpan uang tabungan menurut saya adalah arisan. Kenapa? Coba di review..
1. Tabungan, buat saya yang sering belanja online dan jualan online, ga mungkin ga punya atm kan. Dan uda pasti transaksinya sering (sok laku jualannya) kalau kecampur antara tabungan sehari hari dengan tabungan untuk darurat kan beda. Kadang ga bisa bedain juga darurat dan engga main gesek gesek aja di kasir. Tidakkk 
Terus juga. Sepele sih tapi sering nyebelin. Yaitu biaya admin. Menurut saya.. kesimpulan saya tabungan bukan yang terbaik.
2. Deposito, pernah pake deposito nominal kecil. Eh dia sulit keluar pas kita lagi bener-bener perlu. Waktu itu ada sodara pas sakit. Sulit keluar karena bukan tanggalnya. Tapi kan orang sakit mana bisa di tunda. Jadi terpaksa lah saya ngutang waktu itu sampai tanggal deposito saya keluar.
3. Kartu kredit, nyenengin deh kalo pas darurat tinggal gesel kartu kredit. Dan bayarnya bisa di cicil. Menurut saya ini juga kurang efektif. Karena tidak semua pembelian bisa pake kk. Coba kalo ke pasar. Hahahaha.. ini kan padahal ngomongi keadaan darurat ya.. pembayaran kk juga alot.. lama beut. Makin di bayar kok bunganya masih aja gede. Sekarang saya dan suami gak punya kk lagi.
4.celengan, ah umurnya ga akan lama. Ga usah lah ya di ceritain. Uda tau endingnya begini. Hehehe..
5. Inilah cara saya yang sekarang saya lakoni.. yaitu nabung dengan cara arisan. Tau donk yah semua wanita yang pake kertas di gulung terus di pakein sedotan terus kumpul-kumpul di kocok dah rame-rame. Terus Kenapa efektif ?? Arisan yang saya bicarakan ini arisan uang ya bukan arisan barang ataupun jasa. Saya bilang paling efektif karena kita ada kewajiban untuk selalu bayar dalam periode waktu tertentu. Dan kita bisa dapat arisan dalam keadaan darurat. Selama teman-teman arisan setuju dan tidak ada yang di rugikan. Tabungan ini tidak bisa di ambil kalo dalam situasi yang biasa-biasa aja kan. Yang pasti juga tanpa biaya admin dan tidak berbunga. Kurang enak apa coba nabung dengan arisan.
Tapi ini dalam tanda kutip arisan dengan orang-orang yang di percaya.
Sumber foto : eramuslim.com
Saya.. dari beberapa waktu ini dapat arisan, entah kenapa saya selalu dapat arisan setiap saya butuh uang. Pernah saya dapat arisan pas banget menjelang saya lahiran. Pernah juga saya mau dapat arisan buat beli tiket ke bali eh dia gak dapet-dapet. Akhirnya saya beli tiket ke bali dengan uang lain. Eh arisannya pas dapet beberapa hari menjelang saya berangkat ke bali.

ini kaitannya dengan keyakinan juga.. saya beranggapan kalau arisan akan di keluarin oleh Allah ketika saya butuh uang. Tuhan pasti tau donk kapan kita butuh banget uang. Hehehehe... kalo memang ketika dapat arisan tidak ada sesuatu yang darurat ya saya masukin ke deposito. lalu saya mulai arisan baru. Saya selalu milih arisan yang lamanya tidak lebih dari setahun. Supaya ga capek nungguin dan bayarnya. Hehehe.. tapi jarang sih kalo arisan sampe masuk deposito. Biasanya sebelum ikut arisan juga langsung di planning mau buat apa. Wkwkwkwk... emak-emak banget dah..
Seperti sekarang pun temen-temen arisan saya udah ngantri mau dapet di bulan sekian. Saya sih setuju aja mereka dapat kapan aja yang penting saya uda request juga kan ya mau dapat arisan sebelum lebaran haji. Biar bisa buat berkurban. Dan ternyata yang lain setuju juga. Enak kan ya Kalo suka sama suka *eh. uang aman, bebas biaya pula..

Kalian sendiri gimana? Selama ini nabungnya gimana? Udah nemu belom cara yang pualinggggg endesss buat nyimpan tabungan atau ngurusin keuangan pribadi atau usaha. Pusing kan ya.. iyah pusing tapi coba deh konsul di cermati.com semua info terupdate dan terefektif untuk finansial bisa baca disitu. Bisa nanya-nanya juga. sampe tips berhemat juga ada. Berasa punya financial planner pribadi yak. Hihihi..

nyenengin loh buat emak-emak walking di cermati.com meski saya sudah merasa mapan menata keuangan rumah tangga, tapi info-info terupdatenya juga perlu banget tau. Meski anda IRT ataupun wanita karir, tidak semua pakar ekonomi tapi wanita di haruskan mengerti ekonomi minimal ekonomi pribadi dan rumah tangga. Perbandingan berbagai bank dan plus minusnya bisa di update disitu juga. Belom tentu juga kan bank yang kita pake transaksi atau kartu kredit sekarang itu yang terbaik. kecuali yang gajinya di transfer pake bank yang di tunjuk kantor. Gak bisa milih donk yak.. hihihi.. pilihan ada di tangan anda.
Mari jadikan Orang Indonesia Cermat berfinansial!


  

Belanja makin hemat dengan Bright Gas

Assalamualaikum.. ruli bercerita lagi ya.

Yang namanya ibu rumah tangga, meski yang jarang memasak sekalipun pasti punya kompor kan yak di rumah. Dan kalau bisa mengirit belanja rumah tangga pasti seneng kan ya.. 
jadi ceritanya kali ini ni makin hari saya makin penasaran sama bright gas yang warnanya unyu-unyu. Terus lagi.. abang tukang delivery elpiji itu tiap nganter isi ulanh elpiji selalu cerita soal bright gas
Sumber foto : www.pertamina.com
Oke-oke harganya memang lebih mahal daripada elpiji biasa yang tabung biru. Wajar donk ya kalo tukang gas nya promosi. Tapi saya selalu penasaran dengan suatu harga. Saya selalu beranggapan ada harga ada kualitas. Meskipun tidak bisa menganggap general. Karena tidak selalu mahal itu bagus. Tapi kali ini tawaran abang tukang gas cukup menggiurkan.
kata beliau, dengan bright gas api nya lebih biru dan lebih irit. Katanya konsumennya yang pake bright gas itu sekarang kalo isi ulang bisa 2x lebih lama. Misal yang tiap beli 2 bulan sekali sekarang jadi 3-4 bulan baru isi ulang. Nah saya yang sering masak kan isi ulang biasanya tiap 1.5 bulan. Sekarang akan mengisi ulang tiap 3 bulan. Ahh rasanya bagi saya itu menggiurkan.. hahahaha (lebay nya kumat) tapi bener kan ibu-ibu.. kalo dapat tawaran gitu pasti mikir kan.. hehehehe..

Lalu beli lah saya bright gas.. ini konversi harga di daerah saya ya. 
-Isi ulang elpiji biasa biru @168.000 termasuk biaya delivery
- isi ulang elpiji bright gas @173.000 termasuk delivery

Dengan beda 5000 jelas mau banget ya klo ngiritnya mpe nambah sebulan. Ngirit nambah 1/2 bulan aja lumayan menurut saya. 
Oh iya.. konversi dari tabung biru ke bright gas pasti ada biaya donk ya. Saya nambah 50.000 saja untuk konversi tabung. Tapi menurut info tidak semua penjual gas melayani konversi tabung. Ada yang mengharuskan beli tabung bright gas dari awal lagi. penjual bright gas pun belum banyak ya.. seperti kata ibu saya di kota beliau tinggal penjual bright gas cuma 1 dan tidak melayani konversi tabung biru. Jadi harus beli tabung gas unyu itu dari awal. Terus gitu yg biru buat apa coba. Kan jadi boros..

Saya pernah tanya ke penjual gas langganan saya. Gimana kalau kehabisan stok bright gas. Apa saya boleh pake yang biru lagi. Beliau jawab katanya ga mungkin kehabisan karena pertamina sedang pelan-pelan mengkonversi semua ke bright gas. Jadi makin hari stok pasti makin banyak. Yah semoga demikian yak..hehe
nih saya kasih foto bright gas saya ya. Saya dapet yang pink. Lucu deh.. 
foto : dokumen pribadi

Qorira langsung tanya kok gas kita jadi pink mah? Ini gas apa mah? Hehehe.. penjelasan dari pertamina yang saya baca begini ya.. 

Bright Gas mempunyai beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh produk ELPIJI Pertamina lainnya. Seluruh tabung Bright Gas telah dilengkapi dengan katup pengaman ganda (Double Spindle Valve System) yang membuatnya 2x lebih aman dari kebocoran. Sehingga jika salah satu katupnya rusak, gas tidak akan langsung keluar dari tabung tetapi akan tertahan oleh katup pengaman yang lain.

Yang sangat menarik, tabung Bright Gas hadir dengan dua pilihan warna, yaitu ungu dan merah muda, sehingga keberadaannya akan mempercantik suasana dapur Anda dan menjadikan memasak lebih ceria dan menyenangkan. Dan untuk memahami tata cara menggunakan dan mememasang Bright Gas tidaklah sulit, karena untuk Bright Gas seluruh tabungnya dilengkapi dengan sticker petunjuk penggunaan yang dapat mempermudah konsumen dalam menggunakan produk ini.

Kualitas Bright Gas sangat terjamin, karena komposisi Bright Gas  yang sebagian besar terdiri dari gas Propane (C3H8) dan Butane (C4H10) telah memenuhi Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Gas Sesuai dengan SK Dirjen Migas No. 26525.K/10/DJM.T/2009.


 Sumber : www.pertamina.com

Setelah nyoba ternyata beneran. Apinya itu biru banget. bunyinya alus (kaya mesin ajah..) sepertinya pembakarannya pun sempurna banget karena sama sekali tidak meninggalkan noda di panci masak saya. 
Foto : dokumen pribadi

Seandainya bisa di gambarkan mungkin bright gas itu versi terbaiknya gas pertamina ya. Sama seperti pertamax sebagai versi terbaiknya bensin.

Oya, saya pernah dapat info dari seorang teman yang bekerja di perusahaan gas. Katanya semakin bagus fisik tabung. Akan semakin bagus ia menyimpan tabung. Semakin jelek fisik tabung itu akan menambah resiko tabung mudah meledak karena body yang rusak-rusak itu rentan efek-efek dari luar. Saya kurang jelas landasan keilmuannya soal penjelasan ini. Tapi dengan kondisi bright gas yang baru release lebih menenangkan hati saya karena kondisi tabungnya bagus-bagus. Dan terlihat lebih kinclong daripada elpiji biru yang jadul. :D

teman-teman yang sudah pake bright gas mari share pengalaman juga yuk. Saya pakenya belum 1 bulan. Jadi belum bisa membuktikan keiritannya.

meek farm agrowisata & resto

Assalamualaikum
siapa tak kenal durian. Buah berduri yang datangnya musiman ini memang khas sekali. durian punya fans khusus yang sangat fanatik mencintai segala tentangnya. Dari mulai durian fresh, pancake durian, selai durian, es durian, juice, sop, tempoyak bahkan dodol durian.

Tapi jangan salah. Yang gak suka durian juga ada kan. Dari yang gak suka rasanya sampe ada yang sekedar tercium aroma nya pun sudah mual. Hehehe.. lebay? Gak juga. Contohnya saya. Saya adalah fans berat all about durian. saya sebelumnya penasaran kenapa orang bisa gak suka atau mual sama buah seenak ini. Pikir saya begitu. Yah Allah Maha Baik. Pas di kehamilan anak kedua. Allah izinkan saya merasakan penasaran saya tsb. Di kehamilan trimester pertama untuk pertama kalinya saya gak suka sama durian. Jangankan makan durian, dari radius sekian meter saja saya mual dengan baunya. Bahkan ada sekali saya memaksakan tetap memakan. dan saya jackpot. Akhirnya saya mengerti bagaimana rasanya orang yang memang gak suka durian. Tidak bisa di paksakan. namanya gak suka.hehehehe okey cukup intronya..

Saya mau cerita di kota saya tinggal di banjarbaru - kalsel ada kebun durian yang namanya meek farm.
lokasi nya di guntung manggis terus dikit dari jalan trikora. Area menuju kesana kalo siang itu panas dan gersang. Kalo dalam perjalanan sih pikirannya uda ga enak aja ngeliat. Terus uda mikir aja 'kok gini ya jalannya'

1. Ini foto di pintu masuk saya foto dari dalam mobil.
tanggapan pertama, masih belom memikat hati saya. Tapi penasaran donk ya... masuklah ke dalam. Kebetulan saya kesana hari dan jam kerja. Jadi sepi.

2. Ini adalah foto di bagian pintu masuk resto nya. Yg atas adalah foto bibit-bibit durian baik yang lokal maupun yang import yang di bisa di beli.  harganya biasa saja. Sesuai harga standard bibit saja. Ga mahal ga murah.
Foto bawahnya adalah foto peresmian nya. Ternyata sudah lama berdiri tapi saya baru tau sejak tahun lalu. Dan tempatnya memang agak ke pelosok juga sih.

3. Di bagian belakang resto terdapat saung-saung. Tapi sebelumnya di hubungkan oleh jalan setapak yang di bagian kanan ada sedikit area tanaman buah naga dan di sisi kirinya toilet dan musolla.
Kalau siang disini terasa sejuk dan asri. Bernafas segar. Ada rumput hijau yang luas juga disini. Sayangnya saya tidak punya fotonya. Di belakang saung-saung tsb lah kebun durian nya. bila musim durian kita berkesempatan memetik sendiri buah duriannya.
tapi ketika saya kesana bukan musim durian. Sehingga yang tersedia disana hanya durian fresh yang di frozen dan produk-produk olahan nya. Kurang tau juga darimana durian fresh nya. Yang jelas ada durian fresh yang lokal ada yang monthong. 


4. Nah di atas ada foto fresh box durian di resto nya. Dan foto menu makanan minuman. Hehehe foto fresh box nya lupa rotate..biarin deh ya.. 

Jadi kesana bukan sekedar nyari durian. Bisa buat silaturahmi makan siang bareng juga oke. Karena menu paket nasi juga lengkap. Meski biasa aja varian nya seperti lalapan, tumis, ikan dan ayam, juga varian sop dan gorengan tahu tempe. Disana juga ada panggung kecil dan perlengkapan karaoke. Kalau weekend bisa ada musiknya juga atau untuk spesial event.

Setelah kenyang makan, ngemil, all about duren dan bermain.. oia..ada mainan juga sedikit buat anak seperti ayunan atau jungkat jungkit. Lalu kami pulang dengan membawa beberapa box durian.. hehehe.. 
ga afdol kalo ga mbungkus duren bawa pulang.  
Kami lupa beli apa aja disana. Tapi untuk kami ber 3 sih (aku, suami dan Qorira) kalo ga salah cuma habisa 150an ribu aja Termasuk bawa pulang durian 2 box yang lokal dan monthong. Murah kan...

ini bukan ajang promo resto nya melainkan ajang promo #visitbanjarbaru kali ya.. hehehe...

pancake pisang tanpa tepung & telor

Assalamualaikum...
jadi ceritanya kemaren lagi kelimpahan pisang di rumah di kasih mertua. Sudah di masak ini itu masih aja banyak pisang di rumah. Pas uda mateng-mateng banget bingung takut busuk. Akhirnya membiarkan tangan bergerak sendiri sambil mencari ide. Jadilah pancake pisang. Entahlah apa namanya tapi karena seukuran pancake aja saya menamainya begitu. Ini resep untuk menu si kecil ya

Bahan :
- 4 buah pisang kepok mateng banget
- 4 sendok makan susu balita (anak saya pake nutrigold 4 )
- 1,5 sdm margarin
- 1 sdt gula pasir
- air dingin seperlunya
- topping sesuai selera

Cara membuat
- potong pisang selebar 1 cm lalu mulai hancur kasar dengan sendok. Tidak perlu sampe lembut banget
- tambahkan susu bubuk balita, gula pasir, dan 1 sdm margarin. Aduk rata
- masukkan air secukupnya sampai kekentalannya bisa di teteska  dengan sendok. Jangan sampai encer banget juga. Sedang sajalah.
- 1/2 sdm margarin yang tersisa panaskan di cetakan. Masukkan adonan secukupnya sampai seukuran pancake. Tutup
- masak dengan api kecil saja. Lalu ketika yg bagian bawah terlihat coklat tua artinya sudah matang
- tidak perlu di balik karena dengan api kecil dan di tutup itu sudah matang sampai ke atas.
- beri topping sesuai selera. Saya memakai topping susu kental manis (frisian flag) dan parutan keju (Prociz)

Adonan tsb akan menjadi 2 buah pancake pisang. Memang cuma 2 tapi rasanya makan 1 aja uda kenyang banget euy..hehehe

Selamat mencoba semoga suka balita nya..

Qorira doyan nih



menghapus masa lalu semudah 1.2.3

Oke ya.. dan ketika blogdetik saya Ruliretno.blogdetik.com  tidak bisa attach gambar via hp jadilah saya lama banget ga nulis. Alasannya ya karena netbook saya kena virus males benerin. Trs ipad saya di banting si princess dan pecah dan nulis tanpa ilustrasi foto itu bagi saya.. kurang sedap. Buat saya pribadi. Meski beberapa tulisan saya tanpa gambar pun tetep saya tulis ga peduli orang suka atau engga.

Akhirnya ketemulah blog jadul saya jaman saya masih cabe2an abegeh sekitar 7 taon lalu posting-posting nya. Dan ketika saya baca ada 12 posting. Ya Allah.. alay nya saya ketika jaman kuliah. Wkwkwkwk.. meskipun iyah benar.. alay itu relatif (hah?) Tapi menurut saya iya iu tulisan saya agak alay. Nulisnya ga pake mikir asal mangap. Sukur-sukurnya tulisan saya tidak menyinggung SARA.
Setelah berpikir agak lama. Seminggu. Nulis 1 posting, jujur saya berpikir keras untuk memilih mempertahankan tulisan-tulisan saya zaman dulu itu sebagai kenangan masa muda atau menghapusnya untuk memulai ngeblog dari awal lagi. Dari nol..

Memulai blog baru hampir mirip sama membuka lembaran baru. Dengan tag-tag dan posting tema baru.. archieve baru. rasanya sayang banget di hapus. Padahal jelas-jelas di posting saya itu saya tag dengan judul 'ga penting' lalu kenapa saya harus simpen lama-lama di blog. Buat di baca-baca lagi.. iya tapi buat apa wong jelas-jelasnya tema nya ga penting.hehehe

Setelah 1 mingguan akhirnya 12 posting masa lalu saya remaja dulu saya putuskan saya hapus.
- pertama, banyakan ga manfaatnya daripada manfaat nya. Manfaatnya untuk kenangan saja. Ga manfaatnya karena bukan sesuatu yang menginspirasi, bukan yang membanggakan juga, bukan kisah sedih juga yang bisa di tarik pelajaran. Bukan semua.
- kedua. Berpikir ulang kalo nanti anakku membaca blog ku apa pendapat mereka. Jujur saya belom siap di nilai anak dengan blog-blog alay saya tsb. Ah ga alay banget sih.. cuma ga guna aja juga..
sebenernya apa sih isi 12 blog saya tsb sampe saya bilang alay dan ga penting. Ya biasa aja. Sehari-hari saya dulu pas jadi pengangguran selesai wisuda tapi belom kerja.tiap habis ngelamar atau tes kerja saya nulis. Bukan tentang gimana tes kerjanya tapi ya ga penting deh ah.. sudahlah
- ketiga, ya sudahlah. 1 alasan terkuat ya saya mau melupakan  masa lalu.. memang masa lalu penting buat pengalaman dan pelajaran. Tapi lebih baik saya simpan di otak ajah.

Sudah aja..bagi saya 3 alasan itu lumayan cukup untuk saya memulai blog baru. uda ga zaman ngebakar buku diary. sekarang zaman nya ngapus blog masa lalu. Itu versi saya. Bagaimana cara anda memulai hidup baru.. kebayang ga sih orang jaman dulu kalo mau membuang masa lalu gimana. Suka rempong cyin ngebakar-bakar buku diary mana kadang buku diary nya mahal pula, mbalikin barang pembelian doski rempong cyin sekarang dimana-mana macet dan kalo ketemu suka susah. Dia bisa menghindar kalao melihat di GPS, sobek foto juga. Kadang klo nyesel tu foto di sambung-sambung lagi gimana coba. Lah sekarang foto-foto kita di upload di sosmed. Gimana ngapusnya kalo bukan si pemilik akun. Berbahagialah hidup di zaman sekarang yak. Hehehehe

Blog yang kurang support bukan alasan brenti nulis. Dengan modal blog lama mari mulai hidup baru. renew blog dan mari berbagi lagi..
ruliretno.com | BLOG DESIGN BY Labinastudio